Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat – AC hemat listrik merupakan hal yang paling sering orang cari ketika hendak membeli pendingin ruangan atau AC. Bagaimana tidak, AC identik dengan alat elektronik yang boros biaya listrik. Maka dari itu ketika ada promosi AC hemat listrik dan energi, pasti banyak pelanggan yang membeli, apalagi terbantu dengan merk yang terkenal dan garansi yang menggiurkan.

Padahal sebuah merk AC tertentu tidak 100 % menjadi sumber dari borosnya biaya listrik yang biasa kita bayar. Terkadang masalah tersebut muncul karena pengguna AC yang salah dalam memakai pendingin ruangannya sehingga terjadi pemborosan biaya maupun energy. Jadi yang paling penting bukanlah melulu merk AC apa, namun bagaimana anda bisa menggunakan AC tersebut dengan benar dan bijak.

Masalah pembengkakkan biaya ketika menggunakan AC dapat anda minimalisir jika anda memahami bagaimana memperlakukan pendingin ruangan dengan benar. Tidak melulu sulit, menggunakan AC dengan benar bisa dimulai dengan langkah sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Ada beberapa kiat yang bisa anda terapkan untuk membuat AC lebih hemat listrik maupun daya. Berikut ini adalah cara menggunakan AC yang benar agar tetap hemat.

Cara Menggunakan AC Agar Hemat

Cara menggunakan AC agar hemat ini cukup mudah dan bisa mulai anda lakukan tanpa ribet.

1. Matikan Jika Tidak Digunakan

Jangan bebani pendingin ruangan anda dengan overtime atau waktu nyala yang berlebihan. Beri batasan rentang waktu kapan AC dinyalakan dan dimatikan. AC pun adalah alat elektronik yang butuh istirahat agar tetap bisa berfungsi normal. Jika dipaksa menyala dalam jangka waktu lama dan berlebihan, tentu energy yang dikeluarkan oleh AC semakin banyak dan bisa mempengaruhi biaya listrik yang anda bayarkan. Anda bisa menyiasati dengan menggunakan kipas atau ventilasi terbuka bila AC tidak sedang dinyalakan. Intinya, semakin lama anda menggunakan AC, semakin mahal biayanya.

2. Gunakan Temperatur yang Konsisten

Memang jika hawa sedang gerah, rasanya ingin terus-menerus menurunkan suhu AC agar ruangan tetap sejuk. Namun melakukan hal tersebut bisa membuat biaya listrik karena AC semakin tinggi. Alih-alih menaikkan atau menurunkan suhu secara terus-menerus, pilihlah suhu yang stabil dan konstan agar pendingin ruangan bisa bekerja lebih optimal dan tidak memerlukan daya yang besar secara spontan untuk mendinginkan ruangan.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin

3. Jangan Menyalakan AC di ruangan yang tidak dipakai

Hal-hal seperti ini seringkali menjadi penyebab terjadinya pemborosan listrik oleh AC. Menyalakan AC pada ruangan yang tidak terpakai akan membuat daya pakainya menurun dengan sia-sia. Tak hanya itu saja, biaya listrik akan semakin mahal. Tentu menyalakan AC di ruangan yang tidak anda pakai adalah buang-buang biaya. Jadi pastikan ketika anda menggunakan AC, anda tahu ruangan tersebut akan anda gunakan.

4. Pastikan Filter AC selalu Bersih

Kotoran yang menumpuk pada pendingin ruangan bisa menyebabkan pending ruangan bekerja terlalu keras. Hasilnya, tenaga yang keluar akan semakin besar dan mengakibatkan biaya yang dibayarkan lebih tinggi. Filter AC yang kotor dan tertutup oleh debu serta kotoran menyebabkan sirkulasi udara AC tidak lancar. Nah, agar AC hemat listrik dan daya, anda perlu memastikan pendingin ruangan lancar dan bisa berjalan dengan normal.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

5. Lindungi Outdoor Dari Sinar Matahari yang Terik

Ternyata outdoor AC yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus dapat mempengaruhi biaya listrik. Lindungi unit outdoor dengan terpal, tanaman, atau kanopi agar tetap dingin dan suhunya tidak meningkat. Unit AC yang mengalami peningkatan suhu menjadi overwork sehingga daya dan tenaga yang terpakai untuk menjalankan AC lebih besar. Meskipun outdoor AC letaknya di luar ruangan, namun pastikan untuk melindunginya dari paparan sinar matahari langsung dan lokasi yang berdebu.

Sebenarnya cara menggunakan AC agar hemat listrik dan energy anda mulai dari hal-hal sederhana. Perhatikan selalu pendingin ruangan anda agar tidak mengalami kerusakan dini ataupun pengeluaran biaya yang berlebihan. Kalau anda, bagaimana cara anda menggunakan AC agar selalu hemat dan awet?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin