4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin – Suhu ruangan yang sejuk dan nyaman tentu membuat siapa saja betah dalam meski di ruangan selama berjam-jam. Suhu ruangan yang tepat juga bisa membangkitkan produktivitas dan semangat orang-orang yang ada dalam ruangan tersebut. Menjaga suhu ruangan supaya tetap sejuk ternyata ada caranya. Hal ini bisa anda coba bila ingin mendapatkan udara ruangan yang sejuk dan nyaman sepanjang hari meski hawa di luar ruangan hangat atau panas.

Baca Juga : Cara Merawat AC Awet Tahunan dan Tetap Dingin

Menggunakan pendingin ruangan menjadi hal yang bisa anda lakukan untuk menciptakan suasana ruangan yang dingin dan sejuk. Namun menggunakan pendingin ruangan atau AC saja tidak cukup jika anda tidak tahu bagaimana cara menjaga suhu ruangan tetap awet meski AC dinyalakan sepanjang hari. Pastikan anda menerapkan beberapa hal ini agar suhu ruangan anda tetap stabil dan tahan lama sejuknya.

Bagi anda yang seringkali mengalami masalah pada suhu yang tidak konsisten, yuk simak 4 tips mudah membuat suhu ruangan tetap dingin dalam jangka waktu lama ini.

Penyebab Suhu Ruangan Tidak Dingin

Ada beberapa penyebab yang membuat suhu ruangan anda tidak sejuk. Hal hal ini mungkin pernah anda ketahui.

Pertama, suhu ruangan tidak dingin karena suhu di luar ruangan sedang panas terik. Suhu eksternal sangat berpengaruh pada suhu internal. Panas matahari dapat menembus tembok dan kaca ruangan anda menjadikan suhunya ikut naik dan menghangat. Oleh karena itu banyak orang menggunakan pendingin ruangan

Kedua, intensitas cahaya yang kuat. Cahaya matahari ataupun cahaya lampu memancarkan energy panas. Tentu bila ruangan anda ada sinar matahari dan sinar lampu dalam jangka waktu lama, suhunya akan ikut naik

Tips Jaga Suhu Ruangan Tetap Dingin Sepanjang Hari

Meskipun anda tidak menggunakan AC, anda tetap bisa mendapatkan suhu ruangan yang dingin. Begitu juga bila anda menggunakan AC. Tips berikut semoga membantu.

1. Jangan Buka Pintu Terlalu Lama Ketika AC Nyala

Membuka pintu ruangan dengan lebar ketika pendingin ruangan di nyalakan dapat menyebabkan udara sejuk yang dikeluarkan AC menjadi mengalir keluar. Sebisa mungkin ketika anda menggunakan pendingin ruangan, pastikan tidak ada celah seperti jendela terbuka atau pintu yang terbuka yang memungkinkan udara keluar dari ruangan. Dengan menutup celah dan tidak membuka pintu lebar terlalu lama, suhu di dalam ruangan bisa awet sejuknya sepanjang hari tanpa harus menaikkan suhu pada AC anda.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

2. Tutup Jendela Anda Dengan Tirai

Bila ruangan anda terdapat jendela yang memungkinkan cahaya matahari dengan intensitas sedang sampai tinggi masuk ke dalam ruangan, tentu hal tersebut akan mempengaruhi suhu di dalam ruangan. Meskipun anda menggunakan AC, namun jika adanya sinar matahari yang terang masuk ke ruangan, suhu akan menyesuaikan dan berubah jadi lebih hangat. Nah, apabila anda berniat membuat ruangan sejuk dan dingin ketika siang hari, ada baiknya menggunakan tirai atau gorden untuk menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan terlalu banyak.

3. Turunkan Suhu AC Secara Bertahap

Jika anda menggunakan pendingin ruangan dengan suhu tertentu dan ingin membuat ruangan menjadi lebih sejuk, coba turunkan suhu AC secara bertahap. Menurunkan suhu AC secara bertahap bisa membuat suhu udara beradaptasi dan menyesuaikan sehingga ruangan bisa sejuk dengan tahan lama sepanjang hari. Menurunkan suhu AC bisa dilakukan dalam rentang waktu tiga jam atau empat jam. Jika jaraknya terlalu dekat, suhu ruangan yang didapat kurang maksimal.

4. Kurangi Penggunaan Lampu Pada Siang Hari

Tahukah anda kalau lampu dapat membuat kondisi disekitarnya menjadi lebih panas? Agar ruangan anda suhunya sejuk dan tahan lama sepanjang hari, coba kurangi intensitas lampu di ruangan anda. Lampu yang redup bisa membuat suasana dan hawa dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Jika anda membutuhkan penerangan pada rungan, gunakana lampu hemat energy agar tidak memancarkan panas yang intens ketika sedang digunakan sepanjang hari.

Nah, itulah 4 tips membuat suhu ruangan tetap dingin. Sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Kira-kira apakah anda sudah mencobanya untuk membuat suhu ruangan jadi lebih sejuk?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin