Kesalahan Fatal Saat Mengoperasikan AC – Baik pengguna AC yang lama, maupun pengguna baru, terkadang melakukan kesalahan yang tak Anda sadari. Sayangnya, kesalahan fatal saat mengoperasikan AC tersebut justru akan menjadikan AC cepat rusak dan harus segera menghubungi service AC. Setelah melakukan service AC, justru kesalahan serupa terulang lagi sehingga Anda harus melakukan service AC berulang kali.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

Dalam artikel ini, akan membahas beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengguna AC, baik yang lama maupun baru. Tentunya, dengan mengetahui apa saja kesalahan fatal tersebut, Anda bisa menjaga AC tetap awet dan bekerja optimal dalam waktu yang lama. Apa saja kesalahan fatal saat mengoperasikan AC yang sering menimbulkan kerusakan pada AC tersebut? Ini beberapa di antaranya.

Tidak Mematikan AC

Ini kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak pengguna AC. Karena ingin menjaga ruangan tetap sejuk, maka banyak yang memilih untuk tidak mematikan AC. Padahal, ada dua hal yang akan terjadi bila kesalahan tersebut dilakukan. Pertama, tagihan listrik Anda akan melonjak tajam.

Kedua, AC akan menjadi cepat rusak. Hal itu disebabkan komponen di dalam AC akan bekerja nonstop secara terus menerus. Akibatnya, AC akan lebih cepat rusak dan Anda harus berulang-ulang melakukan service AC. Bahkan, bila usia AC biasanya 10 tahun, maka AC di rumah Anda hanya akan berusia jauh di bawah itu.

Baca Juga : AC Rumah Sering Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Tentunya, Anda mesti menggunakan AC secara bijaksana. Selain Anda telah melakukan penghematan, Anda juga membantu pencegahan pemanasan global dan penipisan ozon. Jangan sampai Anda sering lupa mematikan AC. Bila Anda merasa sering lupa, maka gunakan timer di AC Anda untuk mematikan secara otomatis.

Mengatur ke suhu rendah tiba-tiba

Kesalahan yang sering terjadi berikutnya adalah melakukan penurunan suhu hingga ke paling rendah secara tiba-tiba. Misalnya, ketika musim panas maka cuaca di dalam ruangan bisa mencapai di atas 30 derajat Celcius.

Karena merasa masih cukup panas, maka Anda akan menurunkan AC hingga ke titik paling rendah. Titik paling rendah di AC adalah 16 derajat Celcius. Sering ditemukan banyak yang langsung set suhu AC ke angka 16 derajat dengan alasan lebih cepat mendinginkan suhu ruangan.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

Padahal hal itu justru membuat kinerja AC Anda menjadi jauh lebih berat dan akhirnya akan menyebabkan AC jadi cepat rusak, serta tagihan listrik melonjak tajam. Suhu yang Anda butuhkan sebenarnya hanya 23 hingga 25 derajat Celcius.

Baca Juga : Mitos atau Fakta? Semakin Rendah Suhu AC Semakin Boros?

Jadi, Anda hanya perlu menurunkan suhu ke angka tersebut, serta lakukan secara bertahap satu per satu, jangan berturut-turut karena membuat kerja AC menjadi lebih berat lagi. Untuk mendapatkan suhu dingin yang lebih optimal, Anda bisa menyalakan AC terlebih dulu sekitar 10 menit, sebelum akhirnya menggunakan ruangan tersebut.

Menggunakan AC lebih dari 9 jam per hari

Kesalahan lainnya adalah menggunakan AC lebih dari 9 jam per hari. Normalnya penggunaan AC adalah 9 jam per hari. Apabila Anda menggunakannya saat tidur sekitar 6 jam, berarti untuk siang hari Anda hanya perlu menggunakan AC sekitar 3 jam saja.

Penggunaan yang berlebihan akan membuat AC cepat rusak, juga berkurang kinerjanya. Tidak hanya itu, penggunaan AC lebih dari 9 jam per hari juga bisa berdampak pada kesehatan Anda sendiri. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan timer agar penggunaan AC tidak melebihi batas normalnya.

Menyalakan dan mematikan AC dengan tiba-tiba

Karena pengoperasian AC menggunakan remote, tentunya akan sangat mudah bagi Anda untuk menyalakan dan mematikan AC dengan cepat. Anda tinggal menekan tombol on dan off untuk menyalakan dan mematikan AC.

Meski demikian, jangan sampai AC Anda menyala dan mati dalam waktu yang tiba-tiba. Mungkin ketika ingin mengatur suhu ruangan, Anda justru tertekan tombol on/off dan AC Anda mati tiba-tiba. Lalu, Anda menyalakannya kembali secara tiba-tiba. Bila hal ini sering terjadi, maka kompresor AC akan lebih cepat rusak.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Bisa juga karena terjadinya pemadaman listrik tiba-tiba. Apabila Anda tahu jadwal pemadaman listrik tersebut, maka sebaiknya jangan menyalakan AC terlebih dulu. Atau, masalah lain bisa juga karena tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda bisa menggunakan stabilizer.

Itu tadi beberapa kesalahan fatal yang cukup sering dilakukan oleh pengguna AC. Jadinya, dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda akan tahu cara menghindari, dan mengantisipasinya. Tentunya, Anda akan lebih hemat listrik, dan hemat biaya karena tidak perlu terus menerus melakukan service AC Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin