AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya– Apakah AC Anda tiba-tiba mengeluarkan bau yang tidak sedap? Ada berbagai macam bau yang bisa saja keluar dari AC karena hal-hal tertentu. Bisa jadi bau gosong, bisa juga bau apek, bau pesing, bahkan bau menyengat lainnya.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas apa saja yang menyebabkan bau keluar dari AC Anda. Dengan demikian, maka bau yang AC keluarkan menjadi penanda bahwa Anda harus segera melakukan service AC. Service AC tentunya akan berbeda-beda tindakannya, sesuai dengan jenis bau tak sedap yang AC Anda hasilkan.

Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Apa saja penyebab AC di rumah mengeluarkan bau yang tidak sedap tersebut? Berikut ulasannya.

1. AC kotor

Lagi-lagi AC kotor akan membuat banyak masalah. Selain banyak kerusakan yang akan terjadi, AC kotor juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Biasanya, bakteri dan kotoran di dalam saluran keluar akan menjadikan bau yang tidak sedap tersebut muncul. Apabila Anda tidak segera melakukan service AC dan cuci AC terhadap AC yang kotor, maka aroma yang menyengat tersebut semakin lama akan semakin kuat.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Misalnya, ada banyak bakteri yang menumpuk di AC karena hal tertentu. Maka akan muncul aroma seperti bau apek yang keluar dari AC. Sedangkan munculnya jamur akan membuat seperti lendir bertumpuk di saluran keluar. Hal itu akan menyebabkan AC Anda mengeluarkan aroma tak sedap yang pesing.

Cara menyelesaikan masalah ini adalah melakukan service AC dan cuci AC. Terpenting adalah, lakukan perawatan, service AC dan cuci AC secara rutin agar dapat menghindari masalah ini. Selain itu, dengan melakukan cuci AC secara rutin, Anda bisa menghindari kerusakan lainnya yang muncul karena AC kotor.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

2. Korsleting dan arus pendek

Korsleting pada AC akan menyebabkan aroma gosong keluar dari AC Anda. Tentunya bila aroma gosong sudah muncul, itu berarti Anda harus segera memadamkan AC karena bisa menyebabkan kerusakan komponen lainnya, bahkan bisa kebakaran. Bila hal ini terjadi, maka segera hubungi service AC untuk menyelesaikan masalah ini.

Penyebab terjadi korsleting bisa jadi karena adanya kabel terbuka, soket listrik yang longgar, serta berbagai penyebab lainnya di kelistrikan AC. Munculnya aroma gosong akan jadi penanda bahwa AC Anda dalam masalah yang serius. Bila Anda menunda perbaikan AC, bisa jadi kerusakan akan merembet ke bagian lain di AC Anda.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

3. Kebocoran Freon

Ini adalah masalah yang cukup sering terjadi. Penyebab kebocoran freon biasanya karena pipa atau penyambung ke freon yang patah, rusak, aus, sehingga bocor. Masalah ini akan menimbulkan aroma seperti aroma gas yang menyengat, dan tentunya harus segera ditangani oleh petugas service AC yang berpengalaman.

Kebocoran freon bisa menyebabkan zat beracun masuk ke ruangan dan membahayakan kesehatan. Karena itu, apabila aroma gas muncul, segera jauhkan benda-benda yang bisa menimbulkan api, seperti korek misalnya. Sebab, gas freon juga bisa terbakar dan menimbulkan kerugian lainnya.

Baca Juga : Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya

4. Ada bangkai binatang

Bila aroma yang muncul adalah aroma bangkai binatang, maka segera bongkar AC Anda dan periksa di dalamnya. Bisa jadi ada hewan seperti tikus kecil yang masuk ke dalamnya, lalu mati di sana. Mungkin sudah mati dalam beberapa hari, sehingga aroma bangkainya akan menyebar ke mana-mana.

Tentunya, hal itu bisa dengan cepat diatasi, tanpa butuh menghubungi jasa service AC berpengalaman. Namun, bila Anda merasa ragu untuk membongkar AC, maka Anda tetap bisa menghubungi service AC untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda juga bisa menghindari masalah ini dengan meletakkan AC di tempat yang tinggi dan tidak ada lemari, atau meja yang berada di dekatnya untuk binatang bisa menjadikannya tempat bersembunyi.

Anda juga harus melakukan pengecekan, dengan cara melakukan perawatan berkala, service dan cuci AC untuk memastikan tidak ada hewan yang masuk ke sana dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

5. Ruangan lembab

Apabila ruangan tempat AC berada terlalu lembab, maka udara yang dihirup lalu dihembuskan lagi oleh AC juga merupakan udara yang lembab. Hasilnya, akan muncul bau apek yang membuat Anda tidak nyaman.

Untuk itu, pastikan sirkulasi udara tetap terjaga dengan bergantian antara AC dengan jendela. Udara dari luar harus tetap masuk ke ruangan Anda, agar ruangan tidak menjadi terlalu lembab.

6. Merokok di ruangan AC

Apabila Anda adalah seorang perokok, maka hindari merokok di ruangan ber-AC. Sebab, zat-zat di dalam asap rokok akan terhirup oleh AC dan tertinggal di dalam AC tersebut. Lama-kelamaan, zat-zat yang dikandung di dalam rokok itu akan bertumpuk di dalam AC, lalu menimbulkan aroma yang tidak sedap keluar dari AC tersebut.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

Itulah sebabnya, Anda mesti menyediakan ruangan terbuka untuk Anda merokok di rumah. Tidak hanya itu, Anda juga mesti memastikan bahwa di ruangan ber-AC, tidak ada asap lain yang bisa terhirup AC, misalnya dari dapur, atau tempat lainnya.

Demikian beberapa penyebab AC mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti bau gosong, bau apek, hingga bau pesing. Tentunya, dari ulasan di atas juga ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah tersebut terjadi di rumah Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin