Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya! – Ketika memutuskan untuk menggunakan Air Conditioning di rumah Anda, maka pertama kali yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah daya listrik di rumah mencukupi untuk pemasangan AC? Bila telah menghitung konsumsi daya saat ini, maka Anda mesti mempertimbangkan AC hemat listrik yang pas di rumah Anda.

Sebab, AC memiliki daya yang cukup besar, terutama ketika Anda menyalakannya untuk pertama kali. Jadi, bila perhitungan Anda salah ketika ingin memasang AC di rumah, maka ketika AC dinyalakan, listrik rumah Anda akan padam. Karena besaran PK dari AC Anda terlalu tinggi untuk digunakan di rumah Anda.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Bila daya di rumah Anda hanya 450VA, atau 900VA maka biasanya hanya AC 1/2 PK saja yang bisa Anda gunakan. Itupun dengan mempertimbangkan konsumsi daya listrik apakah sudah melebihi penggunaannya atau tidak. AC 1/2 PK akan memakan daya setengah dari konsumsi daya AC 1 PK. Dengan demikian, bila AC 1 PK membutuhkan 640 hingga 820 watt untuk beroperasi, berarti AC 1/2 PK membutuhkan sekitar 320 hingga 410 Watt untuk beroperasi. Nah, apakah cadangan dan sisa daya listrik di rumah Anda masih mencukupi?

AC Hemat Listrik

AC yang baru-baru dirilis memang cukup tinggi teknologinya, beberapa di antaranya juga lebih hemat energi. Hal ini pada akhirnya menjadikan para pengguna daya listrik 900VA bisa menggunakan AC dengan nyaman hingga jenis AC 3/4 PK. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak menggunakannya untuk AC 1 PK di meteran 900VA.

Apalagi, AC keluaran tahun 2019 ke atas yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan dan hemat listrik. AC jenis inverter misalnya sangat tepat digunakan untuk rumah tangga dengan meteran 1300VA tanpa masalah. Karena AC inverter biasanya minimal jenis AC 1 PK.

Ada jenis AC tipe freon r32, cooling index freon R32 dan beberapa jenis lainnya. AC tipe freon R32 adalah jenis yang cukup rendah dan hemat listrik. Karena itu Anda membutuhkan yang hemat listrik untuk rumah Anda.

Baca Juga : 10 Merk AC terbaik 2021: Hemat, Dingin, dan Tahan Lama 

Tips Agar Listrik Tidak Turun Ketika Menyalakan AC

Kebanyakan orang mengeluh setelah penggunaan AC, listrik di rumah kerap turun atau padam. Apalagi, bila AC Anda nyalakan di malam hari. Rata-rata di antara yang mengeluh ini memiliki meteran 900VA di rumahnya.

Tentunya, bukan penggunaan AC yang kurang tepat, tapi penggunaan listrik yang kurang bijaksana. Hal itu bisa jadi karena AC yang Anda gunakan sudah tepat, yakni AC setengah PK dan jenis AC hemat listrik (low watt).

Karena itu, perlu perhitungan konsumsi daya dengan detail, dan pastikan masih tetap bersisa setelah penggunaan AC. Ketika menyalakan AC, anggap saja AC Anda jenis hemat listrik dengan konsumsi daya sekitar 320 watt. Maka, dengan meteran 900VA, Anda mesti mempertimbangkan bahwa “sisa” daya listrik setelah penggunaan AC adalah sekitar 600 watt saja.

Sedangkan pada malam hari, usahakan dispenser, mesin air, mesin cuci, dan setrika misalnya tidak ikut menyala ketika AC sedang hidup. Tentunya apabila semua menyala, listrik yang lebih tinggi dari 1300VA juga masih akan turun listrik.

Bayangkan saja bahwa lampu delapan buah itu menghabiskan daya listrik sekitar 200 watt, sedangkan dispenser serta mesin cuci, mesin air, setrika dan sebagainya membutuhkan daya listrik hingga 400 watt, belum lagi kulkas, televisi, computer dan sebagainya yang mengonsumsi listrik hingga 500 watt. Bila semua itu dengan AC yang tarikan pertamanya saja sudah 320 watt, maka Anda membutuhkan daya listrik sekitar 1400 watt agar bisa menyala semunya.

Dengan demikian, rumah dengan meteran 1300VA saja sudah akan turun listriknya, apalagi rumah dengan meteran 900VA. Kadang-kadang, rumah dengan meteran 900VA ini adalah penerima subsidi listrik, maka tidak mungkin rumah penerima subsidi listrik namun penggunaan listriknya berlebihan, bukan?

Itu beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar tidak terjadi turun listrik ketika menyalakan AC. Selain penggunaan AC hemat listrik, serta AC setengah PK, tentunya Anda juga harus lebih hemat menggunakan listrik, serta mematikan alat yang tidak digunakan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin