Jangan Sampai Salah! Ini Dia Jenis Freon AC yang Perlu Kamu Ketahui – Kamu memiliki AC di rumah? Kira-kira jenis freon yang AC tersebut gunakan adalah jenis mana? AC sudah menjadi barang elektronik yang harus terpenuhi. Terutama ketika kita tinggal di tempat dengan suhu yang lebih panas daripada tempat lainnya sehingga memiliki AC adalah sebuah keharusan.

Meskipun banyak orang memiliki AC di rumahnya, namun terkadang mereka belum mengetahui apa itu freon. Termasuk juga banyak yang masih belum mengetahui kira-kira freon yang pendingin ruangan gunakan tersebut adalah jenis yang mana.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

Sekadar informasi bahwa freon atau refrigerant merupakan senyawa kimia yang berperan menghasilkan udara dingin. Jadi, udara yang AC tersebut keluarkan berasal dari freon. Dengan kata lain, freon ini merupakan bahan bakar dari sebuah AC.

Jenis-jenis Freon AC

Bagi kamu yang memasang AC di rumah, ada beberapa jenis freon yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kualitas dari freon yang kamu gunakan. Sebenarnya zat freon tersebut tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi lingkungan asalkan tidak sampai terlepas ke udara. Dengan kata lain, pastikan freon tidak sampai bocor. Jika instalasi AC bocor dan freon keluar ke udara, hal ini bisa berpotensi menyebabkan keracunan.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

Kamu Menggunakan Jenis Freon AC yang Mana?

Di bawah ini kami akan memberikan informasi terkait macam-macam freon AC. Dari sini kamu bisa memperkirakan apakah freon yang kamu gunakan saat ini sudah sesuai atau malah tidak.

1. Freon R22

Untuk jenis freon yang pertama ini memiliki potensi menimbulkan pemanasan ozon mencapai 0,05 jika kamu bandingkan dengan jenis yang lain yang hanya memiliki nilai 0. Namun yang menjadi keunggulan dari freon R22 adalah tidak mudah terbakar. Akan tetapi, berdasarkan ketentuan pemerintah Indonesia, bahwa penggunaan freon R2 sudah tidak ada terhitung sejak tahun 2015.

Jadi, semua pabrik AC dilarang untuk memproduksi, menjual, maupun mengimpornya. Maka dari itu, freon R22 sudah benar-benar tidak AC gunakan.

2. Freon R410A

Untuk jenis yang kedua ini biasanya AC inverter gunakan. Berbeda jika Anda bandingkan dengan freon sebelumnya. Freon R410A ini tidak memiliki potensi menyebabkan kerusakan ozon. Akan tetapi, untuk potensi menimbulkan pemanasan global, maka freon yang satu ini memiliki nilai yang cukup tinggi jika kamu bandingkan dengan freon R22. Freon R410 juga termasuk yang tidak mudah terbakar.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

blog-banner-bongkar-pasang

3. Freon R32

Lalu bagaimana dengan freon R32? Daikin Jepang menemukan freon jenis ini di tahun 2012. Selanjutnya freon ini mulai AC gunakan setahun setelah ditemukannya yaitu pada tahun 2013. Salah satu kelebihan yang freon R32 miliki daripada dengan freon sebelumnya adalah lebih ramah lingkungan.

Bukan itu saja, kelebihan yang terdapat pada freon R32 adalah mempunyai potensi menimbulkan pemanasan global yang juga lebih rendah jika dibandingkan dengan dua freon yang telah kami sebutkan sebelumnya. Akan tetapi, freon R32 termasuk jenis freon yang mudah terbakar. Namun kamu tidak perlu khawatir karena tetap aman digunakan untuk AC.

4. Freon R290

Jenis freon yang terakhir adalah freon R290. Jika kamu mencari freon yang memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah daripada semua jenis yang sudah kami sebutkan, maka freon inilah jawabannya. Namun, karena angka indeks dinginnya yang juga cukup rendah dan juga potensi mudah terbakarnya juga cukup tinggi, banyak perusahaan AC kemudian memutuskan untuk tidak menggunakannya.

Baca Juga : Apa Itu Freon AC? Kenali Pengertian dan Fungsinya untuk AC

Kira-kira Jenis Freon Mana yang Kamu Gunakan?

Mungkin sekarang kamu mulai bertanya-tanya. Kira-kira kamu menggunakan freon yang mana? Untuk mengetahui jawabannya, maka kamu bisa bertanya pada teknisi AC atau toko tempat kamu membeli AC. Namun hampir bisa kamu tidak menggunakan jenis freon yang pertama dan yang terakhir. Kenapa? Karena yang pertama memang sudah dilarang oleh pemerintah. Sementara yang terakhir banyak perusahaan yang sudah tidak menggunakannya lagi.

Dengan bertanya pada teknisi maupun toko AC, kamu akan mendapatkan informasi secara jelas dan akurat tentang freon yang AC di rumahmu gunakan. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin