Lakukan Hal Ini Sebelum Tagihan Listrik AC Membengkak – Memiliki AC merupakan sebuah keharusan mengingat Indonesia memiliki kondisi cuaca yang cenderung panas. Bahkan di beberapa daerah, suhunya bisa lebih panas dan kita tidak bisa hanya mengandalkan kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Akan tetapi, memiliki AC juga harus mempertimbangkan berapa banyak biaya tagihan listrik setiap bulan yang harus kamu keluarkan.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Ketika AC dipasang di rumahmu, biaya listrik sudah pasti akan naik. Bahkan ada yang kenaikannya bisa dua kali lipat dibandingkan sebelum memasang AC. Inilah yang membuat orang-orang terkadang harus berpikir dua kali sebelum mereka benar-benar memutuskan apakah ingin membeli AC atau tidak.

Tips Hemat Hemat Listrik

Bagi kamu yang sudah membeli AC dan tidak ingin biaya listrik membengkak, maka kamu perlu menyimak tips-tips di bawah ini. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak harus membayar biaya listrik yang jauh lebih mahal.

1. Jangan Sering Menyalakan dan Mematikan AC

Tips pertama untuk menghemat biaya listrik AC adalah dengan tidak sering menyalakan maupun mematikan AC. Beberapa orang memiliki kebiasaan akan mematikan AC ketika suhu ruangan Anda rasa sudah dingin. Mereka berpikir bahwa cara ini efektif untuk menghemat daya karena listrik tidak sedang bekerja.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Padahal justru mematikan AC lalu menghidupnya beberapa kali malah hanya akan menambah  beban daya. Mengapa? Ketika AC dinyalakan, ini akan meningkatkan beban pada kompresor. Bukan malah menghemat daya, justru kebiasaan ini malah akan menghabiskan banyak dana sehingga di akhir bulan maka kamu harus membayar biaya listrik yang membengkak.

Maka dari itu, jika sepertinya suhu ruangan sudah dingin maka kamu tinggal mengatur suhunya agar tidak terlalu dingin. Kamu juga bisa menyesuaikan kekuatan kipas apakah kamu ingin mengaturnya di sedang atau rendah.

2. Menyesuaikan Suhu Tinggi Sebelum Tidur serta Matikan 60 Menit Sebelum Bangun

Apakah kamu pernah merasa kedinginan ketika bangun dalam kondisi ruangan ber-AC? Kondisi ini bisa terjadi karena ketika manusia tidur, maka suhu tubuhnya akan menurun. Meskipun suhu pada ruangan tersebut sudah terjaga dalam suhu sekitar 25 sampai 28 derajat celcius, kamu akan tetap merasa nyaman.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

Maka dari itu, kamu tidak perlu harus segera menurunkan suhu AC sebelum pergi tidur. Bahkan jika bisa mengatur AC agar mati secara otomatis kurang lebih satu jam sebelum bangun, maka ini akan lebih baik. Memang terkesan sederhana namun tips ini bermanfaat untuk menghemat biaya AC.

3. Naikkan Suhu 1 Derajat dan Kamu Bisa Hemat 10 Persen

Kami menyarankan agar kamu mengatur suhu ruangan pada kisaran 25 sampai 28 derajat celcius. Suhu ini umumnya membuat orang merasa nyaman. Mereka tidak merasa panas dan tidak terlalu dingin. Jadi, cobalah untuk menjaga suhu pada kisaran tersebut. Jika kamu mengatur suhu terlalu rendah, ini akan membuat kompresor bekerja dengan daya yang lebih tinggi untuk waktu lama yang berakibat AC tidak awet.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Selain itu, ada beberapa survei yang menjelaskan bahwa untuk setiap peningkatan suhu AC sebesar 1 derajat, ini bisa menghemat sekitar 7 sampai dengan 10 persen listrik. Dengan begitu, biaya listrik di rumahmu tidak akan membengkak parah.

4. Mematikan Saklar Daya

Apakah kamu memiliki kebiasaan mematikan TV hanya dengan remote saja? Atau membiarkan charger hp tetap terpasang ke soket agar lebih mudah ketika mengisi baterai? Padahal daya cadangan ternyata menyumbang sebanyak 5 sampai dengan 10 persen dari jumlah penggunaan listrik di rumah. Peralatan listrik tersebut akan tetap dalam kondisi standby jika kamu tidak mematikannya dengan remote atau mencabut charger hp.

Adapun solusi terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mematikan saklar daya. Bagi kamu yang memang ingin menghemat listrik, kamu bisa mematikan saklar daya utama ketika peralatan elektronik tersebut tidak kamu gunakan.

Demikian informasi tentang beberapa tips penting yang efektif menekan biaya listrik AC yang membengkak. Ada tips lainnya yang sebenarnya tidak kalah penting yaitu dengan membeli AC hemat listrik. Ada banyak AC yang menawarkan keunggulan yaitu tidak memerlukan daya yang besar sehingga tidak membuat biaya listrik membengkak parah.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin