Ternyata Ini Fungsi Mode Dry Pada AC! – Kita seringkali melihat banyak ikon-ikon dan tombol pada remot AC di rumah. Semua tombol dan ikon itu tentu memiliki fungsinya masing-masing tetapi masih banyak sebagian dari kita yang belum mengetahui nama dan fungsinya.

Ada beberapa mode berbeda di AC yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadikan AC lebih hemat listrik. Setidaknya ada 4 mode yang paling sering Anda temukan di AC rumah Anda.

Mode Pada Remote AC

Keempat mode tersebut antara lain mode cool, mode auto, mode fan, dan mode dry. Mode yang akan dibahas kali ini adalah mode dry, termasuk apa saja fungsi dan kelebihannya. Apabila mode yang ada di atas ternyata tidak bisa berfungsi pada AC Anda, mungkin sebaiknya Anda menghubungi service AC.

Sebelum membahas lebih detail terkait mode dry, terlebih dulu kita membahas mode-mode lainnya. Pertama, ada mode cool alias mode dingin. Mode dingin berfungsi untuk membuat udara menjadi jauh lebih sejuk, dan kompresor di dalam AC menyala. Lalu, sensor suhu akan mendeteksi suhu yang dibutuhkan, baru kipas AC bekerja dan kompresor mati. Mode dingin merupakan salah satu mode yang cukup banyak memerlukan daya listrik.

Kedua, ada mode kipas alias fan mode. Mode satu ini menjadikan AC lebih hemat energi karena AC tidak akan menyalakan kompresornya. AC akan bekerja persis seperti kipas angin yang hanya akan menghirup dan menghembuskan angin. Tidak ada proses pendinginan suhu di mode ini.

Ketiga, ada mode auto, alias mode otomatis. Dengan mode ini, AC akan mendeteksi sendiri dari suhu yang Anda butuhkan, lalu mengatur kecepatan kipas, kinerja kompresor, dan sebagainya untuk bekerja otomatis sesuai dengan suhu ruangan tersebut.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Fungsi Mode Dry

Nah, mode keempat ini lah mode dry alias mode kering. Menggunakan mode dry paling tepat ketika sedang musim hujan, karena mampu menurunkan kelembaban udara di ruangan. Saat musim hujan, kelembaban udara di satu ruangan akan sangat tinggi. Sebab, udara mengandung kadar air yang tinggi.

Mode dry menjadikan AC bekerja layaknya dehumidifier. Kadar air di udara dikurangi, sehingga udara menjadi lebih kering. Meski demikian, ruangan tetap sejuk sesuai dengan suhu yang Anda butuhkan.

Baca Juga : Tips Menggunakan AC pada Saat Musim Hujan

Sayangnya, ada banyak yang masih belum tahu apa fungsi dari mode dry ini. Bahkan, ada juga yang menggunakannya di musim panas ketika kelembaban udara memang sangat rendah. Hasilnya adalah, kulit menjadi cepat kering karena berada di ruangan dengan kelembaban udara yang sangat rendah. Padahal, mode dry ini sangat penting digunakan, apalagi di musim penghujan.

Kelebihan Mode Dry Pada AC

Ada dua kelebihan dari mode dry ini, sehingga sangat disarankan untuk digunakan. Pertama, mode dry ini akan menjadikan kinerja kipas dan kompresor menjadi lebih cepat dan rendah. Hasilnya, bila Anda bandingkan dengan dehumidifier, tentunya AC Anda jauh lebih hemat penggunaan daya listriknya untuk mengurangi kelembaban udara.

Sedangkan penggunaan komponen kerja yang cukup rendah membuat mesin AC juga jadi lebih ringan bekerja dan menyerap daya listrik. Hasilnya, tagihan listrik juga lebih hemat.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

Kelebihan kedua dari mode dry ini adalah menjadikan AC menjadi lebih awet. Kinerja AC tidak begitu keras bekerja sehingga lebih tahan lama. Anda tidak perlu cepat-cepat mengganti AC baru karena AC lebih tahan lama.

Oleh karena itu, Anda mesti mempertimbangkan untuk membeli AC yang memiliki mode dry ini. Bila menggunakan mode cool akan lebih banyak ketika musim kemarau, maka mode dry akan sangat penting ketika musim hujan. Dengan menurunkan kelembaban udara, maka ruangan akan tetap terasa nyaman dan sejuk.

Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat

Tambahan lagi, sebaiknya ketika berada di ruangan yang menggunakan AC dengan mode dry, akan lebih aman bila Anda juga menggunakan lotion kulit agar terhindar dari kulit kering. Namun, bila kelembaban udara sangat tinggi dan AC berhasil menurunkannya menjadi normal, mungkin tidak akan begitu berpengaruh signifikan pada kelembaban kulit Anda.

Itulah kenapa Anda mesti menggunakan mode dry di saat yang tepat. Agar masalah kulit kering tidak menjadi masalah yang mengganggu ketika menggunakan AC di ruangan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin