AC Rumah Berisik? Bisa Jadi Ini Penyebabnya – Saat ingin tidur dan menyalakan AC agar lebih nyenyak, ternyata muncul suara yang sangat berisik dan bising dari AC Anda. Tentunya, itu tidak hanya membuat Anda merasa terganggu. Tapi itu juga pertanda Anda mesti melakukan service AC.

Masalah AC yang menimbulkan suara yang sangat berisik seringkali para penggunanya temukan. Bahkan bisa saja masalah tersebut sudah pernah Anda sendiri yang mengalami. Pertanyaannya, apa penyebab AC rumah menjadi sangat berisik?

Sebelumnya perlu Anda tahu bahwa alat elektronik memang memiliki masa operasional, seperti 10 tahun atau lebih pendek dari itu. Apabila sudah memasuki usia “senja” maka alat elektronik tersebut akan mulai mendapatkan masalah seperti penurunan kinerja. Mesin yang semakin tidak sempurna membutuhkan service berkala. Termasuk di antaranya AC, yang membutukan service AC secara berkala.

Penyebab AC Berisik

Penurunan kinerja tersebut tentunya menjadikan mesin perlahan-lahan mulai rusak, salah satu ciri khasnya adalah suaranya yang sangat berisik. Selain karena penurunan kinerja, alias usia mesin, masih ada lagi penyebab AC mengeluarkan suara berisik.

Berikut beberapa penyebab lain yang membuat AC menjadi mengeluarkan suara berisik.

1. Pemasangan yang tidak sempurna

Ketika pemasangan AC, ternyata pemasangannya tidak sempurna seperti masalah baut yang tidak terpasang dengan kuat, atau masalah lainnya yang membuat mesin menjadi longgar. Hasilnya, ketika AC menyala hadir suara yang berisik karena getaran ketika AC itu bekerja.

Jadi, seandainya Anda menemukan kondisi seperti itu, coba periksa dulu baut-bautnya. Apabila ada yang tidak terpasang sempurna, itu berarti Anda mesti mengencangkannya kembali. Apabila Anda tidak yakin tahu caranya, maka Anda bisa menghubungi jasa service AC profesional yang menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya

2. Belt Sudah Aus

Selanjutnya sabuk AC (belt) yang sudah lama AC pakai mungkin akan aus dan mengakibatkan belt tersebut longgar. Hasilnya, akan muncul suara berisik ketika mesin bekerja. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan mengganti belt tersebut.

Seperti biasa, tentunya bila Anda tidak tahu caranya, Anda mesti menghubungi service AC terdekat untuk mengganti belt tersebut.

3. Dudukan AC Miring

AC indoor maupun outdoor yang terpasang di ketinggian tentunya terpasang di atas raknya, alias dudukan AC. Nah, seharusnya temboknya rata, sehingga dudukannya juga rata. Bagaimana bila dudukan tersebut miring, atau tidak rata?

Mungkin karena temboknya yang tidak rata, atau bisa juga karena pemasangannya yang tidak sempurna. Nah, dudukannya yang miring tersebut akan menghasilkan suara karena getaran mesin ketika bekerja. Tentunya, hal itu juga menyebabkan suara berisik yang sangat mengganggu.

4. Kerusakan di Kipas AC

Selanjutnya, ada kipas yang berada di AC outdoor yang memang mengeluarkan suara namun tidak begitu besar. Apabila suara dari kipas tersebut sampai begitu besar dan berisik, berarti ada kerusakan di kipas tersebut. Salah satu yang sering ditemukan adalah kipas tersebut patah. Hasilnya, Anda mesti mengganti kipas tersebut dengan yang baru agar suara berisik bisa hilang. Terlambat menghubungi jasa service AC karena kerusakan satu ini bisa berdampak buruk bagi komponen lainnya.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan 

5. Kerusakan Komponen lain

Komponen lain yang mungkin bukan rusak parah, namun longgar atau patah dan sebagainya juga membuat suara berisik yang sangat mengganggu. Misalnya, masalah yang sering ditemukan adalah blower fan (kipas untuk AC indoor) yang patah. Sama seperti kipas AC yang ada di unit outdoor, apabila patah tentunya akan menghasilkan suara yang bising.

Atau, bisa juga karena kompresor yang bearingnya kendor. Hal itu sering terjadi pada AC yang sudah berusia lebih dari 3 tahun. Tentunya masalah-masalah di atas bisa diatasi dengan service AC, atau bila tidak juga selesai maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti AC Anda.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya! 

blog-banner-bongkar-pasang

6. Sirkulasi Freon

Freon yang ada di dalam AC mesti memiliki sirkulasi yang baik agar bisa bekerja dengan optimal dalam menyejukkan ruangan. Namun, apabila sirkulasi freon AC tidak berjalan dengan baik, maka tidak hanya kesejukan ruangan saja yang terganggu, tapi juga ada suara bising yang mengganggu. Nah, paling banyak penyebabnya adalah pemasangan awal AC yang kurang sempurna.

Tentunya, hal itu juga masih bisa diatasi dengan service AC dan membenarkan lagi sirkulasi freon agar mampu bekerja maksimal.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga 

Demikian beberapa penyebab suara berisik dari mesin AC, juga solusi untuk menyelesaikannya. Terpenting, lakukan perawatan rutin dan service AC dengan AbangBenerin secara rutin agar AC Anda lebih tahan lama.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin