Ini Dia Fungsi Soundproof di AC – Apakah Anda sering merasa terganggu dengan suara bising pada Air Conditioning (AC) outdoor? AC outdoor akan mengeluarkan suara berdengung apabila sedang bekerja karena kinerja AC bergantung pada komponen-komponen yang tersusun di dalam AC seperti kompresor, kipas, dan lain-lain yang akan membuat seolah-olah ada puluhan pekerja di dalam AC Anda.

Tentunya, tidak banyak yang bisa memaklumi suara bising dari AC yang sedang menyala. Walau biasanya letak AC outdoor berada jauh dari AC indoor, namun banyak juga yang memasang AC outdoor dekat dengan outdoor entah karena keterbatasan ruang, atau penyebab lainnya. Karena itu banyak AC dengan teknologi terbaru melengkapi komponen AC dengan soundproof. Namun, apakah Anda tahu apa itu sooundproof? Ini dia fungsi soundproof pada AC yang perlu Anda tahu!

Pengertian Soundproof AC

Soundproof adalah komponen yang bertujuan untuk meredam suara dari kompresor. Tentunya, ketika suara berisik dari kompressor sudah menjadi sedemikian kentara, itu berarti Anda sudah memerlukan service AC, khususnya di bagian soundproof tersebut.

Apabila AC Anda dilengkapi dengan soundproofing, maka suara berdengung yang muncul dari kompresor, kipas, dan sebagainya akan lebih kurang. Tidak hanya di AC indoor, soundproof ini juga biasa ada di AC outdoor. Tentunya, selain baik untuk Anda sendiri, soundproof tersebut juga menjadikan tetangga Anda tidak terganggu dengan suara dengungan dari mesin AC outdoor.

Baca Juga : Penyebab AC Rusak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Banyak orang yang menggunakan beberapa cara manual untuk meredam bunyi AC outdoor mereka. Misalnya menggunakan semacam selimut kedap suara, atau ada juga yang membuat semacam penutup di AC outdoor. Terpenting, soundproof yang berkualitas tentu akan bekerja lebih baik daripada cara manual di atas untuk menekan suara dari AC agar tidak mengganggu siapapun, termasuk Anda sendiri.

Soundproof terbuat dari bahan yang mampu meredam suara dengan baik. Tidak hanya itu, soundproof ini juga biasanya terbuat dari bahan yang tidak menciut atau mengkerut karena terkena air. Juga tidak meliuk, atau malah terbakar ketika terkena panas. Hal itu menyebabkan soundproof ini cukup tahan lama dan pergantiannya dalam waktu yang jauh lebih lama ketimbang komponen AC lainnya.

Fungsi Soundproof pada AC

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, soundproof bertujuan untuk meredam suara yang AC hasilkan ketika beroperasi. Biasanya, bagian yang paling berisik ketika bekerja adalah kompresor AC. Nah, soundproof ini menjadikan Anda bisa tidur nyenyak ketika AC beroperasi, karena soundproof meredam suara kompresor sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu kenyamanan Anda.

Selain itu, dengan soundproof Anda juga bisa mendeteksi adanya kerusakan pada AC Anda. Kenapa bisa? Karena biasanya suara mesin dan kompresor sangat halus, bahkan hampir tak terdengar khususnya untuk AC indoor. Jadinya, ketika suara berisik mulai terdengar jelas, artinya berhasil menembus soundproof Anda. Itu berarti, ada kerusakan serius yang harus segera mendapat jasa service AC.

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

Biasanya, apabila muncul suara yang berisik dari AC Anda, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kompresor di AC Anda yang mendapatkan gangguan tertentu. Kalau memang soundproofnya masih cukup baik, maka pergantian bisa Anda lakukan pada kompresornya atau kipasnya.

Penyebab Suara Bising pada AC

Tapi, bukan hanya itu masalah yang menyebabkan suara AC bisa berisik, meski sudah menggunakan soundproof. Berikut beberapa hal lain yang bisa Anda deteksi dari munculnya suara berisik tersebut.

1. Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Bila dalam waktu yang berdekatan dengan pembelian dan pemasangan AC ternyata suara berisik itu langsung muncul, kemungkinan masalahnya terdapat pada pemasangan AC yang tidak sempurna. Bisa jadi hanya masalah kecil, seperti pemasangan baut yang kurang sempurna, atau adanya bagian yang salah pasang sehingga bergesekan.

Karena itu sebaiknya untuk pemasangan AC dilakukan oleh teknisi professional. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang tertinggal atau kurang baik dalam pemasangan AC rumah Anda.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya

2. Freon tidak Terpasang dengan baik

Tidak hanya kehabisan freon yang menyebabkan AC tidak dapat bekerja dengan optimal. Freon AC yang salah dalam oemasangan juga dapat mengganggu kinerja AC sebab ketika sirkulasinya terganggu, suara yang cukup mengganggu akan segera muncul dari AC tersebut. Khusus untuk permasalahan salah pemasangan ini, lebih baik Anda menggunakan jasa service AC untuk pemasangan yang sempurna.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

3. Kendala pada Kompresor

Masalah lain yang bisa menyebabkan suara AC menembus soundproof biasanya datang dari kompresor. Bisa jadi karena pemasangan kompresor yang cukup bermasalah sehingga ada gesekan dengan bagian lain. Hasilnya adalah kompresor akan segera menghadirkan suara yang berisik dan sangat mengganggu. Karena itu, pastikan karet untuk dudukan kompresor dalam kondisi yang sempurna.

Atau, oli yang ada di dalam kompresor sudah habis atau berkurang. Hal itu akan menyebabkan suara gerakan mesin menjadi lebih kasar, yang itu artinya akan hadir suara berisik yang mengganggu telinga. Dengan demikian, Anda akhirnya bisa menyadari kapan waktunya pengisian ulang oli.

Selain itu, apabila suara juga mulai aneh dan terlampau berisik, bisa juga dikarenakan kipas dan kompresor sudah waktunya diganti. Sebab, kerusakan kipas dan kompresor akan membuat kerja AC menjadi bermasalah, dan hadir suara yang berisik dan mengganggu telinga.

Baca Juga : Kenali Tanda – Tanda AC Rumah Harus di Service

Dengan mendeteksi secara dini, tentunya Anda bisa menghindari kerusakan menyebar ke bagian lainnya. Bisa jadi hanya karena karat, atau mungkin sudah waktunya diganti. Jadinya, Anda bisa mendeteksi kapan waktunya service AC dan pergantian suku cadangnya. Jangan lupa untu melakukan maintenance AC minimal 3 bulan sekali dengan jasa teknisi profesional AbangBenerin untuk menjaga serta merawat AC rumah Anda,

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin