Kapan Kita Harus Ganti AC Baru? – Ketika muncul suara-suara berisik yang mengganggu telinga keluar dari AC, apakah itu sudah berarti waktunya mengganti AC? Kadang-kadang, ada rumah tangga yang mengganti AC setelah pemakaian sekitar 5 tahunan. Sedangkan di rumah yang lain, ada yang belum mengganti AC setelah 15 tahun pemakaian.

Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk kita ganti AC baru? Apakah masih harus menghubungi teknisi untuk melakukan service AC atau memang harus mengganti langsung yang baru? Apakah ada batas waktu penggunaan untuk AC tertentu?

Kapan Sebaiknya Ganti Perangkat AC?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama perlu Anda garisbawahi bahwa kesehatan atau umur dari satu alat elektronik tergantung dengan bagaimana perawatannya. Misalnya untuk AC, maka seberapa rutin Anda melakukan service, cuci atau pembersihan, dan berbagai perawatan lainnya terhadap AC Anda.

Baca Juga : Tips Merawat AC Supaya Awet

Selain itu, kondisi yang membuat Anda harus mengganti tersebut berarti memang sudah tidak bisa Anda perbaiki lagi. Kadang-kadang, hanya karena pemasangannya yang tidak sempurna, sehingga baut-bautnya longgar. Hasilnya, AC mengeluarkan bunyi berisik, atau malah tidak mampu menyejukkan ruangan. Oleh karena itu, sangat disarankan ketika pembelian AC, Anda menghubungi jasa pasang AC yang berpengalaman, agar pemasangan yang tidak sempurna seperti itu tidak terjadi pada Anda.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya

Kenali juga pertanda bahwa ada kerusakan di AC Anda agar Anda bisa langsung menghubungi jasa service. Jadi jangan menunda perbaikan. Apabila Anda menunda perbaikan AC, maka besar kemungkinan AC Anda tidak bisa Anda perbaiki lagi.

Bila itu yang terjadi, maka Anda harus menghubungi jasa pasang AC karena Anda harus mengganti AC Anda.

Berikut beberapa pertanda bahwa AC Anda harus diperbaiki, atau malah harus diganti.

1. Tidak ada udara yang keluar

Bila kondisinya seperti ini, mungkin sebenarnya udara yang keluar dari ventilasi sangat lemah. Jadinya, tidak terasa sama sekali. Kalau kondisinya seperti ini, kemungkinan besar ada masalah dengan salurannya, atau malah dengan kompresor. Anda masih bisa melakukan service terlebih dulu apabila kerusakannya masih belum menjalar ke spart part yang lain.

Baca Juga : Kenali Tanda – Tanda AC Rumah Harus di Service

2. Thermostat tidak menyala

AC akan menunjukkan berapa udara yang keluar, atau memastikan AC dapat bekerja dengan optimal. Apabila AC Anda tiba-tiba mati, itu bisa jadi karena thermostat sudah tidak menyala, atau rusak. Kondisi seperti itu, segera hubungi teknisi untuk service. Apabila sudah tidak bisa diperbaiki lagi, berarti AC Anda harus diganti.

Baca Juga : 10 Merk AC terbaik 2021: Hemat, Dingin, dan Tahan Lama 

3. Suara Berisik

Kondisi berikutnya adalah munculnya suara berisik dari AC, baik yang indoor maupun outdoor. Bila kondisinya seperti itu, maka Anda harus segera memanggil jasa service, karena butuh penanganan. Biasanya, suara berisik berasal dari komponen-komponen yang berkarat, aus, atau sudah layak diganti. Tapi, bila terlalu lama maka akan menyebabkan AC harus diganti.

4. Bau tak sedap

Berikutnya, Anda harus segera menghubungi jasa service apabila AC Anda mengeluarkan aroma yang tak sedap, bahkan menyengat. Mungkin karena ada kabel terbakar, atau tumpukan lumut, jamur, dan bakteri di dalam AC tersebut. Masalah yang ditimbulkan tidak main-main, karena bisa membuat seisi rumah menjadi sakit.

5. Menghembuskan udara panas

AC bertujuan untuk menyejukkan ruangan. Dengan demikian, hawa yang keluar seharusnya sejuk. Apabila udara yang dihembuskan AC justru lebih panas, maka itu berarti Anda harus segera melakukan service.

6. Kebocoran Freon

Kinerja AC bisa berkurang drastis bahkan tidak mampu bekerja lagi apabila terjadi kebocoran freon. Apalagi, freon mengandung zat seperti hidrogen dan sebagainya yang berbahaya untuk dihirup langsung. Jadinya, apabila terjadi kebocoran freon, maka harus segera melakukan perbaikan. Ciri khas dari kebocoran tersebut adalah karena ada banyak air yang merembes dari AC tersebut.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

7. Usia di atas 10 tahun

Apabila AC Anda sudah berusia di atas 10 tahun, maka akan banyak muncul masalah yang terjadi. Mulai dari tagihan listrik melonjak karena ada yang sudah terlalu lama usianya. Kemungkinan besar untuk service pada sejumlah masalah yang timbul, maka akan membutuhkan biaya yang lebih besar daripada membeli produk yang baru.

Karena itu, apabila AC Anda sudah terlalu tua, maka sebaiknya Anda harus mempertimbangkan untuk menggantinya. Karena usia barang elektronik memang rata-rata paling lama adalah 1 dekade, alias 10 tahun.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin