Saluran Pembuangan Air AC Mampet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya – AC Anda bocor tapi sudah dibersihkan? Atau pipa saluran AC tidak mengeluarkan air apapun padahal AC sudah Anda nyalakan? Mungkin tanda tersebut mengindikasikan bahwa saluran pembuangan air AC Anda mampet atau buntu.

Baca Juga : Penyebab Saluran Pembuangan AC Mampet

Gangguan saluran pembuangan air AC mengalami mampet seringkali tidak Anda ketahui, terutama saat Anda gunakan hanya pada malam hari. Saluran pembuangan air AC yang mampet dapat menyebabkan banyak kerusakan lain pada unit pendingin udara apabila tidak segera Anda tangani atau perbaiki.

Dampak Saluran Pembuangan Air AC Mampet

Mampetnya saluran air AC dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen pendingin udara. Ini karena air yang harusnya mengalir ke saluran pembuangan terhenti di bagian dalam unit, dan berbalik keluar ke unit indoor AC.

Beberapa komponen AC tidak untuk tahan air dan rentan mengalami kerusakan jika terus bersinggungan dengan air. Hingga mengalami korslet dan yang paling buruk dapat terbakar sewaktu-waktu. Hal ini tentu akan merugikan Anda sebagai pemilik dan Anda harus mengeluarkan biaya service yang tidak murah atau terpaksa mengganti unit AC yang rusak dengan unit yang baru.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui penyebab dari gangguan berikut serta cara mengatasinya dengan baik dan benar. Selengkapnya ada di bawah ini ya!

Penyebab Saluran Pembuangan Air AC Mampet

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pipa mengalami mampet atau buntu sehingga air AC tidak mengalir ke tempat yang seharusnya. Antara lain:

a. Adanya Kotoran yang Menyumbat

Alasan pertama yakni adanya kotoran yang menyumbat bagian pipa pembuangan air AC. Saluran pembuangan air pada pendingin udara umumya berbentuk pipa yang terbuat dari plastik, sifatnya lentur atau tidak kaku seperti pipa air pada umumnya, serta tahan air.

Pipa pembuangan air pada unit pendingin ruangan juga memiliki tekstur yang membuat pipa mudah tersumbat kotoran, sampah, debu, hingga jamur. Adanya kebuntuan atau mampet dapat terjadi karena adanya kotoran yang tertinggal dan mengendap di bagian dalam pipa. Ini akan menutupi jalan keluarnya air dari dalam unit ke bagian luar unit pendingin ruangan.

Baca Juga : Penyakit Dari AC Kotor? Memang Bisa?

Oleh sebab itu, air AC tidak dapat keluar dengan semestinya hingga tertinggal dan menggenang di tempat yang bukan seharusnya. Hingga dapat menyumbat jalan keluarnya air, umumnya kotoran atau debu yang mengendap di dalam pipa berukuran besar hingga menutup jalan keluar air.

Guna mencegah hal tersebut, perlu adanya pembersihan secara rutin dan menyeluruh hingga memeriksa bagian dalam pipa saluran pembuangan air AC apakah ada debu, kotoran atau sampah yang menyumbat jalan keluarnya air. Anda dapat melakukannya secara mandiri dalam jangka waktu tertentu saat akan membuang air pada wadah penampungan air AC atau waktu-waktu tertentu.

b. Bagian Unit Outdoor Kotor

Faktor atau alasan yang kedua yaitu bagian unit outdoor pendingin ruangan kotor dan memerlukan tindakan pembersihan. Unit keseluruhan AC terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian indoor yang ada pada ruangan Anda, dan bagian outdoor yang berbentuk kotak dan terdapat kipas di dalamnya.

Karena berada di luar, seringkali kita mengabaikan kebersihan dari unit outdoor pendingin ruangan. Kadang kita menempatkan bagian outdoor di tempat yang sulit terjangkau sehingga membuat kita sering abai dengan kebersihan bagian outdoor.

Baca Juga : Penyebab Outdoor AC Mati dan AC Tidak Dingin

Ternyata, bagian unit outdoor yang kotor dapat menyebabkan pipa mengalami mampet atau buntu. Hal ini disebabkan oleh kotoran atau residu yang ada pada bagian outdoor pendingin ruangan. Kotoran dan residu yang menempel di bagian outdoor dapat membuat kebuntuan pada saluran pembuangan air AC Anda.

Jika sudah begitu, maka diperlukan service atau perbaikan guna mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasinya

Guna mengatasi permasalahan berikut, Anda perlu membersihkan unit indoor dan outdoor secara teratur. Ini bertujuan agar tidak ada kotoran, debu ataupun jamur yang menempel pada bagian-bagian atau komponen pendingin ruangan.

Pembersihan dan perawatan secara teratur juga mencegah berbagai kerusakan pada unit AC serta memperpanjang masa pemakaian pendingin ruangan. Jadi, jangan lupa jadwalkan pembersihan dan service AC secara rutin, setidaknya setiap enam bulan sekali selama masa pemakaian.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin