AC Tidak Dingin? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi – AC tidak dingin dapat menjadi kendala tersendiri dalam berkegiatan sehari-hari, terlebih jika kegiatan Anda membutuhkan aktivitas tubuh yang tinggi atau berada dalam ruangan yang penuh orang. Selain itu, AC tidak dingin juga dapat menjadi kendala pada ruangan dengan banyak alat elektronik yang membuat alat-alat tersebut menjadi lebih cepat panas.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

Pada artikel kali ini, kami akan membahas penyebab serta cara mengatasi AC tidak dingin. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Penyebab AC Tidak Dingin

Masalah AC tidak dingin ini dapat terjadi akibat beberapa alasan atau faktor. Antara lain:

1. Filter Kotor

AC atau pendingin ruangan terdiri dari berbagai komponen yang membantu proses pendinginan dan kinerja keseluruhan dari AC. Salah satunya adalah filter. Komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring udara sebelum AC keluarkan. Dengan fungsi tersebut, filter AC seringkali mengalami kotor akibat tumpukan debu, kotoran, hingga jamur.

Baca Juga : Haruskah Filter AC Rumah Diganti?

Tumpukan kotoran dan debu tersebut dapat menghambat proses pendinginan AC. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat membersihkan filter dengan membuka tutup filter pada unit indoor bagian atas, dan mengambil filter yang kotor. Setelah itu, Anda dapat mencuci filter yang kotor menggunakan sabun deterjen.

Selain membersihkan sendiri, Anda dapat membersihkan AC menggunakan jasa layanan service AC secara rutin, minimal tiga bulan sekali.

2. Kekurangan Freon

Penyebab kedua dari pendingin udara tidak dingin adalah AC yang kekurangan freon. Refrigerant atau freon merupakan cairan yang membuat udara yang AC hasilkan menjadi lebih dingin. Freon yang kurang atau habis bisa terjadi akibat adanya kebocoran pada pipa sirkulasi.

Baca Juga : Seberapa Penting Freon Untuk AC Rumahan?

Kekurangan freon ini dapat membuat proses pendinginan AC menjadi terhambat dan pendingin ruangan hanya akan meniupkan angin tanpa hawa dingin. Anda dapat menambah freon ini dengan menggunakan jasa layanan service AC, dengan pemberian freon menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Ruangan dan PK AC Tidak Sesuai

Penyebab selanjutnya yaitu PK AC yang tidak sesuai dengan lebar atau kapasitas ruangan. AC memiliki beragam jenis PK yang dapat disesuaikan penggunaannya dengan kapasitas suatu ruangan serta daya beban listrik yang ada.

Apabila ruangan terlalu luas namun Anda menggunakan AC dengan PK yang tergolong kecil, maka hal tersebut dapat menghambat proses pendinginan dari AC hingga merasa AC tidak dingin. Sebelum membeli AC, Anda dapat mengukur kapasitas dengan kebutuhan PK AC dengan menggunakan  rumus BTU/h.

Baca Juga : Pengertian BTU AC dan Cara Menghitungnya

Rumus tersebut akan memberi tahu Anda besaran PK yang cocok dengan ruangan Anda tanpa muncul rasa tidak dingin dari pendingin ruangan. Selain itu, penggunaan AC yang pas akan membuat daya listrik lebih terjaga tanpa ada kekurangan atau kelebihan, dan tidak akan berdampak pada alat elektronik lainnya.

4. Pintu dan Jendela Terbuka

Salah satu hal yang membuat pendingin udara tidak dingin adalah pintu dan jendela ruangan yang sering dibuka dan ditutup setiap waktu. Hal tersebut dapat membuat hawa dingin pada ruangan Anda lolos keluar ke bagian lain ruangan dan membuat proses pendinginan AC menjadi sia-sia.

Baca Juga : Ini Cara Mengatur Suhu AC yang Benar untuk Tidur

Selain itu, pintu dan jendela ruangan yang sering dibuka dapat membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan berdampak pada beban listrik yang semakin besar. Apabila Anda menginginkan ruangan yang dingin dan nyaman, usahakan tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu serta jendela ruangan Anda.

5. Kondensor Kotor

Selanjutnya, hal yang dapat menjadi alasan AC tidak dingin yakni bagian kondensor AC yang sudah kotor. Kondensor merupakan salah satu komponen AC yang letaknya di bagian luar atau outdoor AC dengan fungsi untuk memanaskan gas freon pada suhu tertentu sebelum dilepaskan menjadi hawa dingin pada ruangan Anda.

Sama seperti filter AC, apabila kondensor kotor, maka dapat menghambat kinerja AC untuk mendinginkan ruangan. Anda dapat membersihkan kondensor secara rutin untuk meminimalisir pendingin udara tidak dingin akibat kondensor kotor. Jika Anda merasa tidak ada waktu untuk membersihkan kondensor, maka Anda dapat menyewa jasa layanan service AC untuk membersihkan kondensor serta bagian lain dari komponen pendingin udara sehingga AC lebih dingin dan optimal.

6. Pengaturan Remote AC

Salah satu penyebab AC tidak dingin mungkin pengaturan atau setting pada remote AC Anda yang tidak benar. Apabila Anda ingin memaksimalkan pendinginan dalam ruangan, maka Anda dapat menggunakan mode cool atau mode dingin. Mode ini membuat proses pendinginan jauh lebih cepat dari dengan mode lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur fan atau kipas di kecepatan maksimal sehingga angin dingin dari pendingin udara dengan cepat menyebar ke seluruh ruangan. Anda juga dapat mengatur suhu pendingin udara pada angka tertentu hingga ruangan dirasa cukup dan menaikkan suhu secara bertahap setelah ruangan cukup dingin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin