Tips Menggunakan AC pada Saat Musim Hujan – Tips pakai AC saat musim hujan mungkin bisa membantu anda untuk secara tepat dan benar menggunakan pendingin ruangan seperti saat ini. Pendingin ruangan atau AC juga perlu penyesuaian ketika berganti musim seperti musim penghujan. Menggunakan AC dengan benar tentu bisa membantu anda untuk mendapatkan manfaat pendingin ruangan yang maksimal dan juga mengurai biaya service dikemudian hari.

Baca Juga : Tips Merawat Supaya Awet

Ada beragam tips pakai AC yang tepat, namun tentunya perlu melihat kondisi internal maupun eksternal juga. Tidak semua tips dapa anda ikuti melihat keadaan AC juga berbeda-beda tergantung jenisnya serta cuaca di lingkungan sekitar. Musim penghujan jadi salah satu musim yang membuat anda mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Oleh sebab itu, ada beberapa tips pakai AC berkaitan dengan musim hujan yang bisa anda terapkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan AC ketika sedang musim penghujan agar anda merasa nyaman dengan pendingin ruangan anda.

Cara Mengatasi AC Bocor

Anda perlu menggunakan AC secara tepat di musim penghujan. Kira-kira apakah anda sudah melakukan beberapa tips ini?

1. Gunakan Mode Dry

Mungkin anda selama ini bertanya Tanya tentang fungsi mode dry yang ada pada remote AC. Musim penghujan ini adalah momen yang tepat untuk menggunakan mode dry tersebut. Ketika musim penghujan, udara akan teras lebih dingin dan lembab. Oleh karena itu anda perlu mengubah mode AC anda yang awalnya cool menjadi dry. Keuntungan dari mode dry ini adalah bisa menyerap udara lembab serta membantu menghemat listrik anda.

2. Periksa Kondisi Outdoor

AC terdiri dari dua komponen yakni indoor dan outdoor. Dua unit tersebut saling melengkapi dan bila tidak ada salah satunya, maka AC tidak bisa berfungsi. Pada musim hujan anda perlu untuk memperhatikan keadaan unit outdoor terutama penempatannya. Meskipun unit outdoor sudah tersusun dengan kokoh dan tahan terhadap air maupun panas matahari, namun beberapa case tertentu tetap tidak bisa ditoleransi misalnya banjir. Pastikan lokasi outdoor anda aman dari genangan air. Unit outdoor yang terendam air bisa rusak dan komponen di dalamnya bisa mengalami disfungsi. Jadi ketika hujan tiba, selalu perhatiakan unit outdoor pendingin ruangan anda juga ya.

3. Atur AC pada Suhu yang Tepat

Supaya anda tetap nyaman dalam menggunakan pendingin ruangan, gunakanlah suhu yang tepat pada AC anda. Pasang suhu AC yang pas, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Hal tersebut karena suhu ketika musim hujan akan menjadi lebih rendah sehingga terasa dingin. Gunakan AC anda dengan suhu yang menurut anda pas agar nyaman.

4. Matikan AC saat tidak digunakan

Ketika musim hujan, suhu akan menjadi lebih dingin. Anda bisa saja menjadi lebih jarang ingin menggunakan pendingin ruangan karena hawa di rumah sudah cukup dingin. Pada musim penghujan ada baiknya anda lebih cermat dalam penggunakan pendingin ruangan. Saat ruangan kosong atau tidak sedang anda gunakan, usahakan untuk mematikan AC. Meninggalkan ruangan yang tidak anda pakai dengan AC menyala dalam jangka waktu lama tentu berdampak negative bagi biaya listrik dan keawetan AC anda. Supaya anda tidak lupa mematikan AC, gunakan saja mode timer supaya AC tidak menyala terus-menerus dan bisa mati sesuai waktu yang sudah anda setting pada pendingin ruangan.

5. Jaga Kebersihan Filter AC

Jamur sangat mudah tumbuh dalam AC yang lembab dan kotor. Musim hujan jadi musim yang mana udara jadi lebih lembab dan air menjadi lebih banyak. Filter AC bisa menjadi sasaran yang tepat untuk tumbuhnya jamur karena kelembaban udara meningkat. Filter pada pendingin ruangan digunakan untuk menyaring udara. Jika udara yang disaring lembab dan kotor, tentu akan menempel pada filter. Jika dibiarkan lama-kelamaan akan timbul jamur yang bisa merusak AC dan menyebabkan gangguan kesehatan tentunya.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Menggunakan pendingin ruangan secara tepat terutama pada musim hujan bisa membantu anda mendapatkan kualitas udara yang baik dan AC anda jadi lebih tahan lama. Kira-kira tips pakai AC saat musim penghujan di atas apakah sudah anda terapkan?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin