10 Ciri-Ciri AC Kamu Rusak! Berikut Solusinya – Sebagai alat elektronik, AC atau pendingin udara tentu tidak luput dari berbagai kerusakan. AC rusak ini bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti AC yang sudah tua, adanya kerusakan pada beberapa komponen, hingga efek dari cuaca.

Baca Juga : Ini Dia Jenis Error Pada AC dan Cara Mengatasinya!

Tapi, seringkali kita tidak menyadari adanya kerusakan pada pendingin ruangan meski terus digunakan sehari-hari. Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai ciri AC rusak serta cara mengatasi berbagai kerusakannya. Yuk, simak penjelasannya!

Ciri AC Rusak yang Perlu Kamu Tahu

Pendingin udara yang rusak pada umumnya memunculkan beberapa tanda atau gejala sebagai ciri-ciri kerusakan. Antara lain:

a. Muncul Bau Tidak Sedap

Pendingin udara pada umumnya tidak mengeluarkan bau yang signifikan, atau lebih sering mengeluarkan bau khas udara dingin. Bau tersebut cenderung tidak mengganggu kegiatan Anda sehari-hari saat AC Anda nyalakan.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Namun, apabila AC Anda mulai mengeluarkan bau tidak sedap, maka dapat kita perkirakan pendingin udara Anda mengalami gangguan. Apabila bau yang keluar cenderung menyengat, maka hal tersebut dapat menjadi indikasi adanya kabel yang terbakar dalam unit AC. Apabila muncul bau apek atau tengik, maka bisa jadi indikasi adanya jamur di bagian saluran udara atau dalam unit AC. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan pembersihan dan mengecek mandiri pada unit AC. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat elektronik tersebut, maka segera jadwalkan service dan cuci AC.

b. Tagihan Listrik Naik

Ciri kedua yakni meningkatnya tagihan listrik rumah atau tempat AC terpasang. Hal tersebut dapat menjadi pertanda adanya gangguan pada pendingin udara. Karena, AC yang tidak bekerja dengan optimal akan memberi banyak beban pada daya listrik Anda.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Sebelum Tagihan Listrik AC Membengkak

Anda dapat mengatasi hal ini dengan melakukan servis guna mengetahui apa gangguan yang ada pada AC Anda. Hal tersebut dinilai sangat efektif dibandingkan dengan mengecek sendiri atau membiarkan AC tanpa adanya tindakan.

c. Lampu Indikator Berkedip

Tanda kedua yakni lampu indikator AC yang berkedip. Hal tersebut dapat menjadi ciri AC rusak atau mengalami gangguan. Munculnya kedip ini dapat mengakibatkan rusaknya bagian PCB unit AC. Untuk mengatasi hal ini, segera ganti PCB sehingga rangkaian listrik AC dapat bekerja dengan lebih baik.

d. Freon Bocor

Freon yang bocor umumnya disertai dengan munculnya minyak atau cairan mirip oli pada bagian yang bocor. Apabila komponen ini bocor dapat mengakibatkan bau hangus dan membuat udara dari AC menjadi panas. Segera isi ulang freon Anda agar kerusakan tidak semakin parah.

Baca Juga : Ganti Freon AC? Selalu Perhatikan Ini, Ya!

e. AC Otomatis Mati

Beberapa jenis AC memang dilengkapi dengan fitur mati otomatis. Apabila AC Anda tidak disertai dengan fitur tersebut dan mengalami mati sendiri, maka hal tersebut dapat menjadi tanda kerusakan pada AC. Lakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui sumber kerusakan sebelum AC tidak dapat digunakan.

f. Sedikit Udara Keluar dari AC

Apabila AC Anda mengeluarkan udara yang lemah atau sedikit, kemungkinan pendingin udara Anda mengalami gangguan. Hal ini dapat terjadi karena gangguan pada kompresor AC atau pada bagian saluran AC Anda sehingga udara tidak dapat berputar di dalam ruangan.

Baca Juga : Ganti Freon AC? Selalu Perhatikan Ini, Ya!

Segera cek kompresor dan jadwalkan service AC guna mengatasi kerusakan tersebut.

g. AC Mengeluarkan Udara Panas

AC seharusnya mengeluarkan angin atau hawa dingin yang menyejukkan ruangan. Jika pendingin udara Anda malah mengeluarkan hawa panas, maka dapat menjadi ciri AC mengalami kerusakan atau gangguan. Jenis kerusakan ini dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada bagian instalasi pipa atau pada bagian lain. Anda dapat mengecek bagian pipa dan penutup pipa guna memastikan apakah ada kebocoran dan bagian penutup yang terlepas. Ganti penutup atau kabel yang rusak dengan yang baru agar AC kembali mengeluarkan hawa dingin.

h. Kompresor AC Rusak

Ciri selanjutnya yakni kerusakan pada kompresor AC. Kompresor AC yang rusak atau mengalami gangguan dapat menyebabkan berbagai kerusakan lainnya yang merugikan Anda sebagai pemilik AC. Apabila komponen kompresor Anda rusak atau terjadi

i. Thermostat Rusak

Selain kompresor, komponen lain yang dapat rusak adalah bagian thermostat. Dengan peran yang sangat penting, apabila thermostat pendingin udara Anda mengalami kerusakan, maka segera ganti bagian yang rusak dengan yang baru.

Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut hingga yang paling parah, AC tidak dapat Anda gunakan kembali. Segera jadwalkan service AC dengan teknisi atau jasa service AC terpercaya.

j. AC Mengeluarkan Suara

Ciri lain yakni AC yang mengeluarkan suara berisik. Umumnya, AC tidak mengeluarkan bunyi apapun, atau mengeluarkan desis halus semacam white noise yang sama sekali tidak mengganggu. Apabila unit pendingin udara Anda mengeluarkan suara berisik yang mengganggu, segera matikan AC.

Baca Juga : Ini Dia Suara dari AC yang Perlu Kamu Waspadai!

Hal tersebut dapat menjadi tanda AC terlalu keras bekerja dalam jangka waktu yang lama. Jika suara terus muncul, maka segera jadwalkan servis dengan teknisi AbangBenerin agar kerusakan dapat segera diatasi.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin