Siapkan Hal Ini Sebelum Melakukan Pemasangan AC di Rumah – Ingin pasang AC tapi tidak tahu haru mulai dari mana? Air Conditioner atau yang biasa disingkat AC merupakan alat yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Alat elektronik ini sudah menjadi kebutuhan ya bagi sebagian masyarakat Indonesia. Terlebih lagi jika mereka tinggal di daerah perkotaan atau daerah yang memang terkenal memiliki cuaca yang lebih panas dari tempat lain.

Baca Juga : Bongkar Pasang AC Rumah? Berikut Tipsnya

Meskipun kita tahu bahwa memasang AC akan berdampak pada biaya listrik yang lebih mahal, namun rasanya hal tersebut tidak menjadi masalah. Mengapa? Karena kita akan mendapatkan kenyamanan di dalam rumah dengan adanya AC. Jadi biaya listrik yang akan lebih mahal pun tidak menjadi halangan untuk melakukan pemasangan AC di rumah.

Apalagi sekarang beberapa merek AC telah mengeluarkan AC yang hemat listrik. Ini menambah minat masyarakat Indonesia untuk segera memasang pendingin ruangan di huniannya. AC yang hemat listrik tersebut juga dijual dengan harga terjangkau. Ini membuat minat untuk membeli AC semakin tinggi.

Perhatikan Ini Sebelum Pasang AC di Rumah

1. Siapkan Dana

Sebelum pasang AC di rumah, tentu hal pertama dan yang paling utama adalah menyiapkan dana terlebih dahulu. Tidak mungkin kamu berniat membeli AC namun tidak memiliki dana. Maka sampai kapan pun kamu tidak bisa membelinya. Lalu berapa dana yang harus kamu siapkan jika ingin membeli AC?

Baca Juga : Mau Pasang AC? Ini Dia Estimasi Biaya yang Kamu Butuhkan

Sebenarnya untuk besaran dana di sini tergantung merek dan jenis AC yang akan kamu beli. Seperti yang kamu tahu bahwa ada banyak AC yang beredar di luar sana. Semua AC tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli AC yang kamu inginkan. Tentunya pilihlah AC yang hemat listrik agar biaya listrik di rumahmu tidak terlalu membengkak.

2. Mengecek Daya Listrik

Setelah memiliki dana yang cukup, sekarang kamu perlu melihat berapa besar daya listrik yang ada di rumahmu. Terutama pada saat pertama kali menyalakan AC. Jika instalasi listrik di rumahmu sudah berusia 10 tahun, kami menyarankan agar kamu memanggil tukang listrik untuk melakukan pengecekan.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Dari sini kamu bisa memperkirakan apakah daya listrik yang ada di rumahmu tersebut sesuai dengan AC yang akan kamu pasang. Jangan sampai setelah adanya AC ini, rumahmu malah sering mengalami mati listrik mendadak karena daya listrik tidak bisa menopang besarnya dana AC atau ketika AC digunakan bersamaan dengan menyalakan TV, mesin cuci, dan lain-lain.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek AC Dengan Watt Terkecil

3. Perhatikan PK

Sebelum pasang AC, hal ketiga yang juga harus perhatikan yaitu tentang PK atau kapasitas AC. PK sendiri merupakan satuan yang menentukan kapasitas AC. Prinsipnya, pastikan bahwa AC yang akan kamu pasang nanti memiliki PK yang sesuai dengan ruangan tempat AC tersebut dipasang. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa semakin besar kapasitas atau PK pada AC, maka semakin cepat AC tersebut di dalam mendinginkan ruangan.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

Namun hal ini juga menyebabkan biaya listrik akan bertambah naik. Di bawah ini merupakan beberapa PK AC yang perlu kamu ketahui. PK ini didapatkan berdasarkan hasil dari BTU/h dengan menyesuaikan luas ruangan:

  • 1/2 PK = 5000 BTU/h, untuk ruangan 10 m2
  • 3/4 PK = 7000 BTU/h, untuk ruangan 14 m2
  • 1 PK = 9000 BTU/h, untuk ruangan 18 m2
  • 1 1/2 PK = 12000 BTU/h, untuk ruangan 18 m2
  • 2 PK = 18000 BTU/h, untuk ruangan 24 m2

4. Pilih AC yang Menawarkan Fitur Kesehatan

Saat ini AC hadir dengan beragam fitur canggih untuk memaksimalkan penggunaan AC maupun membuat penggunanya merasa nyaman. Salah satu fitur yang harus kamu pastikan ada di dalam AC yang akan kamu beli adalah fitur kesehatan. Beberapa fitur tersebut seperti plasmacluster, plasma filter, nanoe-g, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Jenis-Jenis AC Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Fitur kesehatan yang ada di dalam AC efektif untuk membunuh jamur, virus, termasuk bakteri. Memang semuanya tidak benar-benar 100% mati. Setidaknya 85% ruangan akan steril dari ketiganya. Jadi, pastikan kamu membeli AC yang sudah dibekali dengan fitur kesehatan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin