Kenali Perbedaan Jenis-Jenis AC Berikut Agar Tidak Salah Pilih – Banyak orang yang masih belum tahu bahwa Air Conditioner memiliki beberapa jenis. Perbedaan jenis jenis AC tersebut berbeda dari segi ukuran, bentuk, fungsi, dan tentu harganya.

Baca Juga : Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya!

blog-banner-bongkar-pasang

Untuk itu, kami akan membahas beberapa perbedaan jenis jenis dari pendingin udara tersebut sehingga kamu bisa menentukan kira-kira AC yang kamu gunakan sekarang termasuk jenis yang mana.

Agar Tidak Salah Pilih, Inilah Beberapa Jenis AC yang Harus Kamu Tahu!

1. AC Split Wall

Jenis AC yang harus kamu tahu akan kita mulai dari AC Split Wall. Pendingin udara jenis ini mempunyai daya listrik tidak lebih dari 800 watt. AC berjenis Split Wall memang termasuk yang paling banyak orang gunakan, baik di kantor, rumah, sekolah, dan di tempat-tempat lainnya. Salah satu alasannya karena AC tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis AC

Selain itu, untuk AC split wall terdapat dua jenis yaitu indoor dan outdoor. Adapun bagian yang tugasnya mengeluarkan hawa dingin yaitu indoor. Sementara tempat mesin AC adalah bagian outdoor. Sesuai dengan namanya, bagian outdoor biasanya terpasang di luar karena akan mengeluarkan hawa panas. Tidak jarang mengeluarkan suara bising.

2. AC Sentral

Jenis yang kedua bernama AC Sentral. AC ini banyak kamu temukan terpasang pada bangunan-bangunan besar seperti hotel, mall, dan beberapa tempat lainnya. Cara kerja AC sentral adalah mendinginkan ruangan atau satu bangunan pada cooling plant yang ada di luar. Kemudian udara yang telah dingin tersebut akan mengalir ke dalam bangunan atau ruangan tersebut. Maka dari itu, kamu akan sering menemukan AC sentral di hotel, mall, atau bangunan besar lainnya.

3. AC Standing Floor

Jenis AC yang ketiga bernama AC Standing Floor. Mungkin kamu pernah melihat AC ini namun tidak tahu nama atau jenis dari AC tersebut. Salah satu ciri yang khas adalah AC mempunyai bentuk indoor sendiri. Kamu juga bisa memindahkan AC tersebut ke tempat mana saja sesuai yang kamu inginkan. Untuk sistem pendinginnya ada di bagian dasar (bawah mesin).

AC Standing Floor akan mengeluarkan panas yang nantinya melewati ventilasi dinding paling luar. Kamu biasanya menemukan AC ini pada beberapa acara besar seperti pameran, pernikahan, rapat besar, dan lain-lain. Untuk kapasitasnya sendiri berkisar antara 1 sampai dengan 5 PK.

4. AC Inverter

Untuk AC yang satu ini mungkin kamu sering mendengarnya. AC Inverter merupakan sebuah inovasi yang memiliki kinerja lebih baik. Hal ini karena di dalam AC inverter terdapat sebuah sistem yang akan mengatur kerja dari kompresor sehingga mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kebutuhan. Maka tidak heran jika AC inverter memiliki harga yang lebih mahal jika kamu bandingkan dengan AC split wall.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

Ciri lain dari AC inverter adalah cara kerjanya. AC ini bekerja dengan cara mengubah arus listrik dari AC ke DC kemudian diubah lagi ke AC. Kelebihannya terletak pada sensor pengatur suhunya. Sensor tersebut secara otomatis akan mengatur suhu ruangan. Ketika suhu sudah dingin, maka sistem akan mengatur arus listrik sehingga menyebabkan putaran kipas menjadi lambat. Tentu saja ini akan membantu menghemat biaya listrik.

5. AC Cassette

AC yang kelima adalah AC Cassette. Kamu bisa menemui AC dalam bentuk indoor yang biasanya menempel pada plafon langit-langit pada sebuah ruangan. AC ini hadir dengan beberapa ukuran yang mulai dari 1,5 PK sampai dengan 6 PK. AC ini berbeda dengan jenis split wall yang bisa dipasang sendiri.

Kamu tidak bisa memasang AC cassette secara sembarangan. Hanya mereka yang berpengalaman dan memiliki keahlian khusus yang memang bisa memasang AC ini.

6. AC Window

Sebuah AC yang berbentuk kotak serta dioperasikan tanpa menggunakan remote. Hal ini karena beberapa tombol sudah tersedia dan terintegrasi dengan AC ini. AC Window hanya ada satu bagian sehingga tidak ada unit indoor maupun outdoor. Untuk ukurannya sendiri dimulai dari 0,5 PK sampai dengan 2,5 PK.

7. AC VRV

Jenis AC yang terakhir adalah AC VRV atau  Variable Refrigerant Volume. AC ini memiliki CPU serta kompresor inverter. Memiliki kemampuan yang sangat handal dalam hal efisiensi energi dibandingkan dengan pendingin udara jenis lainnya. Dengan menggunakan sistem VRV, membuat satu outdoor bisa digunakan lebih dari dua indoor. Kamu juga bisa mengatur jadwal temperatur sesuai keinginanmu.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Ini Dia Estimasi Biaya yang Kamu Butuhkan

Demikian jenis-jenis AC yang perlu kamu tahu agar kamu bisa membeli AC sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu melakukan bongkar pasang AC dengan AbangBenerin agar AC dapat terpasang dengan baik dan tidak menimbulkan efek buruk dalam jangka panjang.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin