Kamu Harus Tahu! Ini Dia Fakta Tentang Cuci AC – Sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, memiliki AC adalah sebuah kebutuhan. Terlebih lagi jika kamu tinggal di daerah yang memang memiliki panas yang cukup ekstrem dibandingkan dengan daerah lain. Misalnya kamu tinggal di daerah perkotaan atau pemukiman padat penduduk.

Baca Juga : Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC

Tentunya AC akan bermanfaat membantu memberikan kesejukan di rumahmu. Hadirnya AC  juga membuat kita selalu menghirup udara bersih. Akan tetapi, memiliki AC juga harus paham tentang kapan waktu terbaik untuk membersihkan AC.

Fakta Cuci AC yang Harus Kamu Tahu

Membersihkan AC seperti mencuci AC adalah sebuah keharusan untuk menjaga performa AC agar tetap memberikan kesejukan. Lalu kenapa kamu harus cuci AC? Apa fakta dibalik cuci AC tersebut? Berikut ini kami akan memberikan jawabannya.

Kenapa Harus Cuci AC Secara Rutin?

Kenapa kamu harus cuci AC secara berkala? Sebagai pengguna AC, kamu juga harus tahu betapa pentingnya membersihkan atau mencuci AC. Biasanya AC rutin dibersihkan atau dicuci selama 3 bulan sekali. Namun ini juga tergantung seberapa sering kam memakai AC tersebut untuk mendinginkan ruangan di rumahmu.

1. Menjaga Udara Tetap Bersih

Setiap orang pastinya membutuhkan dan menginginkan udara bersih. Jika kamu sampai menghirup udara kotor, maka akan berdampak pada kesehatanmu. AC juga berfungsi untuk menyaring partikel serta debu di udara. Dengan begitu, kamu akan selalu menghirup udara yang bersih dan kesehatanmu tetap terjaga.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Jika kamu rutin merawat AC, maka kamu akan terus mendapatkan pasokan udara yang bersih. Sebaliknya, jika kamu membiarkan debu dan kotoran menumpuk, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah pernapasan. Ini karena AC tidak mampu menjalankan tugasnya seperti biasa. Hasilnya, kamu akan selalu menghirup udara kotor dan lama-kelamaan akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

2. Menghindari Kebocoran AC

Bagi yang belum tahu, kotoran yang menumpuk pada evaporator bisa berubah menjadi lumut. Kemudian lumut tersebut akan menutupi saluran pembuangan AC. Ketika saluran pembuatan tertutup, tinggal menunggu waktu sampai terjadi kebocoran AC. Maka dari itu, mencuci AC memang diperlukan untuk menghindarkanmu dari kebocoran AC.

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

3. Menjaga Performa AC Agar Tetap Dingin

AC memang berfungsi mendinginkan ruangan. Akan tetapi, ketika debu dan kotoran sudah menumpuk di bagian filter mengakibatkan penyaring udara tersebut tidak bisa menjalankan tugas seperti biasanya. Ketika filter sudah tidak bisa lagi menampung kotoran karena jumlahnya sudah terlalu banyak, kotoran tersebut akan mulai jatuh dan menempel di pipa evaporator.

Baca Juga : Tips Mengatasi AC Rumah Tidak Dingin

Ketika pipa evaporator tersebut kotor, uap dingin tidak lagi bisa tersebar secara maksimal oleh fan atau kipas. Akibatnya, AC tidak mampu mengeluarkan udara dingin secara maksimal. Tidak heran jika ruanganmu akan tetap terasa panas meskipun kamu sudah mengatur AC pada suhu yang relatif rendah.

4. Menghemat Tagihan Listrik

Memang memasang dan menggunakan AC akan membuat biaya listrik meningkat. Namun kondisi ini juga berpengaruh terhadap kondisi dari pendingin ruangan yang kamu gunakan. Jika AC terlalu lama dibiarkan kotor, mesin pada AC tersebut harus bekerja lebih keras agar bisa menghasilkan udara dingin. Kondisi ini secara otomatis membuat AC membutuhkan suplai listrik yang lebih banyak dan pada akhirnya tagihan listrik pun akan membengkak.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

Maka dari itu, rutin membersihkan AC menjadi cara efektif menghemat penggunaan listrik. Biaya listrik yang kamu bayarkan nantinya tidak akan terlalu mahal. Berbeda ketika kamu membiarkan AC dalam kondisi kotor dan tetap kamu gunakan.

5. Membuat AC Awet dan Tahan Lama

Membiasakan diri untuk service AC akan membuat usia AC menjadi lebih tahan lama. Ketika kamu selalu tanggap dan langsung memperbaiki ketika AC bermasalah, maka AC tersebut akan bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama. Performanya akan tetap terjaga karena kamu langsung memperbaikinya.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

Demikian informasi dari kami tentang beberapa fakta seputar cuci AC. Kesimpulannya, cuci AC perlu Anda lakukan untuk membuat kebersihan AC tetap terjaga. Namun jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa meminta tolong jasa service AC yang terpercaya seperti AbangBenerin untuk segala permasalahan AC kamu.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin