Bongkar Pasang AC Rumah? Berikut Tipsnya – Memiliki AC rumah memang menguntungkan karena membuat ruangan kita menjadi sejuk. Meskipun begitu, kamu juga harus mengetahui kapan waktunya untuk mengecek kondisi AC. Terutama jika kamu memang sering menggunakan AC. Mengecek kondisi AC bukan hanya sekadar melihat dari luar. Namun di sini kamu perlu mengecek setiap komponennya. Selain itu, Anda memerlukan tips untuk bongkar pasang pada AC agar tidak terjadi kesalahan fatal pada pendingin udara Anda.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Ini Dia Estimasi Biaya yang Kamu Butuhkan

Tentunya hal ini berkaitan dengan bongkar pasang AC. Membongkar dan memasang AC tidak bisa dilakukan sembarangan. Ketika seseorang memasang maupun membongkar AC tanpa persiapan, ini hanya akan menimbulkan masalah pada AC. Bukan tidak mungkin AC-mu malah mengalami masalah yang tidak kamu inginkan seperti terjadinya kebocoran. Terjadinya kebocoran pada pendingin tidak jarang disebabkan karena pemasangannya yang tidak tepat.

Maka dari itu, ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan. Tips yang kami bagikan ini akan membantumu dalam proses pembongkaran dan pemasangan pendingin ruangan. Jadi, kamu bisa membongkar dan memasangnya dengan benar dan tidak sampai menimbulkan kerusakan pada komponennya.

Tips Penting Bongkar Pasang AC di Rumah

Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin bongkar pasang AC. Dengan memahami tips ini, kamu bisa melakukan servis AC dengan benar dan tidak sampai merusak komponen pada AC tersebut.

1. Pastikan Kamu Berpengalaman

Tips yang pertama dan paling utama adalah kamu harus memastikan bahwa kamu memang memilki pengalaman untuk melakukan bongkar dan pasang AC. Beberapa orang memutuskan untuk memasang maupun membongkar AC dengan tangan mereka sendiri. Padahal sebelumya mereka belum pernah melakukannya.

Bermodalkan niat, kemudian mereka tetap memasang AC tersebut. Akibatnya, mereka kesulitan harus mulai dari mana. Ketika tetap dipaksakan pun malah hasilnya bisa mengecewakan. Mungkin kita bisa membongkar AC tersebut. Namun ketika sudah waktunya memasang, kita kesulitan bagaimana cara memasangnya dengan benar.

Baca Juga : Tips Memilih Teknisi AC yang Tepat!

Maka dari itu, sebelum mulai proses bongkar pasang AC maka kamu harus memastikan apakah kamu sudah berpengalaman atau belum. Jika belum pernah memperbaiki AC, kami menyarankan kamu untuk menghubungi servis AC. Mintalah mereka untuk membongkar dan memasang AC di rumahmu. Ini akan lebih aman meskipun kamu harus mengeluarkan biaya.

2. Siapkan Alat

Jika kamu memang berpengalaman dalam urusan bongkar dan pasang AC, maka tips yang kedua adalah menyiapkan alat. Ingat, meskipun terkesan sederhana namun jangan mereka tips yang kedua ini. Menggunakan peralatan seadanya hanya akan membuat proses bongkar dan pasang AC menjadi kurang maksimal. Bahkan dikhawatirkan kamu malah merusak salah satu komponen AC.

Lalu apa saja peralatan yang kamu butuhkan? Beberapa peralatan tersebut yaitu:

  • Martil atau palu
  • Cutter pipa tembaga
  • Drill set
  • Paku beton
  • Obeng berbagai ukuran
  • Bor listrik. Jika perlu, kamu harus menyiapkan Drill Impact
  • Kunci L
  • Kunci inggris 10” dan juga 12”
  • Tang ampere
  • Flaring tool set
  • Monifol High and low set
  • Perak las tembaga
  • Alat las, ini digunakan untuk menyambungkan pipa tembaga
  • Tangga lipat alumunium

Kemungkinan masih ada alat-alat lainnya yang harus kamu siapkan. Kamu bisa meminta saran kepada orang lain yang memang berpengalaman membongkar AC. Tanyakan apakah ada alat lainnya yang memang perlu kamu siapkan. Dengan begitu, proses pembongkaran dan pemasangan AC menjadi maksimal karena semua alat yang kamu perlukan sudah tersedia.

Baca Juga : Apa yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan AC?

3. Proses Bongkar Pasang AC

Setelah menyiapkan semua peralatan yang kamu butuhkan, sekarang waktunya untuk bongkar pasang AC. Sebelum itu, ada beberapa hal yang penting untuk membuat proses pembongkaran dan pemasangan lancar yaitu:

  • Selalu gunakan pengaman seperti helm maupun safety belt jika ini berkaitan dengan risiko ketinggian
  • Kami menyarankan agar kamu menggunakan sarung tangan karet dan juga alat kaki
  • Pastikan listrik sudah kamu matikan dan berhati-hati ketika melepaskannya
  • Ketika proses pemasangan maupun pembongkaran AC, lakukan dengan hati-hati. Jangan terburu-buru agar tidak ada bagian yang rusak

Demikian informasi mengenai apa saja tips bongkar pasang AC yang harus kamu ketahui. Memang, untuk membongkar AC membutuhkan peralatan serta memerlukan keterampilan. Karena itu, lakukan bongkar pasang dengan jasa teknisi AC profesional AbangBenerin. Anda hanya perlu memesan tanpa harus mempersiapkan segala sesuatunya sendiri.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin