Remote AC Tak Berfungsi? Apa Saja Penyebabnya? – Selain kerusakan pada unit AC, gangguan lain yang umum terjadi adalah pada remote AC yang tidak berfungsi. Ada banyak faktor mengapa remote AC tidak berfungsi dengan baik saat akan digunakan. Untuk itu, kami akan menjelaskan penyebab mengapa remote AC tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Atur Remote AC Dengan Benar Agar Lebih Dingin dan Nyaman

Selengkapnya ada di bawah ini!

Fungsi Remote AC

Untuk menjalankan dan mengatur pendingin udara, kita memerlukan remote AC sebagai perantara serta sebagai pemberi instruksi pada pendingin udara untuk menyesuaikan mode sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya, untuk menaikkan atau menurunkan suhu, mengubah mode fan, menghentikan swing atau daun AC untuk bergerak dan berhenti di posisi tertentu, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Remote AC sendiri biasanya sudah termasuk dalam unit AC saat kita membeli tanpa haru mendapatkan secara terpisah. Namun terkadang, remote yang tidak berfungsi memaksa kita untuk membeli atau menggunakan remote AC lainnya yang sifatnya universal dan kemudian diubah mode nya menyesuaikan merk atau jenis AC yang kita gunakan.

Dengan ponsel atau gawai pintar, kita juga bisa membuat AC yang sesuai dengan merk AC yang kita gunakan. Misalnya merk Sharp, Samsung, maupun LG. Jadi, kita tidak perlu membeli AC yang baru, melainkan mengunduh aplikasi remote dengan bebas dan gratis di app store ponsel.

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa faktor mengapa remote AC tidak berfungsi dengan baik atau tidak merespon dengan baik saat Anda gunakan. Penyebab tersebut antara lain:

1. Baterai Remote AC Habis

Penyebab paling klasik adalah baterai yang terpasang pada remote AC sudah habis daya dan memerlukan penggantian. Habisnya daya baterai sangat umum terjadi, terlebih jika kita menggunakan AC setiap harinya dan terkadang lupa mengecek apakah baterai perlu Anda ganti atau tidak.

Remote AC ternyata memberi tanda apabila baterai sudah hendak habis daya. Seperti layar remote AC yang meredup, layar remote AC yang sering berkedip atau warna yang memudar, hingga mati total tanpa tanda apapun.

Baca Juga : Remote AC Tidak Berfungsi? Kenali Penyebabnya

Ingat kapan terakhir kali Anda memasang atau mengganti baterai pada remote AC dan segera ganti baterai yang sudah habis daya pada remote AC dengan baterai yang baru. Sesuaikan daya baterai dengan daya yang remote AC perlukan agar dapat bekerja dengan baik.

2. Kerusakan Inframerah Remote AC

Penyebab atau faktor selanjutnya adalah kerusakan bagian inframerah pada remote AC Anda. Jika Anda sudah mengganti baterai namun remote AC masih tidak berfungsi, maka bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian inframerah remote. Tanda kerusakan sendiri apabila lampu LED tidak menyala setelah mengganti baterai. Ini dapat menjadi indikasi bagian inframerah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Jenis-Jenis AC Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Kegagalan fungsi atau kerusakan pada inframerah AC yang menyebabkan tidak terkirimnya data dari remote menuju unit AC. Inilah yang membua remote AC tidak berfungsi dengan baik. Jika terjadi masalah pada inframerah, maka Anda perlu mengganti remote AC yang lama dengan unit remote AC yang baru untuk menyalakan AC.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan remote AC yang tersedia pada aplikasi ponsel dengan mendownload terlebih dulu aplikasinya dan menyesuaikan dengan merk atau jenis AC yang Anda gunakan.

3. Gangguan Sensor AC

Penyebab ketiga yakni adanya gangguan atau sensor AC bermasalah. Apabila Anda telah mengecek keseluruhan remote AC dan ternyata masih bekerja dengan baik, mungkin masalah ada pada unit AC, atau lebih tepatnya bagian sensor AC.

Penyebab rusaknya sensor AC juga sangat beragam, seperti sensor terkena air pada saat pendinginan, debu atau kotoran yang menempel pada socket, kendornya bagian socket sensor, serta usia pemakaian yang sudah terlalu lama.

Baca Juga : Kesalahan Fatal Saat Mengoperasikan AC

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan pengecekan dan perawatan AC secara berkala dan rutin sehingga berbagai kemungkinan kerusakan dapat segera Anda atasi.

4. Gangguan PCB Modul

PCB modul adalah suatu komponen utama yang berfungsi mengontrol seluruh proses pendinginan yang terjadi pada AC. Termasuk menyalakan dan mematikan unit AC dengan remote.

Apabila remote AC mengalami masalah, mungkin karena PCB modul juga mengalami gangguan atau error. Terdapat beberapa penyebab error pada PCB modul. Permasalahannya seperti terkena tegangan terlalu tinggi atau terlalu rendah – voltase listrik tidak stabil, korsleting, atau adanya komponen yang terbakar.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin