Atur Remote AC Dengan Benar Agar Lebih Dingin dan Nyaman – Menjelang musim panas atau musim kemarau seperti ini, beberapa wilayah di Indonesia sudah lebih dulu merasakan hawa panas. Indonesia sebagai negara tropis memang mempunyai hawa panas yang cukup ekstrem, terutama di daerah-daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Baca Juga : Remote AC Tak Berfungsi? Ini Penyebabnya

Untuk mengatasi panas tersebut, kita menggunakan pendingin udara maupun kipas angin. Untuk pengguna AC, tentu kita akan menyesuaikan suhu dan pemakaian pendingin udara sesuai dengan suhu yang ada. Pada artikel kali ini, kami akan memberi informasi mengenai cara mengatur remote atau unit AC agar menghasilkan dingin yang optimal dan nyaman.

Suhu Tepat pada AC

Untuk Anda yang baru memiliki AC, mengatur remote atau unit pendingin ruangan menjadi tugas tersendiri, terlebih jika kita tidak pernah menggunakan AC sebelumnya. Jangan khawatir, kami akan membagikan beberapa informasi yang tepat untuk masalah ini.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

Seringkali kita bingung bagaimana mengoptimalkan AC agar angin atau udara yang keluar dapat dingin namun juga tidak mengeluarkan daya listrik yang terlalu banyak, atau kita seringkali bingung bagaimana mengatur suhu AC paling dingin.

Perlu Anda ketahui, selain mengatur suhu pada remote AC, hawa sejuk dapat keluar maksimal apabila unit AC sering Anda bersihkan atau service secara rutin. Pembersihan pendingin ruangan sendiri meliputi pembersihan filter, bagian outdoor AC, dan bagian-bagian lainnya yang menjadi tempat di mana jamur dan kotoran menumpuk.

Baca Juga : Semakin Rendah Suhu AC, Tagihan Semakin Besar? Ini Faktanya!

Untuk itu, sangat perlu bagi Anda untuk mengatur jadwal pembersihan dan service AC agar pendingin udara dapat bekerja dengan optimal dan efisien, terlebih di musim panas seperti sekarang ini. Kembali ke pengaturan suhu, di bawah ini kami akan jelaskan bagaimana mengatur suhu AC paling dingin untuk Anda para pengguna pendingin udara. Simak lebih lanjut, ya!

Mengatur AC agar Dingin Maksimal

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan pada remote agar menghasilkan suhu yang optimal pada pendingin ruangan Anda. Antara lain:

a. Memastikan Setting Mode Remote pada Posisi Cool atau Tanda Bintang

Cara pertama yaitu adalah memastikan bahwa remote AC Anda sudah Anda atur pada mode setting cool atau biasanya dengan simbol berbentuk bintang atau kepingan salju. Mode setting ini akan memaksimalkan hawa dingin yang keluar pada unit AC.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Tanda bintang atau cool sendiri adalah pengaturan pendinginan ruangan. Jadi, udara yang keluar dari AC tidak hanya angin seperti pada kipas, tapi juga mengeluarkan hawa dingin yang dapat menyejukkan ruangan.

b. Swing Terus Bergerak

Pengaturan kedua yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan hawa dingin dari AC adalah mengatur swing untuk terus bergerak. Swing merupakan bagian tipis atau daun AC yang akan membuka dan menutup saat AC dinyalakan atau dimatikan.

Tujuan pengaturan swing tersebut adalah agar daun atau swing pendingin udara terus bergerak tiap waktu atau dalam jangka waktu tertentu dan menyebarkan hawa dingin dengan rata ke seluruh ruangan atau area dimana AC dipasang.

Pengaturan swing juga membuat ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk dalam waktu yang lama dan maksimal. Cara mengatur swing ini dapat dilakukan melalui remote AC yang Anda miliki, yakni menekan pada tombol swing atau fan sweep. Dengan tombol tersebut, Anda juga dapat mengatur kemiringan swing atau daun AC. Cara ini bertujuan untuk sedikit menutup atau lebih terbuka tanpa harus bergerak secara terus-menerus.

c. Setting Suhu pada Suhu Tertentu

Cara ketiga yaitu dengan mengatur suhu pada remote AC Anda. Perlu Anda perhatikan bahwa pengaturan suhu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau tingkat kepanasan pada area. Suhu yang terlalu rendah dapat membuat hawa dingin yang berlebihan. Hal ini membuat beberapa komponen rusak jika terus Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Suhu terendah dari AC adalah 16 derajat Celcius. Anda dapat menyetel suhu pada suhu tersebut apabila ruangan benar-benar panas atau pendingin udara harus mengeluarkan hawa dingin pada ruangan yang penuh orang.

Untuk pemakaian dalam kamar atau ruangan yang cenderung kecil, Anda dapat mengartur AC pada suhu antara 19 derajat Celcius hingga 16 derajat Celcius. Suhu tersebut sudah mampu mendinginkan ruangan dengan optimal dalam jangka waktu yang lama. Atau bisa juga dengan mode auto, dimana AC akan dengan cepat menyesuaikan pendinginan sesuai dengan suhu yang ada. Jika sensor AC merasa udara di dalam ruangan sudah cukup dingin, maka kipas atau suhu akan sedikit lebih hangat. Sebaliknya, jika sensor merasakan udara sedikit panas, maka AC akan kembali pada mode dingin.

d. Mengatur Kipas Fan pada Pengaturan Penuh

Cara terakhir yakni dengan mengatur kipas atau fan pada AC. Anda dapat mengatur RPM kipas fan pendingin udara pada posisi maksimal. Hal ini bertujuan agar hawa sejuk dapat merata ke seluruh ruangan dengan optimal.

Baca Juga : Penyebab Outdoor AC Mati dan AC Tidak Dingin

Pada beberapa orang, mode ini akan sedikit mengganggu karena hembusan angin dari AC terlalu kencang. Sesuaikan penggunaan dengan kebutuhan Anda, ya!

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin