Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es – Penggunaan AC sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak masyarakat Indonesia.  Terutama jika kamu tinggal di pemukiman padat penduduk dengan kondisi udara yang lebih panas dibandingkan tempat lain. Namun ketika menggunakan AC, ada beberapa masalah yang kerap muncul. Terutama jika AC tersebut hanya sekadar digunakan tanpa pernah dilakukan perawatan.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Beberapa permasalahan yang biasanya terjadi pada AC antara lain kebocoran, suara berisik, sampai pipa AC yang mengeluarkan es atau membeku. Masih ada beberapa masalah lainnya yang mana antara satu AC dengan AC lainnya berbeda.

Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

Salah satu masalah AC yang  umum terjadi adalah pipa AC membeku. Kondisi ini pastinya membuat orang panik, apalagi ketika mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa servis AC untuk memperbaiki masalah tersebut. Meskipun begitu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi pipa AC yang beku tersebut.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

Meskipun nanti bukan kamu sendiri yang memperbaiki AC tersebut, setidaknya kamu tahu apa saja penyebabnya dan teorinya seperti apa. Terlebih lagi jika kamu malah memperbaikinya sendiri karena kamu yakin bisa.

1. Pemasangan Pipa yang Tidak Tepat

Penyebab pipa AC beku adalah karena pemasangan pipa yang tidak tepat. Ini merupakan hal pertama yang seharusnya kamu lakukan ketika ingin servis AC sendiri. Mengapa? Karena terkadang banyak orang yang meremehkan pemasangan pipa atau komponen lainnya. Kemungkinan mereka berpikir bahwa mereka sudah memasang pipa dengan benar sehingga tidak perlu dilakukan pengecekan lagi.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Padahal seharusnya pipa tersebut harus tetap dicek apakah pemasangannya sudah benar atau belum. Jika ternyata instalasinya pipa tidak tepat, bisa menyebabkan pipa AC beku. Jika sudah terjadi, kamu  bisa membongkar  dan merapikannya kembali. Namun sebaiknya kamu bisa minta tolong tukang servis AC jika kamu tidak yakin bisa memperbaikinya sendiri.

2. Kebocoran pada Freon

Penyebab pipa AC beku juga karena adanya kebocoran di bagian freon. Kondisi seperti in umumnya terjadi karena flaring pipa tidak rapi. Penyebab lainnya juga bisa karena pemutaran baut yang tidak rapi atau bahkan pipa mengalami korosi. Lalu bagaimana solusinya?

Baca Juga : Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Isi Freon

Di sini kamu perlu mengatasi kebocoran pada pipa terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengisi freon dan pastikan mengisinya dengan takaran yang sudah tepat. Jika ternyata kebocoran freon sudah tinggi, kami menyarankan agar kamu tidak menggunakan AC terlebih dahulu agar udara di dalam sistem bisa keluar. Yang tidak kalah penting, lakukan servis dan pengecekan secara rutin.

3. Sistem AC Indoor maupun Outdoor yang Kotor

AC bermasalah tidak jarang karena oleh pengguna AC yang tidak memperhatikan kondisi pendingin ruangan tersebut. Banyak dari mereka yang hanya sekadar membeli AC kemudian menggunakannya tanpa tahu kapan AC tersebut harus diservis. Maka dari itu, sangat penting merawat AC baik unit indoor maupun outdoor.

Kamu perlu melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen seperti kompresor, evaporator, pipa, blower, filter, dan lain-lain agar kualitas AC tetap terjaga. Jika kamu mengabaikan komponen-komponen AC, tinggal menunggu waktu sampai AC di rumahmu bermasalah. Salah satu masalah tersebut adalah pipa AC yang beku.

Baca Juga : Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Maka dari itu, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen tersebut. Pastikan semuanya dalam kondisi bagus dan tidak ada masalah. Dengan begitu, AC di rumahmu bisa awet dan bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama.

4. Kipas Blower Bermasalah

Penyebab lainnya adalah karena kipas blower yang tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini kemudian membuat pipa AC beku karena freon sudah terkompresi sehingga tidak bisa menyerap panas dengan maksimal. Solusinya adalah kamu harus mengecek kipas blower dan lihat apakah ada masalah atau tidak.

Baca Juga : Penyebab Hembusan AC Kurang Kencang

Dengan memperbaiki kipas blower yang bermasalah, maka sirkulasi udara yang ada di sekitar evaporator dapat berfungsi dengan baik. Jadi, pipa AC tidak akan membeku dan mengeluarkan bunga es. Namun sekali lagi, jika kamu tidak bisa mengatasi masalah ini, silakan menghubungi jasa servis AC terpercaya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin