Penyebab Hembusan AC Kurang Kencang – Seringkali ketika sedang membutuhkan suasana yang sejuk dan suhu ruangan yang dingin, namun AC justru tak mampu melakukannya dengan optimal. Bahkan, hembusan AC terasa sangat pelan, sehingga proses pengaturan suhu menjadi terasa lebih lama. Apa saja yang menyebabkan hembusan AC menjadi kurang?

Tentunya, juga ada banyak hal yang menjadi dampak dari kurang kencangnya hembusan dari AC tersebut. Hembusan AC yang kurang kencang bisa karena banyak hal, dan rata-rata karena komponen di dalamnya ada yang sudah bekerja tidak optimal. Itu berarti, sudah waktunya untuk service AC, atau pembersihan.

Setidaknya ada dua penyebab utama kenapa hembusan AC menjadi kurang kencang. Faktor pertama adalah karena jarangnya melakukan perawatan, service AC, pembersihan atau cuci AC secara rutin dan berkala. Akibatnya, ada banyak kotoran di dalam AC yang menjadi kotor. Sedangkan faktor kedua adalah usia dari AC tersebut yang sudah cukup tua, sehingga komponen-komponennya bekerja kurang optimal.

Komponen yang kotor

Penyebab pertama karena kurang perawatan, cuci dan pembersihan, serta service AC secara berkala. Akibatnya komponen di dalamnya kotor, dengan banyak tumpukan debu dan sebagainya.

Bagian pertama yang sering menjadi tempat tumpukan debu, lendir, cairan, jamur, bakteri dan sebagainya adalah evaporator. Evaporator yang kotor menjadikan perputaran kipas fan menjadi lebih lambat, bahkan cenderung semakin memelan dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Service AC, apabila evaporatornya kotor adalah service besar untuk mengembalikan evaporator menjadi seperti semula, serta bekerja dengan optimal lagi. Untuk menghindari masalah ini, coba terus lakukan pembersihan dan service AC secara rutin.

Selain evaporator, bagian lain yang sering menjadi tumpukan debu dan kotoran adalah baling-baling kipas. Tumpukan kotoran di baling-baling kipas akan menjadikan baling-baling tersebut menjadi lebih berat. Hasilnya, motor dinamo menjadi lebih berat bekerja untuk memutarnya. Maka yang akan terjadi kemudian adalah kinerja menjadi semakin pelan, yang berakhir dengan hembusan angin dari AC juga menjadi memelan. Seperti sebelumnya, apabila masalah sudah muncul seperti ini maka harus melakukan service besar atau istilah lainnya over houl indoor unit. Pembersihan secara rutin sangat Anda perlukan untuk menghindari dua masalah di atas.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Usia AC sudah tua

Masalah lain biasanya karena AC sudah berusia lebih dari 10 tahun. Maka kinerjanya akan semakin berkurang. Pertama, biasanya motor dinamo yang melemah. Karena motor dinamo melemah, maka putaran kipas baling-baling juga melemah. Hasilnya adalah hembusan angin menjadi lebih lemah juga.

Untuk masalah ini, mungkin bisa melakukan pergantian pada motor dinamo, atau service pada komponen tersebut.

Baca Juga : Kapan Kita Harus Ganti AC Baru?

Selain itu, bagian yagn cepat melemah karena usia dan penggunaan adalah kapasitor fan. Kapasitor yang menempel di modul PCB ini tentunya mengubah arus listrik menjadi tenaga untuk menggerakkan motor dinamo.

Ketika tenaga kapasitor fan ini melemah, maka bisa jadi motor dinamo juga akan melemah. Bila ini masalahnya, maka cara service AC ini adalah mengganti kapasitor tersebut.

Baca Juga : Beli AC Baru atau Bekas, ya? Simak Tipsnya

Demikian ulasan terkait penyebab hembusan angin AC menjadi pelan dan lemah sehingga sulit untuk mendinginkan ruangan. Tapi, sebelum Anda mengundang petugas service AC ke rumah Anda, coba cek dulu pengaturan kecepatan kipasnya. Siapa tahu, justru Anda sendiri yang mengatur kecepatan kipasnya di tempat yang terendah.

Apabila hal itu terjadi, wajar saja kalau kecepatan kipas fan menjadi sangat lemah. Bila ternyata masalahnya ini, Anda tentunya bisa menaikkan kecepatan kipas fan di remot Anda dan tidak perlu menghubungi teknisi service AC.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Pengecekan terhadap kerusakan seperti yang dipaparkan sebelumnya tentunya hanya terjadi apabila pengaturan kecepatan kipas fan memang cukup cepat, namun beroperasi terlalu lambat. Apabila ternyata masalahnya bukan di situ, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memanggil teknisi service AC dan melakukan perbaikan.

Rata-rata perbaikan yang dimaksud adalah jenis perbaikan atau pencucian besar, yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ditambah lagi dengan pembelian komponen yang baru juga memerlukan dana yang besar. Jadi, sebelum akhirnya Anda harus merogoh kocek dengan biaya yang cukup besar, maka proses pembersihan AC harus dilakukan secara rutin. Itu yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari service besar terhadap AC Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin