Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi – AC kondensasi bisa menjadi hal yang tidak umum pada pendingin ruangan. Kondensasi atau pengembunan adalah proses ketika udara berubah menjadi air atau es. Jika hal tersebut ditemui pada pendingin udara atau AC, tentu bukan hal yang normal karena pada umumnya AC itu mengeluarkan udara dan tidak menghasilkan air pada outputnya. Namun sisa pembungan masih memungkinkan jika ada air dalam jumlah yang normal.

Namun AC kondensasi tetap menjadi sebuah masalah karena merupakan ketidaknormalan. Pendingin ruangan yang wajar tidak sampai mengeluarkan air dalam ukuran yang banyak dan seharusnya tidak terlalu sering. AC yang mengalami kondensasi juga mengindikasikan adanya kerusakan pada bagian tertentu pada komponen unit AC yang perlu untuk segera diperbaiki. Kondensasi pada AC tidak bisa dibiarkan karena dapat membuat pendingin ruangan anda bekerja tidak maksimal.

Lalu kira-kira apa, sih penyebab AC bisa mengalami kondensasi? Jangan keburu panik. Kenali beberapa alasan dan penyebab dari kondensasi pada pendingin ruangan ini agar anda bisa mengatasinya dengan cara yang benar.

Penyebab AC Mengalami Kondensasi

Supaya anda bisa mengatasi masalah pada pendingin ruangan yang bermasalah, pahami dan ketahui beberapa penyebab dari pendingin ruangan yang mengalami kondensasi ini.

1. Perubahan Suhu pada Pipa AC

AC kondensasi salah satunya disebabkan oleh perubahan suhu yang terjadi pada pipa AC. Memasuki musim hujan seperti ini, pipa AC akan mengalami perubahan suhu yang cukup signifikan. Perubahan tersebut menyebabkan terjadinya pengembunan atau kondensasi pada pendingin ruangan anda. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam sistem pipa dengan suhu di bagian sekitar luar pipa. Apalagi ketika musim penghujan, suhu menjadi jauh lebih rendah yang sangat berpengaruh pada kondensasi di pendingin ruangan anda.

Namun anda tidak perlu khawatir. Ada solusi yang bisa anda terapkan jika pendingin ruangan anda mengalami hal ini. Untuk mengentrol kondensasi pada pipa pendingin ruangan, anda bisa mengganti armaflexnya. Armaflex adalah isolasi pipa AC yang berfungsi untuk mengontrol kondensasi dan juga berfungsi sebagai proteksi suhu bagi pipa pendingin ruangan atau AC anda. Pada saat pemasangat armaflex, hindari adanya celah pipa dengan armaflex dan sebaiknya dilapisi dengan duct tape yang kuat.

2. Refrigerant Overcharge

Refrigerant juga sering mengalami trobel ketika musim penghujan. Biasanya refrigerant tidak mencair dan menyebabkan terjadinya refrigerant overcharge. Refrigerant pada pendingin ruangan atau AC merupakan cairan yang mengalir ke dalam sistem AC dan berfungsi untuk menyerap udara panas pada ruangan, sehingga suhu di dalam ruangan tersebut menjadi bersuhu dingin atau renah. Dampak dari refrigerant overchange yakni menyebabkan tetes embun pada katup layanan dan akan menetes ke bawah. Kelebihan dari refrigerator itu akan menempati ruang kondensor sehingga refrigerant mengalami overcharge dan terjadi kondensasi.

Untuk penyebab yang satu ini, solusinya pun cukup sederhana. Anda dapat mengatasi refrigerant overcharge dengan melakukan pengisian Freon sesuai dengan standar tekanan yang dibutuhkan dan melakukan pemeriksaan refrigerant secara rutin.

Merawat AC agar Kondensasi Terkendali

AC kondensasi bisa menjadi hal yang di luar kendali. Namun bukan berarti anda bisa membiarkan hal tersebut terjadi terus-menerus. Anda perlu melakukan beberapa hal ini supaya pendingin ruangan anda tetap normal meski terjadi kondensasi.

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin Ketika Musim Penghujan

Ketika dari musim panas ke musim penghujan, biasanya pendingin ruangan khususnya unit outdoor akan mengalami perubahan suhu juga. Oleh karena itu agar tidak terjadi bunga es ataupun kondensasi pada pipa maupun unit outdoor, anda perlu melakukan pemeriksaan mandiri pada pendingin ruangan anda. Semakin dini anda mendeteksi kerusakan, semakin mudah anda memulihkannya.

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

2. Menggunakan Jasa Teknisi Profesional

Bila anda ingin pendingin ruangan memperoleh perawatan maksimal, menggunakan jasa teknisi professional bisa jadi jawaban yang tepat. Anda bisa sekaligus berkonsultasi dan melakukan control lengkap terhadap pendingin ruangan anda.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih Teknisi AC Ini Tips Memilihnya

AC kondensasi memerlukan penanganan yang tepat dan terarah agar tidak menyebabkan dampak serius lainnya. Sebelum kerusakan merembet ke komponen AC lainnya, sebaiknya anda melakukan perawatan rutin pada AC anda minimal 3 bulan sekali dengan Abang Benerin. Sudahkan anda merawat pendingin ruangan anda dengan benar?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin