Kebiasaan Ini Dapat Merusak AC Lebih Cepat! – Kamu memiliki AC di rumah? Ingin AC di rumahmu berumur panjang? Penggunaan AC di era sekarang sudah tidak terelakkan lagi. Apalagi sekarang suhu di Indonesia sepertinya semakin panas. Apalagi di beberapa daerah diketahui suhunya lebih panas dibandingkan dengan daerah lain. Untuk mendinginkan ruangan terkadang tidak cukup banyak menggunakan kipas angin.

Solusinya adalah dengan memiliki AC. Penggunaan AC memang sangat efektif untuk mendinginkan ruangan. Biasanya AC dipasang di kamar maupun tempat kerja untuk memberikan kenyamanan selama beraktivitas di tempat tersebut. Meskipun begitu, ketika menggunakan AC kamu juga harus menggunakannya secara bijak agar tidak merusak AC.

Jangan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menurutmu sederhana. Akan tetapi, kebiasaan tersebut malah bisa merusak AC baik AC rumah maupun kantor.  Ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari malah membuat AC cepat rusak.

Apa Saja Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan AC Rusak?

Di bawah ini merupakan beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari ketika menggunakan AC. Dengan begitu, AC bisa digunakan dalam jangka waktu lama karena tidak mudah rusak.

1. Mengatur Suhu Terendah dengan Kecepatan Kipas Maksimal

Untuk kebiasaan yang satu ini sudah sering dilakukan. Mungkin juga kamu termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan tersebut. Ketika kamu mengatur suhu AC berada pada angka terendah yaitu 16 derajat celcius dengan kecepatan kipas maksimal, maka ini akan berbahaya pada kompresor.

Baca Juga : Mengatur Remote AC Dengan Benar Supaya Dinginnya Maksimal

Alasannya karena kompresor akan bekerja secara terus-menerus. Akibatnya, kompresor juga akan cepat mengalami kerusakan. Bahkan kebiasaan ini juga bisa akan memakan banyak daya. Maka dari itu, jangan atur suhu AC pada angka terendah. Selain itu, kecepatan kipas kompresor juga harus kamu perhatikan.

2. Menyalakan AC Ketika Listrik Baru Nyala

Tentunya kita tidak bisa menghindari yang namanya listrik mati atau pemadaman listrik. Ini berlangsung secara tiba-tiba. Mungkin kamu juga dalam kondisi AC menyala dan tiba-tiba listrik mati. Namun kamu memperhatikan bahwa jangan pernah langsung menyalakan AC sesaat setelah listrik kembali menyala.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Memang hal ini terkesan sepele. Namun dampaknya bisa cukup berbahaya, terutama untuk kompresor. Kompresor akan langsung bekerja secara mendadak ketika kamu langsung menyalakannya. Maka dari itu, silakan memberi jeda selama beberapa menit dan baru kamu bisa menyalakan AC kembali.

3. Tidak Mematikan AC

Kebiasaan lain yang sangat sederhana namun bisa menyebabkan AC rusak adalah tidak mematikan AC. Mungkin kamu terlalu nyaman berada di ruangan ber- AC. Hal ini membuatmu tidak ingin mematikan AC karena jika kamu matikan, maka ruangan tersebut akan terasa panas. Bahkan kamu tahu dan tidak masalah meskipun biaya listrik akan membengkak karena kebiasaan ini.

Baca Juga : Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC di Rumah

Akan tetapi, masalah yang sebenarnya bukan berkaitan dengan pembengkakan biaya lisrik. AC yang tidak kunjung kamu matikan bisa mengakibatkan komponen pada AC cepat rusak. Sekadar informasi bahwa waktu maksimal penggunaan AC untuk setiap hari adalah 8 sampai dengan 9 jam. Jangan sampai melebihi waktu tersebut agar AC tidak mudah rusak.

4. Merokok Ketika AC Menyala

Kamu termasuk perokok aktif? Terkadang ada beberapa perokok yang merokok di mana saja tanpa memandang tempat. Termasuk merokok di ruangan ber- AC. Bagi yang pernah melakukannya, asap rokok tersebut mengandung karbon dioksida atau CO2. Zat inilah yang berbahaya dan bisa mengganggu orang-orang di sekitar.

Baca Juga : Tips Merawat AC Supaya Awet

Yang tidak kalah berbahaya adalah hawa panas yang ditimbulkan rokok tersebutkan bercampur dengan gas freon. Inilah yang berpotensi menyebabkan kematian. Jadi, jangan sekali-kali kamu merokok di tempat di mana AC dalam kondisi menyala.

5. Mengatur AC dalam Kondisi Heat

Terkadang orang tidak menyadari mana ikon heat dan mana untuk cool karena pada dasarnya ikon ini hampir tidak ada bedanya. Akibatnya banyak orang salah pencet. Tombol heat berfungsi untuk mengeluarkan udara sehingga ruangan menjadi hangat. Sementara tombol cool untuk membuat ruangan menjadi dingin. Kami sarankan agar kamu tidak terus mengatur AC dalam kondisi heat karena kebiasaan ini bisa membuat AC rusak.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

6. Kotoran pada AC

Jangan lupa untuk sering membersihkan AC secara rutin. Kotoran AC yang menumpuk juga bisa mengakibatkan AC cepat rusak. Bahkan berpotensi menjadi sarang kuman. Maka dari itu, pastikan AC terbebas dari debu dan kotoran.

Baca Juga : Alat Yang Diperlukan Untuk Membersihkan AC

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin