Penyakit Dari AC Kotor? Memang Bisa? – Anda merasa mulai gampang sakit padahal kegiatan sangat minim dan jarang keluar rumah? Atau merasa udara di sekitar Anda mulai tidak sehat? Mungkin hal tersebut menjadi pertanda bahwa pendingin udara Anda kotor dan memerlukan tindakan pembersihan.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

Tapi, apa hubungannya dengan kesehatan?

Ternyata, AC yang kotor dapat berdampak secara tidak langsung pada kesehatan tubuh kita, loh! Penasaran? Atau justru nggak percaya? Yuk, simak artikel di bawah ini!

AC yang Kotor dan Kesehatan

AC atau pendingin udara, selain berfungsi menyejukkan ruangan ternyata juga berperan menyaring udara di sekitar Anda. Beberapa jenis AC juga lengkap dengan filter nano yang memungkinkan AC mengganti udara kotor dengan udara bersih selama pendingin udara dinyalakan. Jadi, AC dapat membantu menyehatkan udara serta menyehatkan Anda sebagai penggunanya.

Dalam unit AC terdapat filter yang berguna untuk menyaring udara dari kotoran, bakteri, jamur dan berbagai parasit lain yang mungkin terangkut melalui udara. Jika filter ini kotor, maka dapat mempengaruhi kualitas udara yang dialirkan oleh pendingin ruangan.

Baca Juga : Haruskah Filter AC Rumah Diganti?

Selain kotoran, ternyata bakteri dan jamur dapat menumpuk di bagian filter dan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Bayangkan, kita menghirup efek dari jamu dan bakteri yang mungkin dapat memperburuk kondisi saluran pernapasan dan menciptakan penyakit lainnya. Maka dari itu, cuci AC harus dilakukan secara rutin untuk mencegah penyakit muncul akibat AC yang kotor.

Penyakit Akibat AC Kotor

Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada Anda saat membiarkan AC yang kotor terus bekerja. Antara lain:

a. Gangguan Saluran Pernapasan

Gangguan kesehatan yang satu ini paling terasa dari AC yang kotor. Meski AC terus bekerja dengan baik dan menyalurkan udara sejuk, tidak berarti AC tetap dalam kondisi bersih dan prima. Anda harus merawat dengan melakukan cuci AC secara rutin.

Baca Juga : Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC

Filter AC yang penuh dengan kotoran, bakteri dan jamur sangat mungkin menyebabkan gangguan saluran pernapasan, terutama pada anak-anak, orang lanjut usia, maupun mereka yang alergi dengan debu atau bakteri tertentu.

Jika AC yang kotor dibiarkan begitu saja, jamur dan bakteri dapat menyalurkan berbagai mikroorganisme yang menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan penyakit lainnya. Selain itu, bulu hewan peliharaan yang juga menumpuk pada filter dapat memperparah alergi yang tentu mengganggu saluran pernapasan.

Lakukan cuci AC setidaknya enam bulan sekali, atau setiap tiga bulan sekali untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan dan sering merokok di dalam ruangan agar filter selalu bersih tanpa menyalurkan mikroorganisme berbahaya lainnya.

b. Kulit Kering

Kulit kering tidak hanya mengganggu untuk para perempuan, namun laki-laki juga dapat mengalami kulit kering yang sangat mengganggu. Berkegiatan di dalam ruangan berpendingin tentu menyenangkan dan sangat nyaman, namun sebagai gantinya, Anda akan dihantui kulit kering akibat kurang kelembapan, terlebih jika Anda jarang mengonsumsi air putih dengan cukup.

Kulit kering hingga bersisik dapat menjadi sarang empuk bagi berbagai bakteri dan mikroorganisme yang kemudian menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Kulit kering juga dapat menjadi ‘rumah’ bagi berbagai parasit berbahaya pada kulit.

Anda dapat mengimbangi kulit kering dengan pemakaian hand body atau body butter secara rutin, mengonsumsi air putih yang cukup, atau memasang air humidifier yang dapat meningkatkan kelembapan dalam ruangan. Namun, Anda juga perlu berkegiatan di luar dan mengganti udara di dalam ruangan berpendingin agar tetap sehat.

c. Sakit Kepala

Sakit kepala karena AC kotor? Ternyata bisa. Sakit kepala ini pada umumnya mereka rasakan khususnya bagi yang berkegiatan dalam jangka waktu lama dalam ruangan berpendingin, seperti karyawan kantor atau yang bekerja dari rumah namun menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama.

Sakit kepala akibat terlalu lama di dalam ruangan berpendingin, terutama jika AC kotor, adalah sick building syndrome. Penyebab penyakit ini karena penggunaan pendingin ruangan. Pada tahun 2004 terbukti bahwa pekerja atau karyawan yang terlalu lama dalam ruangan berpendingin akan lebih sering merasa gejala tidak enak badan dan sakit kepala.

Baca Juga : Kamu Harus Tahu! Ini Dia Fakta Tentang Cuci AC

Ruangan dengan pendingin udara tentu sangat nyaman, namun perlu Anda perhatikan lama pemakaian dan kondisi AC Anda. Lakukan cuci AC dan servis secara teratur untuk mengetahui apakah komponen dan filter dalam kondisi prima, sekaligus menjadi upaya untuk memperpanjang masa pemakaian pendingin ruangan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin