Cuci AC Rutin, Seberapa Pentingkah? – Mencuci AC terdengar mudah, namun kita sebagai pemilik AC terkadang lupa melakukan pembersihan AC secara rutin karena kesibukan, tidak tersedianya waktu luang, hingga benar-benar lupa. Cuci AC baiknya dilakukan oleh ahli atau teknisi AC guna menghindari berbagai kerusakan sekaligus mengecek apakah tiap komponen pendingin ruangan kita bekerja dengan baik.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kamu Harus Cuci AC dan Melakukan Penanganan

Tapi, apa perlu mencuci AC dengan rutin? Apa pentingnya mencuci AC dengan rutin? Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Tanda-Tanda AC Perlu Dicuci

Ada beberapa tanda yang pendingin ruangan berikan sebagai indikasi kita perlu segera melakukan cuci AC. Antara lain:

a. Hawa Panas dari AC

Sejatinya, AC mengeluarkan hawa atau angin dingin untuk menyejukkan ruangan dan menstabilkan suhu di suatu ruangan. Apabila pendingin ruangan Anda mengeluarkan hawa panas, maka patut Anda curigai bahwa hal tersebut adalah indikasi AC memerlukan pembersihan atau cuci AC.

Baca Juga : Udara AC Panas? Ini Sebabnya

Kotoran yang menumpuk pada bagian filter dapat menciptakan hawa panas. Selain itu, penumpukan kotoran juga membuat bagian kapasitor bekerja lebih keras hingga bisa menimbulkan risiko terbakar. Maka dari itu, segera jadwalkan cuci AC agar pendingin ruangan dapat kembali bekerja dengan normal.

b. Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Indikasi kedua yakni AC yang mengeluarkan bau tidak sedap atau bau menyengat saat AC Anda nyalakan. Angin atau udara yang keluar dari AC seharusnya tidak berbau atau cenderung berbau segar. Jadi, apabila saat Anda menyalakan AC mengeluarkan bau tidak sedap atau bau menyengat, maka dapat menjadi indikasi AC memerlukan servis atau cuci dengan segera.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Jika bau yang AC keluarkan cenderung tengik, umumya terdapat jamu pada bagian filter atau pada komponen lain unit pendingin ruangan. Namun, jika muncul bau terbakar, mungkin terdapat komponen yang rusak sehingga menyebabkan bau tersebut. Jika tidak segera Anda cuci, kotoran dan jamur dapat mengganggu sistem pernapasan, terutama pada anak kecil dan lansia.

Pentingnya Mencuci AC

Ada beberapa alasan mengapa kegiatan cuci AC secara rutin sangat perlu dilakukan. Antara lain:

1. Menjaga Kualitas Udara

Alasan penting yang pertama adalah untuk menjaga kualitas dari udara di ruangan serta udara yang dikeluarkan oleh pendingin ruangan. Sekarang ini, beberapa jenis pendingin ruangan atau AC dilengkapi dengan fitur yang mampu memperbaiki kualitas udara dimana ia ditempatkan. Maka dari itu, kegiatan cuci AC dapat membantu memperbaiki dan mengembalikan fungsi filter udara agar udara di dalam ruangan terjaga kualitasnya.

Baca Juga : Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC

AC yang menyimpan banyak kotoran dan jamur dapat menimbulkan banyak penyakit sekaligus bakteri yang berbahaya bagi sistem pernapasan manusia, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia. Penggunaan AC akan semakin efektif jika AC senantiasa dalam keadaan bersih tanpa adanya kotoran atau jamur yang menumpuk pada unit pendingin ruangan.

Selain itu, mencuci AC juga sangat penting untuk menjaga kualitas udara terutama jika Anda berada dalam ruangan dengan banyak orang. Fungsi filter udara AC akan terhambat karena banyaknya kotoran yang menumpuk, polusi udara dari sebabkan oleh orang-orang di sekitar Anda juga memperparah kondisi AC.

2. Memperpanjang Usia Pemakaian

Alasan kedua yakni memperpanjang usia pemakaian atau menjaga keawetan AC. Dengan harga yang terbilang mahal, AC yang mudah rusak dan harus Anda ganti tentu menjadi kendala tersendiri. Guna mencegah mengeluarkan biaya terlalu besar untuk melakukan servis, maka jadwalkan pembersihan atau cuci AC secara rutin paling tidak enam bulan sekali selama pemakaian.

Mencuci pendingin ruangan secara rutin dapat memperpanjang masa pemakaian AC sehingga biaya yang keluar lebih sedikit daripada dengan melakukan servis AC atau mengganti AC Anda dengan yang baru.

3. Mengurangi Beban Listrik

AC atau pendingin ruangan yang mengalami kerusakan ternyata juga berdampak pada membengkaknya tagihan listrik di rumah atau kantor Anda. Hal ini menjadi indikasi bahwa adanya kerusakan atau gangguan pada AC dan Anda harus segera lakukan servis dan cuci AC guna menyelesaikan gangguan tersebut.

Baca Juga : Ini Dia 8 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik di Indonesia

Selama mencuci, teknisi AC dapat memeriksa apakah komponen unit masih bekerja dengan baik atau tidak. Sehingga Anda dapat mendeteksi kerusakan lebih dini dan segera memperbaiki beban atau biaya listrik yang ada.

Jangan lupa jadwalkan cuci AC secara rutin, paling tidak enam bulan sekali selama pemakaian. Sebagai catatan, jika Anda memiliki hewan peliharaan yang sering berada di dalam ruangan berpendingin atau Anda sering merokok di dalam ruangan, maka jadwalkan pembersihan lebih dini seperti tiga bulan sekali. Ini untuk memastikan apakah filter AC terjaga kebersihan dan kinerjanya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin