Pengertian BTU AC dan Cara Menghitungnya – Pernahkah Anda mendengar BTU yang berkaitan dengan pendingin ruangan? Atau kebetulan tidak sengaja membaca tentang BTU tapi masih tidak paham? Jangan khawatir! Di kesempatan kali ini, kami akan memberi informasi mengenai BTU AC yang mudah dipahami untuk pembaca semua.

Baca Juga : Berikut Cara Memilih PK AC Sesuai Ruangan dan Kebutuhan

Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Definisi BTU

BTU merupakan singkatan dari British Thermal Unit, atau Satuan Panas Britania. BTU adalah suatu satuan energi yang banyak digunakan di Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, satuan energi ini juga masih sering Anda jumpai di Britania Raya atau UK yang berkaitan dengan sistem pemanas dan pendingin lama.

Baca Juga : Berapa Watt AC 1 PK, ya? Berikut Cara Mengetahui Watt AC

Sekarang ini, satuan energi yang lebih banyak orang gunakan adalah unit SI, Joule (J). Atau dapat kita katakan satuan BTU telah tergantikan oleh satuan Joule tersebut. Satuan energi BTU sendiri didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu 1 pound atau sekitar 454 gram air sebanyak 1 derajat Fahrenheit. Guna mencairkan 1 pound es membutuhkan setidaknya 143 BTU.

Hubungan BTU sebagai satuan energi dengan AC atau pendingin udara adalah di mana BTU/h dapat menyatakan kemampuan mendinginkan atau mengurangi panas pada suatu ruangan, dengan kondisi dan luas tertentu dalam waktu 1 jam.

Apabila BTU/h Anda katakan semakin tinggi, maka semakin cepat pula AC mendinginkan suatu area atau ruangan yang luasnya sesuai besaran BTU/h. Karena satuan energi ini cenderung sulit untuk dipahami, biasanya kita mengenalnya dengan satuan PK pada pendingin udara. PK merupakan singkatan dari kata yang berasal dari bahasa Belanda yakni PaardeKracht. Dalam bahasa Inggris memiliki artian sebagai horse power atau HP, sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti tenaga kuda atau tenaga AC untuk mendinginkan ruangan.

Cara Menghitung BTU

Sebagai satuan hitung, tentu terdapat rumus tertentu yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Berikut adalah rumus untuk menghitung BTU/h:

Panjang (P) x Lebar (L) x Tinggi (T) x 200 = kebutuhan BTU/h

  • Panjang = dalam satuan meter
  • Lebar = dalam satuan meter
  • Tinggi = dalam satuan meter
  • Satuan 200 = apabila ruangan terisi dengan sedikit orang.

Apabila dalam satu ruangan terdapat banyak mesin komputer, barang atau orang, maka satuan dapat Anda ganti dengan 400.

Baca Juga : Berikut Cara Memilih PK AC Sesuai Ruangan dan Kebutuhan

Di bawah ini adalah salah satu contoh penghitungan atau kalkulasi menggunakan rumus BTU/h seperti di atas.

Contoh:

Suatu ruangan dengan rincian ukuran 4 meter x 8 meter x 3 meter hanya terdapat kurang dari 5 orang di dalamnya, maka dapat Anda kalkulasi BTU/h sebagai berikut:

(4 x 7 x 3)*200
= 84 x 200
= 16.800 BTU/h

Jika Anda telah mendapatkan hasil dari kalkulasi BTU/h, maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat menentukan kapasitas dari PK AC yang terdekat atau sesuai dengan hasil BTU/h di atas.

Menentukan PK AC

Untuk menentukan PK AC, terdapat hitungan yang harus Anda perhatikan agar Anda lebih mudah menentukan jenis AC dengan PK berapa yang sesuai dengan satuan hitung tersebut. Antara lain:

  • AC ½ PK = ±5.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 10 m2
  • AC ¾ PK = ±7.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 14 m2

Selain itu ada juga untuk ukuran AC yang lain,

  • AC 1 PK = ±9.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 18 m2
  • AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 24 m2

Dan yang terakhir adalah,

  • AC 2 PK = ±18.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 36 m2

Perlu Anda perhatikan bahwa kalkulasi atau penghitungan serta penentuan PK sangat berpengaruh pada efisiensi dan kinerja pendingin ruangan. Apabila Anda menggunakan AC dengan PK kecil di ruangan yang besar, maka dapat mempersingkat masa pemakaian AC karena pendingin ruangan harus bekerja lebih keras dari seharusnya untuk mendinginkan ruangan. Selain itu, pendinginan tidak akan optimal dan efisien, malah membuat ruangan tidak sedingin yang diinginkan.

Baca Juga : Apa Yang Menyebabkan Kapasitor AC Rusak? Ini Ciri-Cirinya!

Sebaliknya, jika Anda menggunakan AC dengan PK besar di ruangan yang cenderung kecil, maka pendinginan akan berlebihan dan dapat membuat AC rusak. Selain itu, jika Anda terus-menerus menggunakan AC dengan PK yang besar di ruangan kecil, dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti flu dan batuk karena tubuh terus terpapar udara yang terlalu dingin dari yang seharusnya.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

Sesuaikan kebutuhan ruangan dengan PK AC yang akan Anda gunakan untuk menghemat sekaligus mengoptimalkan kinerja pendingin ruangan tersebut.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin