Berapa Watt AC 1 PK, ya? Berikut Cara Mengetahui Watt AC – Saat membeli AC, pasti ada banyak pertimbangan dan yang kita perkirakan. Seperti merk apa yang akan Anda beli, jenis AC apa yang cocok dengan lokasi di mana pendingin ruangan Anda tempatkan, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah PK dan watt dari AC yang akan Anda beli.

Baca Juga : Ini Dia 8 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik di Indonesia

Sebelum membeli, ada baiknya Anda juga mengecek watt dan PK dari pendingin ruangan agar tahu kapasitas listrik yang sesuai dengan tarif listrik yang ada di rumah atau kantor tempat AC akan Anda pasang.

Mau tahu bagaimana? Yuk, simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Menentukan PK AC

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan jenis PK serta watt yang cocok untuk penggunaan Anda. Antara lain:

a. Menyesuaikan Daya Listrik

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyesuaikan PK dengan jumlah watt yang mampu ACbebankan pada daya listrik.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek AC Dengan Watt Terkecil

PK pada pendingin ruangan merupakan singkatan dari Paard Kracht atau dapat disebut juga sebagai horse power, atau tenaga kuda dari pendingin ruangan tersebut. Lalu, apa bedanya AC ½ PK dengan AC 1 PK? Dalam menentukan besaran PK pendingin ruangan yang cocok, terlebih dahulu Anda harus menyesuaikan dengan daya listrik pada tempat pemasangan. Pada umumnya, PLN sebagai penyedia daya listrik menyediakan beberapa opsi atau pilihan mengenai standar daya listrik. Seperti 220VA (1A), 450VA (2A), 900VA (4A), 1300VA (6A), 2200VA (10A), 3500VA (16A), 4400VA (20A), 5500VA (25A), dan lain sebagainya.

b. Rincian PK dan Watt AC

Berikut ini beberapa standar PK beserta jumlah watt listrik yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta beban daya listrik yang ada. Antara lain:

  • Untuk AC ½ PK :

  • AC Standard ½ PK, pada umumnya memiliki daya sebesar 400 watt.
  • AC low watt ½ PK pada umumnya memiliki daya sebesar 320 watt.

  • Untuk AC ¾ PK :

  • AC standard ¾ PK pada umumnya memiliki daya sebesar 600 watt.
  • AC low watt ¾ PK pada umumnya memiliki daya sebesar 530 watt.

  • Untuk AC 1 PK :

  • AC standard 1 PK pada umumnya memiliki daya sebesar 840 watt.
  • AC low watt 1 PK pada umumnya memiliki daya sebesar 660 watt.
  • dan AC inverter 1 PK pada umumnya memiliki daya sebesar 225 hingga 920 watt.

Setelah membaca daftar tersebut, Anda dapat menyesuaikan jumlah total daya arus listrik tempat dimana pendingin ruangan akan dipasang dengan kebutuhan pendingin ruangan yang akan dipasang atau dibeli. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan hitungan konsumsi penggunaan barang elektronik lainnya di dalam rumah dan mengakumulasi seluruhnya agar beban listrik tidak terlalu berat atau berlebihan.

Baca Juga : Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

c. Penentuan PK Sesuai Luas Ruangan

Selain menggunakan daya listrik, Anda juga bisa menentukan pemilihan AC 1 PK atau AC ½ PK dengan menghitung luas ruangan dimana pendingin udara akan dipasang.

Guna menentukan besaran PK, Anda bisa mengacu pada British Termal Unit atau BTU guna menghitung besaran.

Baca Juga : Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

Pendingin udara dengan kekuatan 1 PK pada umumnya cukup untuk menyejukkan ruangan dengan besaran 50 m3, atau ruangan yang mempunyai panjang 5 meter, tinggi 2,5 meter dan lebar 4 meter. Atau lebih tepatnya dapat menentukan dengan hitungan berikut ini:

Contoh:

Ruangan dengan 3 x 2 meter:

Nilai BTU = P x L x 500 = 3 x 2 x 500 = 3000 BTU.

Jika nilai yang ada kurang dari 5000 BTU, maka Anda dapat menggunakan jenis AC dengan ½ PK. Sebaliknya, jika nilai maksimal dari BTU sebesar 7000, maka dapat digunakan AC dengan ¾ PK.

Untuk lebih mudah, Anda dapat melihat ke penjelasan di bawah ini:

  • AC ½ PK: 5000 BTU/h cukup untuk ruangan dengan luas 10 m2
  • AC ¾ PK: 7000 BTU/h cukup untuk ruangan dengan luas 14 m2

Selain itu, ada juga

  • AC 1 PK: 9000 BTU/h cukup untuk ruangan dengan luas 18 m2
  • AC 1,5 PK: 12.000 BTU/h cukup untuk ruangan dengan luas 24 m2
  • dan AC 2 PK: 18.000 BTU/h cukup untuk ruangan dengan luas 36 m2

Setelah melihat rincian tersebut, Anda dapat menyesuaikan jenis AC dengan luas ruangan yang Anda miliki agar pendingin udara dapat bekerja dengan optimal dan efisien.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin