Berikut Cara Memilih PK AC Sesuai Ruangan dan Kebutuhan – Untuk Anda yang baru memikirkan untuk membeli AC, tentu cukup bingung dengan PK AC sesuai ruangan, atau bahkan tidak mengerti apa itu PK dan apa fungsinya. Dengan berbagai kecanggihan teknologi juga, AC sekarang ini memiliki banyak jenis dan fitur dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga : Berapa Watt AC 1 PK, ya? Berikut Cara Mengetahui Watt AC

Hal ini juga yang cukup membuat bingung calon pembeli perkara memilih jenis AC yang tepat untuk ruangan atau area yang butuh suhu yang lebih sejuk.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana memilih PK AC sesuai dengan ruangan atau area yang Anda butuhkan. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Apa Itu PK pada AC?

PK adalah singkatan dari Paard Kracht, atau horse power. Berarti, PK adalah tenaga kuda dari pendingin ruangan atau AC. Seperti yang kita ketahui, AC terdiri dari berbagai macam PK yang penggunaannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Menentukan PK AC sesuai ruangan tentu harus merujuk pada kemampuan beban listrik yang tanggung. Hal ini bertujuan agar daya listrik tidak berlebih, memperpanjang masa pemakaian pendingin ruangan dan menghindarkan dari berbagai kerusakan, serta menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

PK AC yang tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan juga berdampak pada optimasi suhu dan kinerja AC, entah ruangan menjadi terlalu dingin atau hawa dingin dari AC sangat tidak membantu dalam menyejukkan atau menstabilkan suhu dalam ruangan. Hal ini tentu akan merugikan Anda sebagai pemilik, baik dalam waktu dan materi. Untuk itu, memilih PK AC sesuai ruangan sangat penting sebelum Anda benar-benar membeli dan menjatuhkan pilihan pada pendingin ruangan yang Anda incar.

Menghitung PK AC Sesuai Ruangan

Ada cara tertentu untuk mengukur PK AC sesuai ruangan, sehingga kinerja AC dapat maksimal dan tidak merugikan pemiliknya.

Terdapat tiga faktor pada AC yang harus diketahui, yakni:

  • Daya listrik atau watt, yang merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan pendingin ruangan saat kondisi menyala.
  • PK Kompresor, yang merupakan satuan daya pada kompresor AC, bukan daya untuk pendingin AC.
  • BTU/h (British Thermal Unit per Hour), atau dapat dikatakan daya pendingin AC. BTU menyatakan kemampuan dalam mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan kondisi dan luas tertentu dalam waktu 1 jam.

Berikut rumus yang dapat Anda gunakan untuk menghitung:

Panjang (P) x Lebar (L) x 537 BTU/h

Hitungan tersebut diasumsikan dengan tinggi ruangan yang disesuaikan dengan standar tinggi yang ada di Indonesia. Standar tersebut yakni sekitar 2,5 hingga 3 meter. Hitungan tersebut juga tidak memperhatikan faktor eksternal lain. Sebut saja seperti banyaknya orang dalam 1 ruangan, tingkat seringnya pintu membuka dan menutup, dan lain-lain.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek AC Dengan Watt Terkecil

Daya pendingin AC berdasarkan PK

Rumus hitungan tersebut akan menghasilkan angka dalam satuan BTU/h yang kemudian hasilnya cocok dengan kemampuan pendingin ruangan dalam menyejukkan ruangan dalam satuan BTU/h pada setiap AC.

Di bawah ini adalah daya pendingin AC berdasarkan PK, antara lain:

  • AC ½ PK = ±5.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 10 m2
  • AC ¾ PK = ±7.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 14 m2

Ada juga untuk pilihan AC lain yaitu

  • AC 1 PK = ±9.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 18 m2
  • AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 24 m2

dan yang terakhir

  • AC 2 PK = ±18.000 BTU/h untuk ukuran ruangan 36 m2

Contoh penghitungannya, yakni ruangan dengan panjang 3 meter dan lebar 3 meter. Hasil kalkulasi 3 x 3 x 537 BTU/h = 4.833 BTU/h. Jadi, untuk ruangan sebesar 9 m2 minimal membutuhkan AC ½ PK. Hal ini karena AC ½ PK membutuhkan BTU/h sebesar 5.000.

Meski kelihatannya sepele, namun memilih PK AC yang sesuai dengan ruangan Anda ternyata sangat penting dan berpengaruh pada kondisi pendinginan ruangan nantinya. Apabila PK terlalu kecil di ruangan yang besar, maka ruangan tidak akan dingin dan AC akan bekerja lebih keras dari seharusnya. Sedangkan menggunakan PK AC yang besar untuk ruangan kecil, dingin dari AC akan terasa berlebihan dan bisa menyebabkan sakit pada tubuh.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin