Mode Dry Merusak AC? Berikut Faktanya! – Ada beberapa mode pada AC yang dapat kita gunakan menyesuaikan pada kondisi dan kebutuhan ruangan dimana AC dipasang.

Baca Juga : Atur Remote AC Dengan Benar Agar Lebih Dingin dan Nyaman

Untuk pengguna AC, tentu kita akan menyesuaikan suhu dan pemakaian pendingin udara sesuai dengan suhu yang ada. Pada artikel kali ini, kami akan memberi informasi mengenai mode dry AC dalam menghasilkan dingin yang optimal dan nyaman.

Mode pada AC

1. Mode Cool

Mode cool atau mode dingin pada AC adalah mode yang paling sering kita gunakan agar ruangan menjadi lebih sejuk. Ini membuat kompresor Ac menyala dan mendorong udara dingin masuk dalam ruangan dimana AC dipasang.

Baca Juga : Setel AC saat Musim Hujan? Berikut Tipsnya

Saat sensor suhu pada AC mendeteksi ruangan telah mencapai tempratur yang Anda inginkan, maka secara otomatis kompresor akan mati dan menyisakan kipas AC yang terus menyala. Meski membuat ruangan lebih cepat dingin, ternyata mode cool memakan banyak daya listrik sehingga menambah beban biaya listrik yang Anda miliki. Semakin rendah suhu dari mode cool terpasang, maka semakin lama kompresor bekerja dan semakin banyak beban listrik yang diberikan.

2. Mode Fan

Mode kedua yakni mode fan atau mode kipas, dimana kipas dalam unit Ac akan menyebarkan udara di dalam ruangan tanpa terkecuali. Sama seperti mode cool, mode fan in juga mengedarkan udara dingin pada ruangan dengan terus menyalakan fan atau kipas dalam unit AC.

Baca Juga : Remote AC Tak Berfungsi? Ini Penyebabnya

Keuntungan mode fan ini adalah AC menjadi lebih hemat energi karena bagian kompresor AC tidak Anda gunakan. Meski begitu, udara di dalam ruangan tidak sedingin mode cool karena mode fan hanya meniupkan angin, bukan udara dingin.

3. Mode Eco

Mode ketiga adalah mode eco. Seperti namanya, mode ini merupakan mode yang paling menghemat listrik daripada dengan mode lain pada unit AC. Mode eco bekerja dengan mengatur kompresor dan kipas AC dalam energi paling kecil guna mencapai suhu ruangan yang Anda inginkan.

Setelah AC mencapai suhu tersebut, kompresor akan mati namun kipas AC tetap menyala. Proses ini memiliki tujuan untuk mempertahankan suhu sejuk yang Anda inginkan tanpa menggunakan terlalu banyak daya listrik.

4. Mode Auto

Seperti namanya, mode auto ini akan secara otomatis menyesuaikan kompresor dan kecepatan kipas guna mencapai suhu yang Anda inginkan. Setelah suhu cukup dingin atau mencapai suhu yang Anda inginkan, maka kecepatan kipas akan menyesuaikan serta kompresor mati secara otomatis.

Baca Juga : Pakai AC Bisa Tetap Hemat? Berikut Tips Menggunakan AC Dengan Benar

Kemudian, apabila suhu ruangan kembali panas, maka kompresor dan kipas akan kembali nyala seperti pada awal guna mencapai suhu yang lebih sejuk.

5. Mode Dry

Mode dry atau mode kering pada AC pada umumnya baik Anda gunakan pada musim hujan. Fungsi utama dari mode ini adalah menyerap hawa lembap di dalam ruangan. Biasanya, penggunaan mode ini saat datang musim hujan yang membawa hawa lembap pada ruangan, namun tetap menjaga hawa sejuk atau angin dingin.

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Mode Dry Pada AC!

Sama seperti mode eco, mode dry ini juga dapat menghemat beban biaya listrik. Hal ini karena kecepatan kipas lebih rendah serta durasi kerja kompresor yang lebih rendah sehingga beban listrik lebih rendah. Secara umum, penggunaan mode dry mampu menghemat listrik antara 30 hingga 50 persen.

Kelebihan Mode Dry AC

Salah satu manfaat penggunaan mode dry pada AC ini adalah untuk menyerap hawa lembap dalam ruangan tanpa mengurangi hawa dingin yang ada. Lebih lanjut, mode dry AC memiliki dua kelebihan bagi Anda.

Kelebihan pertama yakni membuat kinerja kipas dan kompresor lebih rendah dan cepat daripada dengan mode lainnya. Dengan mode ini, beban biaya listrik Anda akan jauh lebih hemat dan juga memperpanjang masa pemakaian AC secara keseluruhan.

Kelebihan kedua adalah membuat AC lebih awet atau memperpanjang usia pemakaian pendingin ruangan. Hal ini karena komponen AC bekerja lebih santai atau tidak sekeras pada mode lainnya, seperti mode cool atau mode dingin.

Kelebihan pada mode dry tentu akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik AC. Namun perlu Anda perhatikan, mode dry pada AC ini dapat memberi efek kering pada kulit maupun saluran pernapasan. Maka dari itu, Anda dapat mengaplikasikan body lotion ataupun jenis pelembab lain ketika menggunakan AC dalam mode ini. Selain itu, perbanyak minum air putih agar tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin