Remote AC Tak Berfungsi? Ini Penyebabnya – Setiap AC sudah pasti dilengkapi dengan remote untuk mengontrol bagaimana AC tersebut bekerja sesuai keinginan kita. Akan tetapi, ketika Ketika remote AC bermasalah maka tentu ini menjadi sebuah masalah yang menyebalkan. Pendingin ruangan tersebut membutuhkan remote baik untuk menyala, mematikan, maupun melakukan pengaturan yang lainnya.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Ketika kamu tidak memiliki remote, maka ini akan menyulitkanmu mengontrol AC. Maka dari itu, masalah remote yang tidak berfungsi tidak boleh kamu abaikan. Dengan begitu, pendingin ruangan tersebut bisa berfungsi dengan normal. Kamu pun juga bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Penyebab Remote AC Tak Berfungsi

Sebenarnya permasalahan pada AC terutama di bagian remote-nya bukanlah hal yang baru. Namun tetap saja masalah ini membuat siapa saja jengkel karena tidak bisa mengontrol AC. Terlebih lagi ketika pada waktu itu kondisi panas dan kamu memerlukan AC untuk mendinginkan ruangan. Di sisi lain, remote malah tidak berfungsi. Maka dari itu, kamu harus segera mengatasi masalah tersebut sehingga remote bisa kembali digunakan.

Ternyata ada beberapa penyebab mengapa remote AC tidak dapat berfungsi. Apa saja penyebabnya?

1. Baterai Remote Habis

Penyebab pertama dan sering terjadi adalah baterai remote yang sudah habis. Mungkin ini merupaka masalah yang sederhana sehingga banyak orang melupakannya dan malah fokus terhadap penyebab yang lain. Sama seperti remote pada umumya, remote pada AC juga menggunakan baterai yang berfungsi sebagai sumber daya.

Baca Juga : Remote AC Tidak Berfungsi? Kenali Penyebabnya

Ketika remote tersebut sering digunakan, lama kelamaan baterainya akan habis. Salah satu ciri yang menunjukkan baterai remote habis adalah layar yang ada pada remote tersebut meredup dan terkadang berkedip. Pada beberapa kasus layar pada remote tersebut bisa mati total.

2. Inframerah Remote Rusak

Jika kamu sudah mengganti baterai namun remote masih tidak berfungsi, sekarang kamu coba cek pada bagian inframerah. Jika lampu LED masih tidak menyala meskipun kamu sudah mengganti baterainya, kemungkinan remote tersebut mengalami kerusakan.

Kegagalan sinyal inframerah dalam menerima maupun mengirim data membuat remote AC tidak dapat digunakan. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Jika kamu mengalami masalah seperti ini, biasanya kamu disarankan untuk membeli remote yang baru. Kamu bisa membelinya di toko di mana kamu membeli AC.

3. Sensor AC yang Bermasalah

Penyebab remote AC tidak berfungsi juga bisa karena adanya masalah pada bagian sensor AC. Pada bagian ini, yang harus kamu cek adalah AC, terutama bagian sensornya. Biasanya sensor AC mengalami kerusakan karena tertekan air pada saat pendinginan, debu yang menempel pada soket, soket yang kendor, maupun usia pemakaian yang sudah lama.

Maka dari itu, penting untuk mengecek AC dan lihatlah pada bagian sensornya. Kemungkinan yang bermasalah bukan remote, melainkan AC itu sendiri.

4. Error pada PCB Module

Semua proses pendinginan yang ada pada AC dikontrol oleh sebuah komponen bernama PCB Module. Bahkan proses menyalakan dan mematikan AC pun komponen yang satu ini yang mengontrolnya. Jika remote AC bermasalah, mungkin masalah yang terjadi karena PCB Module eror.

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC

Untuk penyebab PCB Module yang bermasalah bisa bermacam-macam. Ada yang karena tegangan tinggi atau rendah (listrik tidak stabil). Bisa juga karena komponen yang terbakar, dan lain sebagainya.

5. Terdapat Bagian yang Hilang

Remote tidak bisa bekerja secara maksimal jika ada salah satu bagiannya yang hilang. Adapun bagian yang hilang tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar remote. Misalnya ada tombol remote atau lampu inframerah yang hilang. Bagian yang hilang tersebut sudah tentu akan berpengaruh terhadap kepekaan atau sensitivitas remote.

Jadi, ketika ada bagian remote AC yang hilang maka remote tersebut tidak bisa bersinergi ke AC sehingga membuat AC tidak menyala. Maka dari itu, kamu harus mengecek apakah memang ada komponen remote yang hilang. Kamu bisa mengecek baik di bagian dalam maupun luar.

Baca Juga : Kesalahan Fatal Saat Mengoperasikan AC

Itulah beberapa penyebab remote AC tidak berfungsi. Sekarang kamu bisa mengecek mana yang menjadi penyebab rusaknya remote AC tersebut. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin