Setel AC saat Musim Hujan? Berikut Tipsnya – Musim hujan erat kaitannya dengan hawa dingin. Meski begitu, tidak jarang kita tetap menggunakan pendingin ruangan karena beberapa hal, seperti kebiasaan, senang dengan hawa dingin, dan lain sebagainya. Penggunaan AC musim hujan ternyata memiliki kegunaan dan pengaturan suhu yang baik dan benar, loh! Mau tahu? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Baca Juga : Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya!

Fungsi AC Musim Hujan

Selain sebagai pendingin udara, AC juga memiliki beberapa fungsi lainnya terutama saat musim hujan tiba. Antara lain:

a. Penyaring Udara

Salah satu fungsi dari penggunaan AC musim hujan yakni menyaring udara di ruangan tempat AC terpasang agar lebih bersih dari debu dan kotoran, serta bakteri dan jamur yang mungkin tersebar di dalam ruangan. Beberapa jenis pendingin udara saat ini telah lengkapdengan fitur pembersih udara yang memungkinkan menyaring udara dari kotoran, bakteri dan jamur. Dengan demikian, maka Anda perlu memperhatikan filter AC agar tetap bersih dan bekerja dengan baik.

Baca Juga : Haruskah Filter AC Rumah Diganti?

b. Mengurangi Kelembapan

Fungsi kedua dari AC saat musim hujan adalah mengurangi kelembapan yang tinggi di dalam ruangan. Saat musim hujan datang, tidak jarang tingkat kelembapan dalam ruangan akan meningkat pesat hingga mengganggu kinerja Anda. Disini, ternyata AC dapat digunakan sebagai pengatur kelembapan udara yang baik dalam ruangan Anda. Tingkat kelembapan yang tinggi dalam ruangan membuat ruangan lebih pengap dari biasanya. Oleh karena itu, penggunaan AC dapat membuat ruangan lebih nyaman untuk digunakan.

Baca Juga : Kapan Sebaiknya Anda Isi Freon AC?

Cara Menyetel Suhu AC Musim Hujan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur pendingin ruangan saat musim hujan datang. Antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Filter AC

Hal yang paling penting Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan pendingin ruangan. Ada baiknya Anda menjadwalkan pembersihan dan service AC setiap enam bulan sekali. Jika Anda merupakan perokok aktif yang sering merokok di dalam ruangan atau memiliki hewan peliharaan yang sering berada dalam ruangan, maka jadwalkan pembersihan lebih cepat seperti setiap tiga bulan sekali.

Dengan penggunaan berintensitas tinggi, filter AC seringkali cepat kotor dan dapat menimbulkan banyak jamur dan kotoran. Terlebih saat musim hujan tiba, jamur lebih cepat berkembang biak dan menurunkan kualitas udara hingga menyebabkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Penyakit Dari AC Kotor? Memang Bisa?

2. Mengatur Suhu AC

Cara kedua yakni mengatur suhu AC saat Anda gunakan di musim hujan. Saat musim hujan tiba, suhu udara akan lebih dingin dari biasanya. Atur suhu AC agar tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin. Hal ini dikarenakan suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di malam hari. Di sisi lain, jika suhu terlalu dingin maka dapat membuat Anda mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk.

Gunakan AC dengan bijak agar tidak menyebabkan banyak kerugian pada Anda, seperti sakit akibat suhu terlalu dingin dan menjadi boros akibat menggunakan AC terlalu sering dan menyetel suhu yang terlalu dingin.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

3. Menggunakan Mode Dry

Tidak banyak yang tahu mengenai fungsi mode dry pada remote AC meski sering kita lihat saat menggunakan remote. Mode dry pada AC dapat menyerap atau mengurangi tingkat kelembapan di dalam ruangan. Saat musim hujan, udara akan cenderung lembap dan ruangan menjadi pengap. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi kelembapan dengan mengatur AC pada mode dry.

Selain mengurangi kelembapan, mode dry juga dapat membantu mengurangi beban listrik Anda.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

4. Mengatur Pemakaian AC

Karena suhu udara yang cenderung lebih dingin, Anda dapat mematikan AC saat tidak Anda gunakan atau saat Anda berkegiatan ringan di dalam ruangan. Apabila Anda hendak meninggalkan ruangan dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat mematikan AC agar AC tidak mudah rusak serta mengurangi beban listrik anda.

Selain mematikan AC, Anda juga dapat menggunakan fitur timer pada AC untuk mengatur waktu tertentu sehingga AC akan secara otomatis mati saat melewati waktu yang sudah diatur.

5. Mengecek Kondisi Unit Outdoor

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mengecek unit outdoor dari perangkat AC Anda. Pendingin udara terdiri dari dua komponen, yaitu outdoor dan indoor. Seringkali Anda menempatkan bagian outdoor di tempat yang tidak memadai hingga dapat meningkatkan risiko kerusakan.

Meski unit outdoor sudah didesain untuk tahan terhadap berbagai kerusakan, namun kondisi lain seperti banjir ternyata dapat merusak unit outdoor pendingin udara Anda. Musim hujan dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan bencana banjir pada beberapa wilayah. Jika wilayah tempat tinggal atau tempat dimana AC dipasang memiliki risiko banjir yang tinggi, Anda dapat menempatkan unit outdoor di tempat yang lebih tinggi. Misalnya di lantai dua atau bagian atas dinding rumah sehingga unit outdoor terbebas dari bahaya banjir.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin