Pakai AC Bisa Tetap Hemat? Berikut Tips Menggunakan AC Dengan Benar – AC atau pendingin ruangan memiliki watt yang cukup besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya. Hal ini yang membuat beberapa orang enggan menggunakan AC sebagai pendingin udara disamping kipas dan pendingin udara lainnya.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Namun, dengan menggunakan dengan tepat dan efisien, ternyata kita dapat menghemat beban biaya listrik, kita masih bisa menggunakan AC di tengah penggunaan alat elektronik lainnya. Seperti televisi, kulkas, lampu dan sebagainya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberi beberapa informasi bagaimana menggunakan AC dengan benar agar tetap hemat listrik. Mau tahu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

AC Tetap Hemat

a. Menggunakan AC di Ruang Tertutup

Cara pertama yang dapat Anda lakukan agar AC tetap hemat adalah menggunakan AC di ruang tertutup atau minim dari ruang terbuka yang dapat mengeluarkan hawa dingin AC di luar ruangan. Hal tersebut juga mempercepat dan memaksimalkan proses pendinginan dari AC pada ruangan Anda.

Baca Juga : Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

AC yang terpasang dengan ventilasi terbuka membuat udara dingin terbuang percuma serta tidak efektifnya pendinginan yang AC Anda lakukan dan membuat pemakaian AC menjadi sangat lama dan membuang banyak biaya beban listrik.

b. Nyalakan AC saat Ditinggal Sebentar

Sering mematikan dan menyalakan AC tidak membuat AC Anda menjadi lebih hemat. Hal ini justru membuat beban biaya listrik semakin besar serta memperpendek masa pemakaian AC. Beberapa komponen AC akan mengalami kerusakan apabila pendingin ruangan sering Anda mati dan nyalakan dalam jangka waktu yang berdekatan.

Pemborosan dan kerusakan pada AC jika sering Anda mati dan dalam waktu yang berdekatan. Karena AC memerlukan daya yang lebih besar untuk menyalakan kompresor pertama kali. Hal ini juga membuat daya listrik yang AC butuhkan mencapai 20 hingga 30 persen lebih besar.

Jika Anda berniat meninggalkan ruangan ber-AC dalam jangka waktu 15 hingga 30 menit, ada baiknya AC Anda biarkan tetap menyala dengan stabil agar tidak memakan terlalu banyak listrik dan menghemat pengeluaran Anda.

c. Mengatur Suhu di 24 Derajat Celcius

Cara selanjutnya yakni dengan mengatur suhu di angka 24 derajat Celcius. Dengan cuaca yang cenderung panas, biasanya kita akan mengatur suhu AC di angka rendah – seperti 16 hingga 18 derajat. Hal tersebut justru membuat AC bekerja lebih keras dari biasanya dan memerlukan biaya listrik yang besar.

Baca Juga : Semakin Rendah Suhu AC, Tagihan Semakin Besar? Ini Faktanya!

Apabila ruangan Anda irasa terlalu panas, Anda dapat menyetel AC di suhu 20 hingga 22 dan menunggu udara menjadi lebih dingin. Setelah cukup sejuk, naikkan suhu di angka 24 agar konsumsi listrik menjadi lebih efektif.

d. Menggunakan AC Inverter

Saat ini, pendingin ruangan memiliki beragam jenis yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Salah satunya adalah AC inverter. AC jenis ini mempunyai kompresor yang fungsi motor lebih canggih serta dapat menurunkan dan menambahkan beban kompresor secara otomatis dan fleksibel, mengikuti kondisi di dalam dan di luar ruangan. Jadi, kerja kompresor AC inverter saat malam hari akan sangat minimal daripada siang hari.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

Kompresor pada AC inverter mampu menurunkan daya listrik hingga 30 persen, tergantu dari sering dan bagaimana Anda menggunakan AC tersebut. Harga AC inverter cenderung lebih mahal bila Anda bandingkan dengan AC biasa, namun terhitung Anda dapat balik modal dan lebih hemat karena pemakaian AC yang hemat dan sangat fleksibel ini.

e. Menggunakan Dry Mode saat Udara Lembap

Saat udara lembap atau saat musim hujan, Anda dapat menggunakan mode dry pada AC daripada dengan mode cool. Mode dry pada AC dapat menstabilkan tingkat kelembapan udara dalam ruangan serta menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Mode Dry Pada AC!

Disaat udara dalam ruangan sudah lebih kering, mode dry pada AC akan otomatis berubah ke mode meniup angin dingin, dimana AC tidak akan menjalankan kompresor sehingga tidak memerlukan banyak listrik saat digunakan.

f. Menyesuaikan PK AC dengan Kebutuhan Ruangan

Memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan menjadi salah satu cara menggunakan AC dengan hemat. PK AC yang tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan dapat membuat AC bekerja terlalu keras atau timpangnya beban listrik pada AC dan sumber listrik, sehingga Anda memerlukan biaya lebih besar untuk menggunakan AC.

Baca Juga : Berikut Cara Memilih PK AC Sesuai Ruangan dan Kebutuhan

Untuk ruangan dengan kapasitas orang yang sedikit dan kecil, Anda dapat menggunakan AC dengan PK ½ hingga 1. Apabila ruangan tersebut terdapat banyak orang dan penggunaan banyak perangkat elektronik yang mudah panas, maka dapat menggunakan AC dengan PK 1 hingga 1 ½ agar ruangan lebih sejuk dan pendinginan berjalan dengan lebih optimal dan efisien.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin