Lakukan Ini Pada AC Rumah Ketika Listrik Turun! – Ketika cuaca sedang panas-panasnya sehingga membuat gerah, tentunya hal pertama yang kebanyakan orang lakukan adalah menyalakan AC. Namun, tiba-tiba ketika menyalakan AC di ruangan, listrik malah padam.

Tentunya, bisa kita pastikan bahwa penyebab listrik padam tersebut adalah karena MCB listrik turun. Ada banyak hal yang menyebabkan listrik turun ketika menyalakan AC.

Penyebab Listrik Padam Saat AC Menyala

Bisa saja karena ada korsleting listrik, atau komponen AC ada yang rusak, dan sebagainya. Bisa jadi kerusakan tersebut ada di unit outdoor, juga bisa jadi ada di unit indoor.

Penyebab berikutnya adalah karena daya listrik yang AC gunakan sudah berlebih dari batasnya. Itu biasanya karena AC bukan AC hemat listrik. Atau, seandainya menggunakan AC hemat listrik, tapi ada banyak alat listrik yang menyala bersamaan.

Baca Juga : Kenapa Listrik Turun Setelah Menyalakan AC? Ini Penyebabnya!

Bila AC baru terpasang namun ketika pertama menyala justru membuat listrik turun, itu berarti ada kemungkinan kompresor di MCB listrik jauh lebih tinggi dari ampere kompresor. Hal itu bisa Anda antisipasi dengan mengganti ampere kompresor di AC Anda. Atau, Anda bisa mencari AC hemat listrik yang baru, dengan ampere kompresor yang setara.

Sebaliknya, bisa juga karena ampere di MCB listrik yang lebih kecil atau lemah. Hasilnya, ketika AC menyala listrik akan langsung padam. Hal itu bisa Anda antisipasi dengan mengganti MCB listrik dengan yang ampere lebih besar.

Atau, bisa juga karena kapasitor yang rusak dan mengakibatkan korsleting. Hal tersebut bisa Anda antisipasi dengan mengganti kapasitor yang rusak tersebut.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

Terakhir, daya listrik yang kurang kuat untuk menyalakan AC. Tentunya, Anda bisa mengantisipasinya dengan AC hemat listrik. Atau, Anda mesti menaikkan daya listrik Anda. Misalnya sebelumnya daya listrik Anda 900VA, Anda bisa menaikkannya ke 1300VA.

Baca Juga : Tips Memilih AC Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Tapi ada hal yang perlu Anda lakukan ketika listrik tiba-tiba padam. Bila Anda langsung menyalakan kembali listrik Anda, maka ada kemungkinan AC Anda akan tiba-tiba menyala dan bekerja dengan keras tiba-tiba. Hal yang akan terjadi berikutnya adalah, tarikan daya listrik tiba-tiba begitu tinggi.

Hal yang Harus dilakukan pada AC ketika Listrik Padam

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan pada AC Anda ketika listrik tiba-tiba padam karena hal-hal di atas.

1. Mencabut Colokan AC

Pertama, cabut colokan AC dari listrik Anda. Bila perlu, berbagai kabel alat elektronik yang masih tertancap juga segera Anda cabut.

2. Nyalakan Perangkat Elektronik Yang dibutuhkan

Langkah kedua, ketika listrik telah menyala kembali, maka nyalakan saja dulu alat elektronik yang lain namun penting digunakan. Misalnya, lemari es, penghangat nasi, dan lampu. Jangan nyalakan AC terlebih dulu.

3. Tunggu Listrik Stabil

Langkah ketiga, baru setelah listrik telah menyala dan alirannya telah stabil, silahan nyalakan kembali AC Anda.

AC harus benar-benar dipastikan sudah dimatikan sebelum Anda kembali menyalakan kembali listrik Anda. Penyebabnya adalah, tarikan pertama dari AC, termasuk AC hemat listrik, apalagi AC inverter, akan sangat besar. Apabila aliran listrik belum stabil, maka hal tersebut bisa membuat listrik akan kembali turun.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart

Terlalu sering turun, akan membuat AC dan alat elektronik lainnya akan segera mengalami kerusakan. Tidak hanya karena turun listrik, misalnya rumah Anda tiba-tiba padam listrik karena pemadaman bergilir atau kerusakan tertentu, maka langkah di atas juga harus Anda lakukan. Ketika lampu padam, tahan dulu sebentar sebelum kembali menyalakan AC.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memastikan terlebih dulu apakah ada kerusakan atau arus pendek yang disebabkan AC Anda. Anda bisa mencoba membuka AC unit indoor, dan outdoor untuk memastikan tidak ada kabel yang longgar, terbuka, terbakar, atau malah terlepas.

Apabila telah Anda pastikan tidak ada kemungkinan arus pendek terjadi di AC Anda dan listrik sudah mulai stabil, coba nyalakan kembali AC Anda. Bagaimana bila sudah Anda nyalakan kembali ternyata listrik kembali turun?

Itu berarti Anda harus segera mematikan AC dan menghubungi jasa service AC AbangBenerin. Karena itu merupakan tanda kerusakan komponen tertentu di AC seperti yang sudah kami sebutkan bagian awal artikel ini.

Terpenting, untuk menghindari masalah listrik yang turun ketika menyalakan AC, maka gunakan AC hemat listrik. Juga, lakukan service berkala, cuci AC, dan maintenance rutin pada AC Anda agar kerusakan-kerusakan komponen AC seperti yang sudah kami jabarkan sebelumnya tidak terjadi pada AC Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin