Tips Memilih AC Yang Tepat Untuk Rumah Anda – Anda perlu mengetahui tips memilih AC yang tepat supaya tidak salah dalam menentukan pendingin ruangan. Membeli pendingin ruangan untuk rumah atau ruangan anda ternyata tidak bisa sembarangan, lho. Salah membeli produk pendingin ruangan dapat membuat anda dirugikan karena tidak bisa merasakan manfaat dan performanya secara maksimal. Tentu ada trik khusus agar anda tidak salah membeli AC untuk ruangan anda.

Tips memilih AC yang tepat perlu anda terapkan ketika hendak membeli pendingin ruangan. Tak hanya itu saja, ada beragam jenis dan merk AC yang bisa anda pilih dan gunakan sehingga penting sekali memahami pendingin ruangan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan tahu kebutuhan anda, ruangan anda bisa terasa lebih nyaman dengan AC yang tepat dan sesuai.

Nah, bagi anda yang hendak membeli pendingin ruangan atau AC, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah anda. Simak di bawah ini.

Tips Memilih AC yang Tepat

Supaya nggak salah pilih, yuk simak beberapa tips memilih AC yang tepat untuk anda ini.

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Mungkin anda sering mendengar tentang Paardekracht (PK) pada pendingin ruangan. PK sendiri artinya dari Bahasa Jerman berarti tenaga kuda (biasanya disematkan pada daya motor dan mobil). Namun dalam konteks produk elektronik, PK bisa bermaksud besaran tenaga yang dihasilkan oleh pendingin ruangan atau AC anda. PK menjadi alat pertimbangan yang penting karena ukuran PK perlu disesuaikan dengan luas ruangan. Hal tersebut perlu dilakukan karena jika PK AC yang anda beli tidak sesuai dengan luas ruangan, suhu sejuk dan dingin tidak bisa menyebar dengan sempurna ke seluruh ruangan. Anda bisa menentukan ukuran PK yang sesuai dengan luas ruangan menggunakan rumus ini:

Panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500

Kemudian cocokkan hasilnya dengan informasi di bawah ini:

  • 5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK
  • 7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK
  • 9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK
  • 12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK
  • 18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 P1/2 PK

BTU adalah British Thermal Unit yakni menunjukkan seberapa besar kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dalam ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

2. Perhatikan Jenis AC yang anda Pilih

AC atau pendingin ruangan tidak hanya ada satu macam saja. Ada berbagai pilihan AC yang bisa anda pilih seperti AC standing floor, AC split AC inverter, AC, standart, dan AC central. Semua jenis AC tersebut perlu anda ketahui penggunaanya dan fungsinya. Tidak semua jenis AC cocok bagi rumahan dan anda perlu memahami jenis AC yang anda butuhkan.

Baca Juga : Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standart 

3. Ketahui Kapasitas Listrik di Rumah Anda

Salah satu tips memilih AC yang tepat di rumah anda adalah dengan mengetahui kapasitas listrik pada tempat tinggal anda. Biasanya watt perumahan standartnya minimal 1300 watt ke atas. Pastikan watt di rumah anda kuat ketika anda menggunakan AC. Seringkali masalah yang terjadi adalah ketika menyalakan AC, watt tidak cukup membuat listrik di rumah padam karena tidak kuat. Penting sekali untuk menyesuaikan ukuran AC dengan kapasitas listrik di rumah anda.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan? 

4. Ketahui Tujuan Anda

Sebelum memilih AC, pastikan anda tahu tujuan anda menggunakan pendingin ruangan. Apakah hanya sekedar membuat ruangan menjadi lebih dingin? Atau anda ingin memiliki AC yang sejuk namun hemat listrik? Atau AC yang sehat dengan teknologi mutakhir? Mengetahui tujuan anda menggunakan pendingin ruangan akan memudahkan anda dalam memilih AC yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Pilih Merk yang Berkualitas

Tips memilih AC yang terakhir ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Memilih AC dengan merk yang terpercaya bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak semua merk AC itu berkualitas dan cocok bagi anda. Jadi, lakukan riset terhadap berbagai merk AC beserta fiturnya ya.

Baca Juga : 10 Merk AC terbaik 2021: Hemat, Dingin, dan Tahan Lama

Nah, itulah beberapa tips memilih AC untuk rumah anda. Sudah siap punya AC yang sesuai dengan rumah anda? Jangan lupa untuk mempersiapkan perawatan AC agar AC anda tahan lama dan tetap dingin, ya!

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin