Tips Merawat AC Supaya Awet – Seringkali melakukan perawatan AC oleh teknisi professional dianggap merepotkan dan menghabiskan banyak biaya. Padahal perawatan AC adalah hal penting untuk menjaga performa dan kualitas pendingin ruangan yang anda miliki. Namun anda tidak perlu khawatir bahwa melakukan perawatan AC berbayar adalah satu-satunya cara untuk merawat AC agar awet. Ada cara sederhana yang bisa anda mulai sendiri untuk menjaga AC anda dari kerusakan.

Melakukan perawatan Air Conditioning bisa anda mulai dengan kebiasaan sehari-hari. Menggunakan pendingin ruangan memang memerlukan perlakuan khusus agar AC anda bisa tahan lama dan tidak cepat rusak. Kerusakan AC tidak hanya berdampak pada biaya service yang perlu dikeluarkan, namun juga mempengaruhi produktivitas dan kesehatan. Maka dari itu, memulai memperlakukan AC dengan tepat adalah kuncinya.

Supaya pendingin ruangan anda jadi lebih awet, yuk simak tips merawat AC ini supaya nggak mudah rusak dengan cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Tips Merawat AC

Lakukan perawatan AC sederhana sampai dengan menggunakan bantuan professional secara tepat dan rutin agar terhindar dari kerusakan AC permanen. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:

1. Pastikan AC anda Bersih dari Debu

Biasanya penyebab adanya tumpukkan debu dan kotoran pada AC maupun outdoor adalah karena lingkungan sekitarnya berdebu juga. Bersihkan kamar atau ruangan anda setiap hari supaya debu-debu tidak masuk dan menumpuk di dalam perangkat AC anda. Begitu juga dengan outdoor, letakkan outdoor di luar ruangan yang tidak banyak terkontak dengan debu terlalu banyak. AC yang berdebu selain kurang sehat bagi kesehatan juga dapat menjadi cepat rusak karena tidak bisa bekerja dengan normal dan lancar.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

2. Rutin Ganti Freon

Seringkali orang-orang tidak mengganti Freon karena tidak sadar kalau freonnya habis atau sadar tapi menunda untuk menggantinya. Freon menjadi komponen bahan yang penting agar AC anda bisa tetap sejuk dan segar. Tidak rutin memeriksa dan mengganti Freon pada pendingin ruangan dapat mempengaruhi kondisi AC anda. Kebocoran freon juga dapat merusak AC serta mempengaruhi kesehatan orang-orang yang ada di dalam ruangan. Maka dari itu, penting melakukan penggantian Freon berkala dengan bantuan teknisi AC professional.

Baca Juga : Ini Tips Memilih Teknisi AC Yang Benar! Jangan Salah Pilih

3. Pastikan Ruangan Tertutup Bila Menggunakan AC

Ketika suatu ruangan menggunakan pendingin ruangan, pastikan pintu dan jendelanya tertutup agar udara yang dikeluarkan AC tidak keluar dari ruangan. Pintu ruangan ber-AC yang terbuka dalam waktu lama dapat membuat suhu ruangan menjadi lebih panas dan membuat AC perlu menyesuaikan dengan suhu udara yang dikeluarkan. Hal tersebut memaksa AC untuk bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu ruangan yang lama-kelamaan bisa membuat performa pendingin ruangan menjadi menurun.

4. Berikan AC Waktu Istirahat

Sama seperti alat elektronik lainnya, AC juga ada masa waktunya. Jika menggunakan AC terus-menerus tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat, tentu AC akan mengalami penurunan fungsi. Tak hanya itu saya, menggunakan AC seharian non-stop juga dapat boros daya dan biaya listrik. Pastikan anda tahu kapan anda perlu menyalakan dan mematikan bila memang ruangan kosong dan sudah tidak anda gunakan. Langkah sederhana ini menjadi salah satu cara merawat AC agar awet dan tahan lama.

5. Jauhkan Outdoor dari Panas

Jika outdoor unit ada di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung, segera teduhkan dengan memberikan terpal atau tanaman rindang. Outdoor yang terkena panas ekstrim dapat mempengaruhi kinerjanya dan udara yang dihasilkan oleh AC di dalam ruangan. Jika suhunya tinggu, outdoor akan bekerja terlalu keras menyesuaikan suhu supaya udara yang keluar bisa lebih rendah suhunya. Tentu jika hal ini terjadi terus-menerus akan membuat fungsi outdoor dan pendingin ruangan akan tergerus dan menjadi tidak maksimal.

Melakukan perawatan AC bisa anda mulai dari diri sendiri. Dengan membiasakan diri menggunakan pendingin ruangan secara bijak, anda membantu untuk membuat AC anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Apakah anda sudah melakukkan hal-hal di atas untuk merawat pendingin ruangan anda?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin