Bolehkah AC dihidupkan Berbarengan Dengan Kipas Angin? Ada yang berpendapat bahwa menggunakan AC bersamaan dengan kipas angin akan menjadikan ruangan menjadi lebih cepat dingin. Karena itu, kinerja AC bisa lebih rendah, dan tagihan listrik juga menjadi hemat.

Banyak juga yang menganggap bahwa menyalakan AC dengan kipas angin berbarengan akan membuat ruangan lebih nyaman dan terasa sangat menyejukkan. Ternyata, ada bahaya yang mengintai keselamatan dan kesehatan Anda apabila Anda punya kebiasaan seperti ini.

Baca Juga : AC dan Kipas Angin. Mana yang Lebih Baik

Sebelumnya, selain bahaya pada diri Anda, ternyata menyalakan kedua peranti elektrik tersebut bersamaan menjadikan AC akan lebih cepat rusak. Itu berarti Anda harus lebih sering melakukan service AC. Kenapa menggunakan AC dan kipas berbarengan membuat Anda lebih sering memanggil jasa service AC?

AC Lebih Cepat Kotor

Penyebabnya adalah filter AC akan lebih cepat tersumbat. Udara yang keluar dari AC pada akhirnya tidak akan sejuk karena kinerja AC menjadi berkurang. Filter AC akan menjadi lebih cepat kotor, karena angin yang berhembus dari kipas angin bukan angin yang bersih. Tidak hanya itu, angin tersebut juga akan menerbangkan debu dari seluruh ruangan sehingga terhisap oleh AC dan filter akan lebih cepat kotor.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Apa dampaknya? Filter AC akan lebih cepat penuh dengan kotoran. Kotoran dan debu juga akan bertumpuk di dalam AC mengakibatkan banyak hal lain. Misalnya, saluran AC juga akan lebih cepat tersumbat sehingga AC akan bocor. Jadinya, air akan merembes dari AC indoor dan membuat ruangan menjadi lebih lembab. Selanjutnya, udara lembab itu yang akan dihembuskan oleh kipas angin ke seluruh ruangan Anda.

Tidak hanya itu, penggunaan kedua pendingin tersebut secara bersamaan justru akan membuat tagihan listrik membengkak. Karena ada dua alat listrik yang bekerja bersamaan dan menyerap daya listrik lebih besar.

Sedangkan pada kesehatan Anda, suhu ruangan akan menjadi lebih rendah dan angin berhembus terus ke tubuh Anda bisa menyebabkan Anda dehidrasi. Bahkan, Anda berpotensi terkena serangan hipotermia.

Tagihan Listrik Membengkak

Tidak hanya itu, konsentrasi karbondioksida di dalam ruangan juga akan meningkat yang menjadikan Anda lebih mudah terserang sesak napas. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, jangan menyalakan AC dan kipas angin secara bersamaan.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

Kemudian debu dari seluruh ruangan akan lebih cepat beredar dan terhirup oleh AC. Sehingga kualitas udara yang dihembuskan AC ke seluruh ruangan menjadi berkurang. AC yang bocor menyebabkan ruangan lebih lembab, dan udara lembab berhembus pula dari kipas angin langsung ke tubuh Anda.

Akibatnya, Anda bisa terserang penyakit lain seperti gangguan pernapasan, sesak napas, sakit kepala, hingga gangguan paru-paru. Udara yang tidak sehat juga akan mengandung lebih banyak bakteri, yang justru akan membuat Anda bisa terkena berbagai penyakit lainnya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin