Ingin Service AC? Berikut Peralatan Serta Estimasi Biaya yang Dibutuhkan – Memiliki memang sangat membantu membuat ruangan menjadi sejuk. Kita jadi bisa lebih tenang dan nyaman melakukan aktivitas di sana. Namun AC tersebut tidak bisa lepas dari permasalahan yang terkadang berasal dari hal-hal kecil. Terlebih lagi jika kita hanya menggunakan AC tersebut tanpa berpikir kapan AC-mu memerlukan pengecekan.

Baca Juga : Alat Yang Diperlukan Untuk Membersihkan AC

Maka dari itu, kamu harus mengecek kondisi AC secara rutin. Kamu bisa memanfaatkan jasa service AC jika kamu tidak bisa mengeceknya sendiri. Namun jika kamu ingin mengecek AC-mu sendiri, maka ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan.

Peralatan untuk Service AC

Terdapat beberapa peralatan yang biasanya digunakan oleh para teknisi AC. Apa saja peralatan tersebut?

1. Thermometer

Kita tahu bahwa fungsi thermometer adalah untuk mengukur suhu. Lalu apa hubungannya alat ini dengan membongkar AC? Bagi para tukang servis AC, thermometer digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap mesin pendingin AC. Untuk mengukurnya tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan thermometer ini untuk mengecek suhu pada lemari es.

Baca Juga : Siapkan Peralatan Ini Sebelum Melakukan Bongkar Pasang AC

Namun jenis thermometer yang disarankan adalah jenis yang digital. Mengapa? Karena thermometer digital dinilai lebih akurat. Nanti akan ada dua skala yang digunakan ketika mengecek suhu pada mesin AC atau refrigant yaitu Celcius dan Fahrenheit.

2. Peralatan untuk Cuci AC

Yang tidak kalah penting adalah kamu harus menyiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk mencuci AC. Setidaknya terdapat 3 macam alat yang kamu butuhkan. Ketiga alat tersebut yaitu:

  • Mesin steam atau Jet Pump yang memiliki tekanan tinggi. Alat ini digunakan untuk membersihkan atau mencuci unit AC indoor maupun evaprator serta outdoor yang ada di bagian kondensor
  • Plastik steam AC. Fungsi dari plastik ini adalah untuk melindungi serta mengalirkan sisa dari air cucian AC. Biasanya bekas cucian tersebut berupa kotoran dan juga debu. Semakin banyak kotoran dan debu yang ada di dalam AC, menandakan bahwa kamu lama tidak membersihkannya
  • Ember. Alat ini kamu butuhkan untuk menampung air bekas cucian AC

Baca Juga : Bongkar Pasang AC Rumah? Berikut Tipsnya

3. Magnet Set dan Dental Mirror

Alat selanjutnya yang juga harus kamu siapkan adalah dental mirror atau cermin kaca. Alat ini kamu butuhkan untuk mengecek hasil pengelasan pipa maupun mencari kebocoran yang terdapat pada bagian yang sulit untuk kamu lihat.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

Di bagian pegangan dental mirror juga terdapat lampu. Jadi, para teknisi AC bisa mengecek bagian-bagian yang gelap yang memang tidak bisa dilihat tanpa bantuan cahaya.

4. Gauge Manifold

Gauge Manifold adalah alat yang nantinya akan kamu gunakan untuk mengukur tekanan pada freon atau refrigerant. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur tekanan yang ada di lemari es ketika proses pengisian maupun ketika beroperasi. Pada alat ini, yang bisa kamu lihat adalah tekanan yang ada di bagian evaporator atau tekanan isap.

Baca Juga : Remote AC Tak Berfungsi? Ini Penyebabnya

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tekanan yang terdapat pada tekanan keluaran atau discharge kompresor. Terdapat dua jenis Gauge Manifold yaitu dengan dua laluan dan 4 laluan.

5. Pompa Vakum

Apa fungsi dari pompa vakum? Alat yang satu ini digunakan untuk mengosongkan freon serta sistem pendingin. Dengan begitu, gas-gas yang tidak terkondensasi misalnya udara dan uap air bisa hilang. Ini bertujuan agar mesin refrigerasi tidak terganggu ketika bekerja. Jika di dalam mesin pendingin AC tersebut ada banyak udara maupun uap air, maka kondisi ini bisa memperpendek usia filte drier.

Itulah beberapa alat yang biasa dipakai oleh teknisi ketika bongkar pasang AC. Sebenarnya masih banyak alat-alat lainnya yang mereka miliki seperti:

  • Tang amperemeter
  • Las (brander)
  • Leak detector (alat untuk mendeteksi kebocoran refrigerant elektronik)
  • Pemotong pipa atau tubing cutter
  • Freon atau refrigerant
  • Pembersih pipa atau swagging tool
  • Pengembang pipa atau  flaring tool
  • Bending tool atau pembengkak pipa
  • Pinch off piler atau pembantu pipa
  • Mesin 3R (recovery, recycle, and Recharging)

Baca Juga : Pahami Cara Kerja Komponen Utama AC Rumahan, dan Fungsinya

Berapa Estimasi Biaya Service AC

Sebenarnya tidak ada biaya pasti mengenai service AC. Hal ini karena tergantung jenis permasalahan yang ada pada AC-mu. Namun kamu akan mencoba untuk memberikan perkiraan harga sehingga kamu memiliki gambaran kira-kira berapa dana yang harus kamu siapkan untuk melakukan perbaikan AC.

1. Cuci AC

Untuk biaya service yang pertama adalah mengenai cuci AC. Untuk biayanya sendiri bisa kamu simak pada tabel di bawah ini.

SizePKBiaya Service
1 unit½ – 1 PKRp 75.000
2 – 3 unit½ – 1 PKRp 70.000
4 unit½ – 1 PKRp 65.000
1 unit1 ½ – 2 PKRp 80.000
2 – 3 unit1 ½ – 2 PKRp 75.000
4 unit1 ½ – 2 PKRp 70.000

2. Isi Freon AC

Di bawah ini adalah tabel untuk estimasi biaya pengisian freon AC yaitu:

TipePKBiaya Service
R22½ – 1 PKRp 150.000 – Rp 250.000
R32½ – 1 PKRp 175.000 – Rp 350.000
R410½ – 1 PKRp 195.000 – Rp 375.000
R221 ½ – 2 PKRp 250.000
R321 ½ – 2 PKRp 350.000
R4101 ½ – 2 PKRp 375.000
R221 1,5 – 2 PKRp 400.000
R321 1,5 – 2 PKRp 450.000
R4101 1,5 – 2 PKRp 450.000

Baca Juga : Mencampur Freon yang Berbeda Jenisnya? Apakah Aman?

3. Bongkar Pasang AC

Sementara itu perkiraan biaya service AC yang berkaitan dengan bongkar pasang AC adalah seperti berikut:

SizePKBiaya Service
1 unit½ – 1 PKRp 160.000 – Rp 400.000
1 unit1 ½ – 2 PKRp 200.000 – Rp 450.000

Baca Juga : Siapkan Hal Ini Sebelum Melakukan Pemasangan AC di Rumah

Namun tentu saja harga di atas hanyalah estimasi biaya saja, berapa yang sekiranya harus kamu keluarkan untuk cuci, bongkar pasang dan perbaikan AC. Dengan layanan jasa AbangBenerin, kamu bisa melakukan maintenance AC dengan harga yang lebih hemat dan banyak promo menarik lainnya. Maintenance AC kamu tidak perlu repot, dan lebih hemat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin