Ketahui Penyebab AC Hanya Keluar Angin – Air Conditioning (AC) berfungsi untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin. Apalagi, cuaca Indonesia yang berada di daerah tropis cukup tinggi, baik di siang maupun malam hari. Namun, bagaimana kalau AC hanya mengeluarkan angin saja? Apa penyebab AC hanya mengeluarkan angin tanpa hawa dingin?

Dengan hanya mengeluarkan angin, maka AC tidak mampu menurunkan suhu ruangan. Apabila itu yang terjadi, maka sudah waktunya Anda melakukan service AC. Sebelumnya, apa yang akan dibahas di artikel ini adalah penyebab AC tidak mampu mendinginkan ruangan, namun tetap menyala. Jadi, yang keluar hanyalah angin saja, yang sama sekali tidak sejuk.

Apa saja penyebab AC hanya keluar angin saja? Berikut beberapa faktor yang menyebabkannya.

1. Freon Habis

Di dalam AC ada freon yang bertugas untuk menjadikan udara yang AC hembuskan menjadi lebih dingin. Hal itu dapat terjadi karena freon AC mengandung banyak zat dan gas yang bertugas untuk menyejukkan udara. Di antaranya adalah klorin, broming, hidrogen, dan sebagainya.

Karena freon sudah berkurang, atau malah habis, maka udara yang AC hasilkan menjadi tidak sejuk lagi. Freon bisa habis karena pemakaian, namun ada yang membuat freon menjadi lebih cepat berkurang daripada biasanya.

Pertama, ada kerusakan atau malah kebocoran di jalur pipa sirkulasi udara di AC tersebut. Hasilnya, freon akan terus menyusut sampai habis. Hasilnya, udara tidak menjadi dingin dan tetap dihembuskan oleh AC.

Untuk masalah freon, maka disarankan untuk melakukan service AC di bagian pipa sirkulasi apabila benar ada kebocoran atau kerusakan. Selain itu, tentunya akan disarankan untuk melakukan penambahan freon di AC Anda.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga

2. Filter Kotor

Di dalam AC juga ada filter alias penyaring yang akan menyaring semua jenis kotoran, debu, polusi, dan lain-lain. Jadinya, udara yang AC hembuskan menjadi lebih bersih, steril, sekaligus lebih dingin.

Namun, apabila filter tersebut kotor, maka proses penyaringan tidak akan berjalan baik. Hasilnya, udara yang masuk ke AC tidak tersaring dengan baik, lalu terhembus kembali. Itulah yang bisa jadi membuat AC Anda hanya mengeluarkan angin saja.

Untuk masalah yang satu ini, Anda dapat mencegahnya dengan melakukan pembersihan atau cuci AC rutin pada bagian filter. Bila perlu, lakukan pembersihan tersebut secara rutin. Anda bisa menghubungi jasa service AC untuk melakukannya. Tentunya, hasil kerja tim yang profesional akan membuat AC Anda akan kembali seperti sedia kala setelah pembersihan.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

3. Kapasitor dan Ampere Kompresor Rusak

Biasanya ini terjadi pada AC dengan PK di bawah 1. Hal ini dapat terjadi biasanya karena kerja AC yang melebihi batas kemampuannya sehingga kapasitor tersebut rusak. Penyebabnya bisa juga karena terlalu memaksakan ampere kompresor untuk bekerja melampaui batasnya.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan tang ampere untuk melihat apakah ampere kompresor tersebut benar-benar rusak atau tidak. Bila ampere kompresornya lemah, maka wajar saja kalau AC Anda sudah tidak mampu lagi menghasilkan udara dingin.

Apabila Anda bisa menemukan jasa service AC yang mampu melakukan penggantian pada ampere kompresor tersebut, maka lakukan segera penggantian suku cadangnya. Namun, apabila sulit menemukan pengganti suku cadang, maka sebaiknya Anda mengganti AC.

Agar kejadian yang sama tidak terulang kembali, maka jangan paksa AC Anda untuk melakukan kerja yang lebih keras dari batas kemampuannya. Seperti mendinginkan ruangan yang lebih besar dari 3×3 meter, namun menggunakan AC 1/2 PK, tentunya akan membuat AC akan lebih cepat rusak.

Baca Juga : Menggunakan 1 AC untuk 2 Ruangan? Apakah Efektif?

4. Kerusakan pada Komponen Lainnya

Penyebab AC hanya mengeluarkan angin saja bisa juga karena kerusakan pada komponen di dalam AC lainnya. Bisa juga karena kondensornya sudah sangat kotor sehingga cepat rusak. Bila penyebabnya adalah kondensor yang kotor, maka Anda bisa melakukan pembersihan dan cuci dengan sabun agar masalah tersebut selesai.

Namun apabila kerusakannya ada pada Printed Circuit Board (PCB) di dalam AC, maka Anda harus melakukan penggantian PCB tersebut. Sebab, bila PCB tidak beroperasi dengan optimal, maka AC Anda tidak akan mampu menyejukkan ruangan.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

5. Mode Dry atau Fan

Coba cek lagi di remot AC Anda, apakah jangan-jangan Anda set ke mode Dry? Apabila iya, maka mungkin itu penyebab AC Anda tidak mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Dry Cool adalah mode yang berfungsi mengurangi kandungan air di dalam udara, sehingga kelembaban udara menjadi berkurang. Bila Anda berada di suhu yang cukup panas, maka atur AC Anda ke mode Cool yang akan membuat udara yang dihembuskan AC akan menjadi udara dingin.

Baca Juga : Kenali Berbagai Fungsi Mode pada Remot AC

Selain mode dry, ada mode lain yang juga membuat AC hanya menghembuskan angin saja. Mode yang dimaksud adalah mode Fan, yang menjadikan AC bekerja seperti layaknya kipas angin. Untuk menghasilkan udara sejak, maka mode yang harus digunakan AC adalah mode Cool.

Menggunakan AC tentu harus sejalan dengan merawatnya secara rutin. Karena itu Anda harus melakukan maintenance seperti melakukan pencucian AC atau pengecekkan tiap minimal 3 bulan sekali dengan jasa teknisi professional AbangBenerin untuk memperpanjang umur AC dan mencegah kerusakan pada AC rumah Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin