Jangan Buru-Buru Isi Freon! Ini Pertanda Kalau Freon AC Habis – Freon adalah senyawa kimia yang biasa kamu temukan di AC, kulkas, maupun alat pendingin yang lain. Freon berperan sebagai fluida yang menghasilkan udara dingin. Dikarenakan termasuk senyawa kimia, maka freon tidak mempunyai warna serta tidak mengeluarkan bau. Namun kamu harus tahu bahwa seiring berjalannya waktu, kapasitas freon akan habis.

Baca Juga : Apa Itu Freon AC? Kenali Pengertian dan Fungsinya untuk AC

Jika ketika sudah habis namun freon tidak kunjung diganti, maka bisa berbahaya bukan hanya pada AC melainkan juga kesehatanmu. Freon yang sampai terhirup bisa menyebabkan masalah seperti iritasi mata dan bahkan bisa sampai keracunan. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek freon secara rutin. Karena jika kamu mengisinya sebelum freon, akan menimbulkan masalah pada AC. Namun Ktika sudah habis, maka segera isi freon.

Ciri-ciri Freon AC Habis yang Harus Kamu Tahu!

Di bawah ini adalah beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa freon AC habis. Jika kamu menemukan salah satu atau beberapa ciri tersebut, jangan tunggu lama lagi. Segera cek kondisi AC dan langsung lakukan pergantian freon.

1. Suhu AC Tidak Dingin

Bagi yang belum tahu, freon merupakan komponen AC yang membuat AC mengeluarkan udara dingin. Udara inilah yang membuat ruangan terasa sejuk. Jadi, ketika freon tinggal sedikit atau malah sudah kosong, kamu bisa merasakan bahwa AC sudah mulai tidak terasa dingin dan harus segera mengisinya. Bahkan meskipun kamu mengatur suhunya lebih rendah, udara di ruanganmu masih tidak terasa dingin seperti sebelumnya.

Baca Juga : Tips Mengatasi AC Rumah Tidak Dingin

Jika kamu mengalami kondisi ini, maka segera cek AC dan lihat di bagian freon. Jika freon sudah habis, maka kamu harus segera menggantinya. Namun mengganti freon pun tidak bisa sembarangan. Jika kamu belum tahu caranya, kamu bisa meminta tolong teknisi AC untuk mengganti freon.

2. Pipa AC Tidak Terasa Dingin

Selain ruangan yang tidak terasa dingin, ciri lain yang menunjukkan bahwa freon pendingin udara mulai habis adalah pipa yang tidak terasa dingin. Biasanya, ketika freonnya masih ada maka pipa AC tersebut terasa dingin dan bahkan bisa mengeluarkan bunga es. Akan tetapi, ketika freon AC habis maka pipa tersebut tidak mengeluarkan bunga es.

Baca Juga : Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

Seiring berjalannya waktu pun pipa tidak terasa dingin lagi. Jika AC di rumahmu mengalami hal yang seperti ini maka kamu harus waspada. Kemungkinan ini mengindikasikan freonnya sudah habis. Maka kamu harus segera mengeceknya.

3. Lampu Indikator Berkedip

Kebanyakan AC memiliki lampu indikator. Kamu perlu memperhatikan lampu indikator timer karena ini bisa menjadi tanda apakah freon habis atau belum. Jika kamu menemukan bahwa ternyata lampu indikator pada pendingin udara tersebut berkedip, kamu perlu waspada karena mungkin freon mulai habis. Meskipun begitu, lampu indikator yang berkedip juga bisa menunjukkan adanya masalah pada komponen lain pada AC. Misalnya masalah yang terjadi pada kompresor atau berkaitan dengan tekanan pada freon.

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC

Perlu kamu tahu bahwa lampu berkedip berasal dari sinyal kerusakan yang didapatkan oleh IC mikroprosesor. Sinyal tersebut bisa berasal dari motor fan, pipa, maupun sensor suhu. Maka dari itu, ketika lampu indikator AC berkedip, jangan dibiarkan. Kamu harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

4. Adanya Kebocoran Air

Freon habis juga bisa mengakibatkan terjadi penggumpalan di bagian evaporator pendingin udara. Kondisi ini berdampak pada adanya kebocoran air. Maka dari itu, ketika kamu melihat adanya kebocoran pada AC, kamu harus segera mengeceknya. Bisa jadi ini menandakan bahwa freon habis atau mungkin ada permasalahan lain pada pendingin udara di rumahmu.

Baca Juga : Sering Diabaikan! Berbahayakah AC Bocor Dibiarkan Terus Menerus?

5. Bagian Luar AC Tidak Mengeluarkan Panas

Ada dua bagian AC, yaitu indoor dan outdoor. Untuk komponen outdoor memang letaknya berada di luar rumah. Untuk mengecek apakah freon habis atau belum, kamu juga bisa melihat apakah bagian luar pendingin udara tersebut masih mengeluarkan panas atau tidak. Jika tidak, kemungkinan freon sudah habis.

Baca Juga : Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi mengenai beberapa tanda umum freon AC habis. Sebagai tambahan, jika kamu belum tahu bagaimana cara mengecek freon maupun menggantinya, maka sebaiknya kamu meminta tolong orang yang berpengalaman. Misalnya menghubungi jasa servis AC.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin