Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC – Bagaimana cara mengatasi error EC pada AC? AC sudah menjadi kebutuhan yang bagi sebagian orang harus dipenuhi. Apalagi ketika tinggal di daerah yang memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Terkadang meskipun kita menggunakan kipas angin namun tetap saja kita merasa ruangan terasa panas. Jadi solusinya adalah kamu memerlukan pendingin ruangan dan itu adalah AC.

 Inilah yang membuat AC menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi, dengan catatan kamu memiliki budget yang cukup serta mempertimbangkan hal-hal lain seperti biaya listrik yang pasti lebih mahal. Selain itu, kamu juga harus memilih mana merek AC terbaik yang memang kualitasnya sudah diragukan lagi. Jadi kamu bisa menggunakan AC tersebut untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki

Selain itu, memiliki AC juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.. Kamu harus berusaha agar AC-mu selalu dalam kondisi yang bagus. Usahakan AC tidak sampai mengalami masalah. Bagi orang-orang yang hanya sekadar menggunakan AC, tentu saja kemungkinan AC error akan lebih besar. Salah satunya adalah permasalahan dengan kode error EC.

Mengenai Error AC Pada AC

Mungkin banyak yang belum tahu sebenarnya apa itu kode error EC pada AC? Kode ini menunjukkan bahwa telah terjadi permasalahan ketika mendeteksi kebocoran refrigen. Dengan kata lain, sistem yang ada pada AC sudah mendeteksi kebocoran. Lalu apa saja yang menyebabkan kode ini muncul? Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Kebocoran pada refrigen
  • Pemasangan AC yang buruk
  • Adanya masalah di bagian sensor
  • Masalah yang terjadi pada bagian PCB indoor maupun outdoor

Baca Juga : Lakukan Ini Ketika AC Rumah Bocor

Solusi Mengatasi Error EC Pada AC

Bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja kamu harus segera memperbaikinya. Salah satu caranya adalah kamu bisa menghubungi jasa service AC untuk memperbaiki masalah ini. Pastikan kamu menghubungi jasa servis terpercaya yang memiliki reputasi baik.

Meskipun begitu, lebih baik sebelumnya kamu coba perbaiki sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode error EC adalah sebagai berikut.

1. Mematikan AC Lalu Lepaskan Sambungan Listrik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan AC. Selanjutnya silakan lepaskan sambungan listrik. Beri jeda antara 2 sampai dengan 3 menit. Setelah itu, kamu bisa mulai menyalakan AC. Biasanya cara ini bisa mengatasi kode erro EC. Akan tetapi, jika masalah ini belum selesai maka kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan

2. Memeriksa Kebocoran Refrigant

Ketika terjadi kebocoran pada bagian refrigant, yang harus kamu lakukan adalah dengan memeriksa apakah ada minyak di sekitar unit AC indoor maupun outdoor. Kamu bisa menemukan kebocoran tersebut dengan menggunakan sabun dan air seperti yang biasa dilakukan ketika mencari kebocoran di ban.

Baca Juga : Kesalahan Fatal Saat Mengoperasikan AC

Akan tetapi, biasanya pada tahap ini kamu juga bisa memanggil teknisi. Mereka memiliki alat untuk mendeteksi adanya kebocoran. Jika kamu sudah menemukan kebocoran, maka segera perbaiki. Jangan lupa juga untuk menambahkan freon atau refrigent.

3. Memeriksa Sensor

Cara lain yang juga bisa kamu terapkan adalah dengan memeriksa sensor. Koneksi yang longgar bisa mengakibatkan pesan erro EC. Memeriksanya pun cukup mudah. Namun jika kamu tidak tahu bagaimana cara memeriksa sensor EC, silakan menghubungi teknisi.

4. Papan PCB Mengalami Kerusakan

Permasalahan lainnya adalah bisa karena papan PCB yang bermasalah. Mungkin kamu sudah mengecek semuanya namun masih belum menemukan masalah yang terjadi. Mungkin permasalahan EC saat ini berkaitan dengan PCB. Papan PCB yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan pesan error EC muncul.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan tentang bagaimana cara mengatasi erro EC pada AC. Mungkin cara-cara di atas membuatmu merasa kesulitan melakukannya sendirian. Mungkin juga kamu takut jika malah membuat AC tambah rusak.

Maka dari itu, kami menyarankan agar kamu menyewa jasa servis AC. Pastinya ada jasa yang menawarkan perbaikan AC yang tidak jauh dari tempat tinggalmu. Pastikan kamu memilih jasa servis AC AbangBenerin yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin