Mencampur Freon yang Berbeda Jenisnya? Apakah Aman?Freon merupakan bagian AC yang berfungsi untuk membuat AC mengeluarkan udara dingin. Tanpa adanya freon, maka AC tersebut tidak bisa mendinginkan ruangan. Ada beberapa jenis AC beredar di pasaran. Ada juga jenis freon AC yang kabarnya sudah tidak diproduksi kembali. Lalu apa saja jenis-jenis freon AC tersebut?

Jenis Freon yang Banyak Digunakan

1. Freon R22

Untuk jenis freon yang pertama ini memiliki potensi menimbulkan pemanasan ozon mencapai 0,05 jika kamu bandingkan dengan jenis yang lain yang hanya memiliki nilai 0. Namun yang menjadi keunggulan dari freon R22 adalah tidak mudah terbakar. Akan tetapi, berdasarkan ketentuan pemerintah Indonesia, bahwa penggunaan freon R2 sudah tidak ada lagi terhitung sejak tahun 2015.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah! Ini Dia Jenis Freon AC yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi, semua pabrik AC dilarang untuk memproduksi, menjual, maupun mengimpornya. Maka dari itu, freon R22 sudah benar-benar tidak AC gunakan kembali.

2. Freon R410A

Untuk jenis yang kedua ini biasanya ada pada AC inverter. Berbeda daripada dengan freon sebelumnya. Freon R410A ini tidak memiliki potensi menyebabkan kerusakan ozon. Akan tetapi, untuk potensi menimbulkan pemanasan global, maka freon yang satu ini memiliki nilai yang cukup tinggi jika kamu bandingkan dengan freon R22. Freon R410 juga termasuk yang tidak mudah terbakar.

3. Freon R32

Lalu bagaimana dengan freon R32? Untuk jenis freon yang satu ini ditemukan oleh Daikin Jepang di tahun 2012. Selanjutnya freon ini mulai AC gunakan setahun setelah penemuannya yaitu pada tahun 2013. Salah satu kelebihan yang freon R32 miliki daripada dengan freon sebelumnya adalah lebih ramah lingkungan.

Bukan itu saja, kelebihan yang terdapat pada freon R32 adalah mempunyai potensi menimbulkan pemanasan global yang juga lebih rendah jika dibandingkan dengan dua freon yang telah kami sebutkan sebelumnya. Akan tetapi, freon R32 termasuk jenis freon yang mudah terbakar. Namun kamu tidak perlu khawatir karena tetap aman digunakan untuk AC.

4. Freon R290

Jenis freon yang terakhir adalah freon R290. Jika kamu mencari freon yang memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah daripada semua jenis yang sudah kami sebutkan, maka freon inilah jawabannya. Namun, karena angka indeks dinginnya yang juga cukup rendah dan juga potensi mudah terbakarnya juga cukup tinggi, banyak perusahaan AC kemudian memutuskan untuk tidak menggunakannya.

Baca Juga : Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Isi Freon

Amankah Jika Mencampur Jenis Freon yang Berbeda?

Sebagai informasi bahwa kabarnya freon R-22 berada dalam proses untuk dihilangkan. Maksudnya, freon jenis tersebut tidak lagi ada yang menggunakannya. Bahkan di Amerika Serikat sudah tidak memproduksi lagi maupun mengimpor freon tersebut mulai tahun 2020. Lalu bagaimana jika kamu menggunakan AC dengan jenis freon R-22?

Baca Juga : Jangan Buru-Buru Isi Freon! Ini Pertanda Kalau Freon AC Habis

Beberapa orang berpikir bahwa mereka perlu mencampurkan freon R-22 dengan freon yang lain. Padahal cara ini tergolong tidak aman. Mengapa? Karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada AC yang kamu miliki.

Jika kamu tetap memaksakan untuk mencampur freon dengan jenis freon yang lainnya, ada beberapa akibat yang bisa terjadi.  

1. Overheat atau Sistem Akan Cepat Panas

Akibat yang pertama ketika kamu mencampur freon dengan jenis freon AC yang lain adalah AC akan mudah panas. Perlu kamu tahu bahwa kamu tidak bisa mencampurkan freon. Bisa kamu katakan mereka bagaikan minyak dengan air. Jika kamu paksakan, maka hal ini hanya akan membuat AC-mu bermasalah.

Baca Juga : Udara AC Panas? Ini Sebabnya

2. AC Tidak Bisa Mendinginkan Ruangan

Kamu sudah tahu bahwa fungsi utama freon adalah membantu AC untuk mengalirkan udara dingin ke ruangan. Jadi, ketika freon bermasalah maka AC tidak bisa membuat udara di ruangan tersebut sejuk. Mencampur freon hanya akan membuat performa AC menurun.

Baca Juga : AC Rumah Sering Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Temperatur pada AC akan berpengaruh. Selain itu, tekanan yang ada di dalam sistem pun juga akan berpengaruh. Hal ini karena kamu mencampurkan freon yang memiliki tekanan berbeda.

3. Merusak Kompresor

Dampak mencampur freon adalah berpotensi mengakibatkan kerusakan pada kompresor. Perbedaan tekanan pada jenis freon AC akan berdampak pada performa kompresor yang terganggu. Ketika freon masuk ke kompresor lalu mendapatkan tekanan yang berbeda, ini mengakibatkan terjadinya tekanan pada coil sehingga menyebabkan coil tersebut terbakar.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin