Ingin Membeli AC Second? Perhatikan Hal – Hal Berikut – AC Second menjadi alternative pilihan bagi anda yang ingin mencari pendingin ruangan dengan harga terjangkau, namun masih bisa beroperasi dengan normal. AC second pun tak sedikit yang menjualnya di berbagai tempat baik online maupun di toko-toko elektronik. Tak hanya itu saja, AC second juga dinilai lebih ekonomis karena tidak semua AC second yang dijual itu rusak sehingga fungsinya bisa dimaksimalkan.

Apalagi kini AC second dengan AC baru juga harganya tidak begitu jauh namun kualitas dan performanya mirip. Tak salah jika sampai hari ini AC second masih banyak peminatnya karena lebih ramah di kantong. Namun meskipun membeli AC second, anda juga perlu jeli dalam memperhatikan bagian dan komponen dari AC. Pastikan kondisi AC second yang akan anda beli masih layak pakai dan bisa berfungsi dengan normal. Meski tidak sempurna, namun paling tidak AC bisa menyejukkan ruangan.

Baca Juga : Ciri-ciri AC di Rumah Anda Rusak atau Perlu Diperbaiki 

Kalau anda berminat membeli AC second, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal ini supaya mendapatkan produk AC second yang layak dan bisa anda gunakan.

Apa itu AC Second?

Bagi anda yang masih asing dengan istilah ini, AC second adalah AC bekas. Biasanya pemilik pertama menjual AC-nya karena berbagai alasan seperti tidak sesuai dengan ukuran ruangan yang dibutuhkan, boros listrik, rusak, ataupun kurang cocok dengan merknya. Dan biasanya, AC second ini dijual diharga yang lebih murah atau di bawah harga AC baru namun kualitasnya juga masih bisa dikatakan baik. Maka dari itu bagi anda yang hendak memburu AC second, pastikan anda mengetahui harga pasarannya dan juga kelayakan dari AC tersebut.

Tips Membeli AC Second

AC second bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan pendingin ruangan anda dengan harga yang lebih ekonomis. Sebelum membeli, ada baiknya untuk tahu beberapa hal ini berkaitan dengan AC second.

1. Cek Bagian Casing atau Cover AC

AC bekas dengan AC baru biasanya terlihat dari casingnya. Meskipun tidak semua, namun AC bekas biasanya memiliki warna yang agak pudar pada bagian casing AC-nya. Bagian paling luar dari AC ini perlu anda perhatikan dengan seksama. Pastikan casing AC second yang anda beli tidak ada kerusakan serius seperti pecah, berkarat, celah pada bagian kondensor, serta mudah terlepas dengan sendirinya. Jika anda mendapati casing AC bekas yang hendak anda beli seperti itu, ada baiknya untuk mencari AC second lain yang lebih layak.

2. Periksa Apakah Menghasilkan Suara Bising

Ketika hendak membeli AC second, pastikan anda mencoba AC tersebut dan coba dengarkan apakah AC second tersebut mengeluarkan suara atau tidak. Jika tidak, berarti AC masih layak anda gunakan. Namun jika terdengar suara bising, berarti anda perlu mempertanyakan mengapa AC tersebut bersuara. Suara yang AC hasilkan ketika menyala bisa menjadi pertanda adanya kerusakan komponen atau kotoran menumpuk pada AC. Jadi, selalu teliti dalam memilih AC second yang akan anda beli ya.

3. Periksa Keseluruhan Sistemnya

Selain memeriksa AC, anda juga perlu bertanya dan mengetahui tentang outdoor beserta pipa dan kabel-kabelnya. Untuk tahu outdoor layak pakai atau tidak bisa anda lihat dari kipasnya ketika AC anda nyalakan. Jika kipas bergerak lemah atau bahkan tidak bergerak sama sekali, berarti AC second yang anda hendak beli kurang layak. Sebisa mungkin dapatkan AC second yang bisa bekerja dengan normal daripada nantinya mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan.

4. Periksa Kelengkapannya

Nah, setelah menentukkan AC second yang akan anda beli, jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapannya. Kelengkapan ini seperti kartu garansi, boks, komponen-komponen pendukung, serta keterangan tahun produksi dan merk AC secara jelas. Jangan sekedar membeli AC bekas tanpa tahu profilnya karena bisa cukup merugikan. Tanyakan pada toko tempat anda membeli mengenai hal-hal tersebut.

Baca Juga : Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada AC Rumahan 

Memilih untuk membeli AC second memang ada kelebihan dan kekurangannya. Namun jangan membuat anda abai untuk teliti dalam memilih produk AC second yang akan anda gunakan. Yuk dapatkan AC second dengan kualitas yang layak! Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin