Cara Mudah Mengatur Remote AC Agar Dingin dan Sejuk – Mengatur remote AC merupakan hal utama setelah Anda selesai memasang pendingin ruangan. Pengaturan remote AC sangat diperlukan dengan menyesuaikan preferensi, kebutuhan serta keinginan Anda sebagai pemilik AC. Selain itu mengatur remote AC, terutama suhu dan mode pada pendingin ruangan harus menyesuaikan dengan kondisi ruangan. Hal ini agar proses pendinginan berjalan dengan tepat dan efisien.

Baca Juga : Remote AC Tak Berfungsi? Ini Penyebabnya

Remote AC sendiri sudah include atau termasuk dalam unit AC ketika Anda pertama membeli. Remote AC berfungsi untuk mengirim sinyal perintah pada indoor AC. Bertujuan agar AC menyesuaikan dengan kondisi ruangan, seperti pengaturan suhu, fan, swing, dan lain sebagainya.

Mengatur Remote AC

Guna mendapatkan suhu dan rasa dingin yang optimal, Anda dapat menyesuaikan dan mengatur remot AC dengan beberapa langkah di bawah ini. Antara lain:

a. Menentukan Suhu AC yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dan lakukan dalam mengatut remot AC yakni mengatur suhu AC dengan menyesuaikan keadaan dan kondisi ruangan. Misalnya, dalam ruangan kamar terdapat 2 orang, maka Anda dapat mengatur AC dengan suhu yang lebih tinggi.

Baca Juga : Atur Remote AC Dengan Benar Agar Lebih Dingin dan Nyaman

Sedangkan, apabila dalam suatu ruangan terdapat banyak orang serta perangkat elektronik yang mudah panas, maka Anda dapat mengatur suhu di suhu rendah. Pada umumnya, suhu standar yang dapat digunakan adalah 22 hingga 25 derajat Celcius. Tapi, tetap perhatikan kebutuhan Anda, ya. Perlu Anda ketahui, mengatur suhu tetap di suhu rendah secara terus-menerus ternyata dapat memperpendek masa pemakaian pendingin ruangan. Untuk itu, atur dan sesuaikan suhu AC dengan kondisi dan jangan terus memasang suhu AC di suhu rendah.

b. Menurunkan Suhu AC secara Bertahap

Apabila Anda memasang suhu terus berada di suhu rendah, dapat memperpendek masa pemakaian pendingin ruangan hingga mudah mengalami berbagai kerusakan. Selain itu, suhu yang rendah pada AC juga dapat berdampak buruk pada tubuh Anda, seperti memunculkan penyakit flu dan batuk yang tentu akan menghambat kegiatan sehari-hari.

Apabila Anda merasa suhu di dalam ruangan atau area dimana AC dipasang sudah cukup dingin, maka Anda dapat menaikkan suhu AC. Sebaliknya, apabila Anda masih merasa panas dan tidak nyaman, maka Anda dapat menurunkan suhu AC.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

Ingat, sesuaikan suhu AC dengan kebutuhan dan kondisi ruangan Anda untuk pendinginan yang maksimal dan efisien.

c. Memastikan AC dalam Mode Cool

Untuk mendapatkan pendinginan yang optimal, atur mode AC dalam mode cool. Mode pada AC ini memungkinkan pendingin ruangan untuk bekerja lebih maksimal dalam mengeluarkan hawa atau angin dingin sehingga ruangan Anda lebih cepat dingin dan sejuk.

Baca Juga : Mengatur Remote AC Dengan Benar Supaya Dinginnya Maksimal

Pada umumnya, mode cool pada remote AC diberi lambang kepingan salju atau mirip dengan bintang dan terletak di bagian atas panel remote AC Anda.

d. Mengatur Putaran Kipas

Langkah selanjutnya untuk mendapat suhu yang dingin dan sejuk dari AC adalah dengan mengatur fan atau kipas dalam mode perputaran maksimal. Putaran kipas atau fan yang maksimal memungkinkan pendingin ruangan lebih cepat menyebarkan udara atau hawa dingin ke seluruh penjuru ruangan.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa perputaran maksimal ini akan menghasilkan hembusan angin yang cukup keras untuk tubuh Anda. Pastikan Anda tidak duduk atau berada tepat di bawah kipas AC saat berjalan maksimal. Anda juga dapat mengganti atau mematikan fitur putaran maksimal ini setelah ruangan cukup dingin dan sejuk. Ingat, jangan sampai sakit akibat menggunakan pendingin ruangan ya!! Gunakan AC dengan tepat dan efisien

e. Menggunakan Mode Swing

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan mode swing pada AC untuk mendapatkan udara yang dingin dan sejuk di seluruh ruangan. Swing atau daun AC yang terus bergerak ini memungkinkan udara dingin lebih cepat menyebar ke seluruh ruangan, tidak hanya terhenti di satu titik.

Baca Juga : Remote AC Tidak Berfungsi? Kenali Penyebabnya

Biasanya, mode swing pada remote AC berupa tombol dengan tulisan swing atau fan sweep di bagian atasnya. Setelah udara cukup dingin dan sudah menyebar ke seluruh ruangan, Anda dapat menghentikan mode swing dengan menekan tombol yang sama.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin