AC Rusak Tidak Mau Menyala? Berikut Solusinya – AC yang mati total di tengah kegiatan yang sibuk tentu menjadi hal paling menyebalkan. Atau saat Anda hendak istirahat menggunakan AC, malah pendingin ruangan tidak menyala, pasti menjadi kendala tersendiri.

Sebagai alat elektronik, berbagai kerusakan sangat mungkin terjadi pada AC. Mulai dari korsleting, muncul bau tidak sedap dan suara berisik, dan lain sebagainya. AC rusak tidak menyala juga termasuk dalam salah satu gangguan yang umum para pengguna AC temukan.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

Ada berbagai faktor mengapa AC rusak dan tidak menyala saat akan Anda gunakan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas sedikit penyebab serta solusi atau cara mengatasi AC rusak tidak menyala.

Mau tahu? Simak artikel di bawah ini, ya!

AC Rusak Tidak Menyala

Mencari penyebab rusaknya pendingin ruangan ternyata susah-susah gampang. Hal ini karena rumitnya komponen AC serta Anda harus membongkar beberapa bagian AC agar dapat menemukan titik kerusakan yang pasti sebelum membenarkan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitor AC Rusak dan Langkah Memperbaikinya

Namun, Anda dapat memperkirakan beberapa penyebab dari AC mati total atau AC yang tidak dapat Anda nyalakan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

a. Putusnya Kabel Power Supply

Penyebab pertama dari AC rusak tidak menyala atau mati total adalah adanya kerusakan pada kabel power supply. Jenis kabel ini merupakan pembawa arus listrik dari sumber listrik rumah ke unit AC agar pendingin ruangan dapat bekerja dengan baik dan menyala.

Untuk memeriksa apakah kabel power supply masih bekerja dengan baik yakni dengan memeriksa bagian stop kontak AC apakah terdapat kerusakan atau kabel yang putus. Pemeriksaan kabel power supply yang mengalami kerusakan atau putus dapat menggunakan alat test pen dengan memastikan bahwa arus listrik dari sumber listrik ke unit pendingin ruangan masuk dengan baik tanpa adanya gangguan.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Ini Dia Estimasi Biaya yang Kamu Butuhkan

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tegangan listrik yang masuk berkisar di 220 V. Ada berbagai penyebab kerusakan pada kabel power supply. Seperti usia pemakaian yang terlalu lama, adanya kerusakan akibat faktor eksternal, pemasangan yang kurang baik, dan lain sebagainya.

Arus listrik yang terhambat masuk ke dalam unit AC tentu dapat menyebabkan AC rusak atau tidak dapat menyalakan meski listrik di seluruh rumah berjalan dengan baik. Untuk itu, rutin lakukan pengecekan pada AC Anda guna menghindari berbagai kerusakan.

b. MCB Listrik Turun atau Anjlok

Penyebab kedua dari AC rusak tidak menyala adalah bagian panel MCB listrik yang ada di rumah Anda. MCB memiliki fungsi sebagai alat penghubung arus listrik dari jalur listrik PLN dengan jalur listrik pendingin ruangan.

Apabila MCB Anda dalam posisi turun atau anjlok, maka hal tersebut menyebabkan tidak adanya arus listrik yang masuk ke unit AC sehingga pendingin ruangan Anda tidak dapat Anda nyalakan meski listrik di rumah bekerja dengan baik.

Penyebab dari turun atau anjloknya MCB yang paling sering Anda jumpai yakni ampere MCB yang terlalu kecil, ataupun daya listrik yang tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik rumah secara keseluruhan. Untuk mencegah hal ini, Anda harus memastikan MCB listrik Anda dalam posisi naik dan ampere yang cukup.

Baca Juga : Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik 2021

Di sisi lain, untuk memasang AC, Anda terlebih dahulu menyesuaikan beban listrik yang ada di rumah dengan AC yang akan Anda gunakan untuk menghindari anjloknya MCB. Jika AC sering tidak mendapat supply listrik, hal tersebut dapat memicu kerusakan pada unit AC.

c. Mengecek PCB Modul

Langkah selanjutnya untuk memeriksa penyebab AC rusak tidak menyala yaitu dengan memeriksa bagian PCB modul. PCB modul adalah suatu komponen elektronik yang memiliki fungsi untuk mengontrol kerja unit AC Anda. Dalam PCB modul sendiri tersusun dari berbagai komponen, dari ukuran kecil hingga besar.

Melakukan pemeriksaan PCB modul harus dengan teliti dan memastikan bahwa tidak ada satu komponen yang terbakar, atau tidak tercium bau terbakar dari PCB modul. Pengecekan ini memang membutuhkan keahlian khusus, misalnya oleh teknisi atau mereka yang mengerti perihal PCB modul.

Jika Anda tidak dapat memeriksa kerusakan AC secara mandiri, Anda dapat menggunakan jasa atau bantuan teknisi AC guna memeriksa penyebab AC yang tidak dapat menyalakan. Guna mencegah kerusakan lebih lanjut, ada baiknya Anda menjadwalkan pemeriksaaan dan service AC secara berkala, yakni minimal enam bulan sekali/

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin