AC dan Kipas Angin. Mana yang Lebih Baik – Untuk menyejukkan ruangan tentunya Anda akan sering bingung menentukan di antara air conditioning (AC) dengan kipas angin. Kipas angin bisa langsung digunakan setelah dibeli, namun untuk AC biasanya akan menggunakan jasa pasang AC terlebih dulu, sebelum difungsikan. Meski Keduanya memiliki fungsi yang cenderung sama mungkin Anda bertanya-tanya untuk AC dan kipas angin, mana yang lebih baik?

Tentunya, semua produk elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk di dalam hal ini AC dan kipas angin. Dalam artikel ini akan dibahas masing-masing kelebihan AC maupun kipas angin, juga dibahas kekurangannya. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan mana yang harus dipilih antara AC dan kipas angin.

Kelebihan Kipas Angin

Kelebihan utama dari kipas angin bila dibandingkan dengan AC tentunya daya yang lebih hemat. Bayangkan saja, bila kipas angin maksimal menggunakan daya sekitar 60 – 75 watt. Sedangkan AC, ketika pertama kali dinyalakan justru bisa menggunakan daya hingga 8- 10 kali lipat dari itu.

Jadinya, bila Anda ingin lebih hemat, kipas angin bisa Anda pertimbangkan untuk menyejukkan ruangan Anda, namun AC-pun tetap memiliki berbagai pilihan untuk AC yang hemat energi

Selain lebih hemat, masih ada beberapa kelebihan dari kipas angin, berikut beberapa di antaranya.

1. Menjaga Kelembaban Udara

Fungsi kipas angin hanya memindahkan dan mengumpulkan udara atau angin saja, bukan mendinginkan udara seperti AC. Kelebihan dari sistem kerja kipas angin adalah tidak membuat kelembaban udara berkurang sedikitpun. Dampaknya cukup baik untuk kesehatan, yakni mampu menjaga kesehatan kulit.

Termasuk bila Anda adalah tipe orang yang memiliki alergi terhadap cuaca yang lembab atau mengandung cairan, maka kipas angin adalah pilihan yang tepat. Penggunaan kipas angin membuat Anda berisiko lebih rendah terkena masalah seperti alergi tersebut.

2. Melindungi dari Serangga

Kipas angin memberikan dorongan udara yang cukup kuat bagi manusia. Sedangkan bagi serangga, dorongan angin dari kipas angin sudah seperti dorongan angin taufan. Hasilnya, serangga tidak masuk ke dalam rumah.

Kelebihannya, apabila penggunaan AC di kamar maka Anda akan tidur dengan nyenyak tanpa gangguan nyamuk. Hal itu jauh lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan lotion anti nyamuk misalnya yang bisa berdampak pada kulit, atau obat nyamuk yang berdampak pada pernapasan.

Kelebihan AC

Setelah melihat beberapa kelebihan dari kipas angin, sekarang bagaimana kelebihan dari AC? Tentunya sebagai produk yang lebih unggul dari perkembangan teknologi, AC memiliki kelebihan dari segi kecepatan, efektifitas, dan kekuatannya. Berikut beberapa kelebihan AC.

1. Lebih Unggul untuk Mendinginkan Ruangan

AC jauh lebih efektif untuk mendinginkan ruangan, bila dibandingkan dengan kipas angin. AC jelas mengalirkan udara panas dari dalam ruangan dan menggantinya dengan udara yang lebih sejuk. Berbeda dengan sistem kerja kipas angin yang hanya memutar dan memusatkan udara yang ada di dalam ruangan.

Bila udara di luar panas, maka akan terasa keunggulan AC ketimbang kipas angin. Kipas angin tidak mendinginkan udara, jadi bisa jadi cuaca panas akan tetap panas dengan kipas angin. Sedangkan AC, jelas lebih unggul untuk urusan ini.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Suhu Ruangan Tetap Dingin

2. Tidak Menyebarkan Debu dan Kotoran

Kipas angin akan meniup kencang udara yang ada di sekitarnya dan menyebarkan ke seluruh ruangan. Maka bila ruangan Anda berdebu, justru debu tersebut akan diterbangkan ke seluruh ruangan. Hal itu merupakan kelebihan AC, karena AC menyerap dari sekitar lalu melalui filter (penyaringan) dan disejukkan.

Karena itu, AC sangat baik untuk memperbaiki kualitas udara dan menghindarkan Anda dari polusi, debu, dan sebagainya.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

3. Tidak Memicu Nyeri Otot

Ketika cuaca sangat panas, maka kebanyakan orang akan memilih berada di dekat kipas angin. Tapi, tahukah Anda, terlalu dekat dan mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh Anda berpotensi membuat Anda terkena nyeri otot. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa membuat Anda terkena bell pelsy.

Hal itu yang menjadi kelebihan AC, karena tidak menyemburkan angin langsung ke tubuh. Jarak pemasangannya yang rata-rata 200 – 250 centimeter dari permukaan lantai membuat kemungkinan terpapar langsung jadi berkurang.

Kekurangan AC dan Kipas Angin

Meski memiliki kelebihan, itu tidak berarti AC dan kipas angin tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih di antara keduanya.

AC misalnya, sangat berdampak bagi kesehatan kulit. Apabila tidak rutin melakukan perawatan dan pembersihan, AC membuat kelembaban udara berkurang, sehingga kesehatan kulit Anda bisa terkena dampak buruknya. Selain itu, karena mengurangi kelembaban udara, AC bisa membuat Anda dehidrasi tanpa Anda sadari. Beberapa kasus membuktikan bahwa Anda yang memiliki masalah dengan tenggorokan akan menjadi semakin buruk bila menggunakan AC.

Sedangkan kipas angin, memang sangat baik untuk menjaga kualitas udara ketimbang AC. Namun, kurang efektif bila Anda gunakan untuk mendinginkan ruangan. Udara akan tetap terasa panas meski menggunakan kipas angin, di cuaca yang panas.

Kipas angin juga kurang tepat penggunaannya pada bayi. Karena udara yang keluar langsung ke tubuh, apalagi tubuh bayi dan akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi. Maka dari itu, apabila Anda memiliki bayi di rumah, jauh lebih baik untuk menggunakan AC.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, tentunya Anda bisa memilih mana yang cocok untuk Anda. Bila Anda memilih AC, tentunya akan sangat tepat menggunakan jasa pasang AC ketimbang memilih untuk memasang sendiri.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin