Ini Dia Jenis Error Pada AC dan Cara Mengatasinya! – Selain kebocoran dan AC tidak dingin, ternyata ada berbagai jenis kerusakan yang mengancam pendingin udara milik Anda. Kerusakan yang ada juga dapat terjadi karena beberapa faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal.

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis error pada AC dan cara mengatasi AC error dengan cepat dan mudah. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Apa Itu AC Error?

AC error dapat Anda deteksi dengan adanya kode-kode yang muncul. Kode ini mungkin tidak dapat Anda pahami karena merupakan kode khusus yang kebanyakan hanya teknisi atau mereka yang ahli dengan pendingin ruangan mengerti.

Antara satu pendingin ruangan dengan pendingin ruangan lainnya memiliki kode error yang berbeda-beda satu sama lain. Misalnya, kode AC error antara AC Sharp akan berbeda dengan yang Samsung miliki, sedangkan kode AC error pada AC Samsung juga pasti berbeda dengan AC Daikin.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab AC error. Antara lain:

  • Pemasangan AC yang salah dan buruk
  • Adanya kebocoran di bagian refrigerant
  • Adanya masalah pada bagian sensor
  • Terdapat masalah di bagian PCB indoor maupun outdoor

Baca Juga : Servis AC Lebih Rumit dan AC Cepat Rusak Karena Kebiasan Seperti Ini!

Cara Mengatasi AC Error

Salah satu cara mengatasi AC error yakni menjadwalkan service atau perbaikan dengan teknisi dan jasa service AC. Untuk mengatasi kerusakan, Anda harus memastikan bahwa teknisi dan jasa service pendingin ruangan memiliki reputasi dan kinerja yang bagus.

Selain menggunakan jasa service AC, Anda juga dapat mengatasi AC error dengan kode error EC dengan cara sebagai berikut:

a. Memeriksa Bagian Sensor

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa bagian sensor AC. Koneksi longgar pada bagian sensor dapat mengakibatkan pesan kode error jenis EC. Untuk mengatasi masalah ini juga cukup mudah. Apabila Anda tidak bisa mengatasi kode error EC ini, Anda dapat langsung menghubungi jasa service atau teknisi AC.

b. Nonaktif AC dan Melepas Sambungan Listrik

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan pendingin udara. Setelah mati, lanjutkan dengan melepas sambungan listrik pada AC Anda. Usahakan mematikan AC selama 2 hingga 3 menit lamanya. Kemudian, Anda dapat menyalakan AC kembali.

Cara ini umumnya dapat mengatasi kode error EC pada pendingin ruangan. Namun, apabila kode error terus muncul, maka segera kontak teknisi AC terpercaya untuk menyelesaikan gangguan tersebut.

Baca Juga : Lakukan Ini Pada AC Rumah Ketika Listrik Turun!

c. Kerusakan pada Papan PCB

Faktor lain dari adanya kode error EC pada pendingin ruangan Anda yaitu kerusakan pada papan PCB. Jika Anda sudah memeriksa dan mencoba mengatasi masalah yang ada namun kode error tetap muncul, mungkin gangguan terdapat pada bagian papan PCB. Hal ini dikarenakan gangguan pada papan PCB dapat menyebabkan munculnya kode error EC.

d. Adanya Kebocoran Refrigerant

Penyebab keempat dari munculnya kode error EC pada pendingin ruangan Anda adalah adanya kebocoran pada bagian refrigerant.

Salah satu indikasi adanya gangguan atau kebocoran pada bagian refrigerant adalah munculnya minyak di sekitar unit indoor maupun outdoor pendingin udara Anda. Untuk mencari kebocoran atau adanya minyak ini dengan menggunakan sabun dan air yang biasa Anda gunakan untuk mencari kebocoran pada ban kendaraan bermotor.

e. Memeriksa Tekanan Freon

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kode error EC pada mesin pendingin udara adalah memeriksa tekanan freon pendingin udara Anda. Pengukuran atau pemeriksaan tekanan freon dapat menggunakan analyzer atau manifold.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat apakah tekanan freon mengalami penurunan atau freon mengalami kebocoran hingga dapat menyebabkan bau terbakar pada pendingin udara. Kebocoran freon ini dapat terjadi pada bagian outdoor, indoor, maupun pada bagian pipa instalasi.

Baca Juga : Mencampur Freon yang Berbeda Jenisnya? Apakah Aman?

Pada umumnya, jika terdapat kebocoran pada freon akan muncul noda seperti oli di bagian yang bocor. Maka dari itu, Anda dapat melakukan deteksi dini terhadap bagian-bagian unit guna memastikan dimana letak pasti dari kebocoran freon tersebut.

Apabila kebocoran freon sudah diatasi dengan baik dan memastikan bahwa tidak ada lagi kebocoran, dapat dilakukan pemvakuman agar proses pendinginan dari AC Anda menjadi maksimal dan efisien. Setelah proses vakum, barulah Anda dapat mengisi freon yang telah bocor.

f. Kerusakan pada Thermistor

Apabila freon tidak mengalami gangguan, mungkin penyebab munculnya kode error EC pada pendingin ruangan dapat terjadi akiba kerusakan pada thermistor. Biasanya, AC split wall memiliki dua thermistor, yakni thermistor suhu serta thermistor coil yang menempel pada bagian evaporator.

Baca Juga : Pahami Cara Kerja Komponen Utama AC Rumahan, dan Fungsinya

Guna mengetahui komponen thermistor tersebut mengalami kerusakan atau tidak, dapat dilakukan pengukuran menggunakan multitester pada masing-masing bagian thermistor.

Mengatasi masalah tersebut terlihat cukup mudah bagi Anda yang sudah mengerti komponen AC dengan baik. Meski begitu, Anda dapat menyerahkan kerusakan pada jasa service atau teknisi guna mengatasi AC error.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin