Ini Dia Suara dari AC yang Perlu Kamu Waspadai! – Air conditioning (AC) memang mengeluarkan semacam suara ketika baru saha menyala Namun, karena ada peredam (soundproof) serta suaranya juga tidak begitu mengganggu, maka suara dari nyala mesin AC tentunya tidak akan begitu berpengaruh pada Anda. Namun, ada kalanya AC akan mengeluarkan suara yang aneh-aneh ketika baru menyala. Itu adalah pertanda bahwa Anda harus segera melakukan service AC.

Keluarnya suara ketika menyala memang adalah hal yang wajar. Namun seperti yang tertulis di atas, suara dari AC yang tidak wajar patut Anda waspadai.

Kurang lebih seperti ini, ketika Anda menyalakan AC lalu muncul suara yang aneh dari unit AC Anda, itu berarti Anda harus segera mematikan AC Anda, dan menghubungi jasa service AC. Suara yang timbul ada banyak jenisnya, bahkan ada yang berderik seperti suara jangkrik, ada yang seperti bunyi hembusan angin kencang, ada yang seperti suara bersiul, ada yang seperti suara benturan logam, dan suara dengung yang sangat berisik dan perlu anda waspadai!

Karena penyebab dari suara tersebut juga berbeda-beda, setidaknya Anda bisa mendiagnosis apa penyakit yang terjadi di AC Anda dari suara yang keluar. Berikut penjelasannya.

Suara Jangkrik (Berdecit)

Suara yang timbul seperti suara jangkrik, berdecit-decit muncul ketika AC menyala, itu berarti ada masalah dengan logam dan bantalan motor kipas. Bila suara itu muncul sejak AC baru menyala dan baru hilang ketika AC sudah padam, itu berarti Anda harus segera melakukan service AC.

Bagian yang kemungkinan harus mengalami perbaikan adalah bantalan motor kipas. Mungkin motor kipas tersebut sudah mulai rusak bantalannya, atau mungkin aus, sehingga menimbulkan benturan ketika motor kipas tersebut bekerja. Hasilnya, muncul suara berdecit tersebut dari dalam AC Anda. Solusinya adalah Anda harus melakukan service AC dengan mengganti motor kipas AC tersebut.

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Melakukan Service AC

Suara Siulan

Ketika AC menyala dan muncul suara seperti suara siulan di nada tinggi yang memekakkan telinga, itu berarti ada masalah dengan kompresornya. Apabila Anda biarkan dalam waktu lama, maka AC Anda akan padam sendiri, lalu kadang-kadang akan langsung menyala kembali. Masalah ini kalau Anda biarkan tentunya akan membuat kerusakan merembet ke mana-mana.

Awalnya, suara tersebut hanya muncul sekitar 10 menit saja ketika AC baru menyala, kemudian hilang. Namun lama-kelamaan, durasi “siulan” akan semakin lama, dan bersamaan dengan AC yang mati mendadak. Penyebab dari masalah ini adalah tekanan refrigerant yang melebihi batas maksimal.

Tentunya, Anda harus segera mematikan AC dan menghubungi jasa service AC untuk memperbaiki masalah yang timbul dari tekanan refrigerant ketinggian tersebut. Karena bila terlambat penanganan, maka kompresornya akan rusak.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

Suara Dengung

Berikutnya, ada suara dengung yang akan tetap berbunyi selama AC tersambung ke listrik. Bahkan ketika sedang tidak menyala sekalipun, selama masih tercolok ke listrik suara dengung itu akan muncul. Ada banyak penyebab kejadian ini, seperti motor kipas kondensor yang tidak menyala karena kerusakan tertentu.

Ada juga yang disebabkan karena kerusakan pada termostat di dalam AC. Kerusakan tersebut membuat AC tak mampu bekerja, dan hanya menimbulkan suara dengungan.

Masalah lain adalah pada kabel-kabel listrik di dalam AC. Mungkin putus, longgar, atau masalah lainnya. Hasilnya, AC tidak menyala dan hanya menimbulkan bunyi dengungan yang mengganggu.

Untuk itu, Anda mesti segera menghubungi jasa service AC, untuk mengetahui mana penyebab di antara ketiga kemungkinan di atas. Selanjutnya, lakukan service AC dan pergantian pada komponen yang rusak.

Baca Juga : Kapan Kita Harus Ganti AC Baru? 

blog-banner-bongkar-pasang

Suara benturan logam

Untuk masalah munculnya suara seperti benturan logam ketika AC dinyalakan, kemungkinan adalah kerusakan pegas pompa refrigerant. Ciri khasnya adalah ketika dimatikan, muncul suara benturan logam yang sangat keras. Sebab pegas pendukung pompa refrigerant tersebut sudah rusak dan tak mampu lagi bekerja dengan baik.

Dengan demikian, pompa otomatis yang beroperasi tidak tersangga dengan pegas, karena pegasnya rusak. Jadinya malah menimbulkan suara berisik yang berdentum-dentum seperti logam yang berbenturan.

Masalah lain yang juga menyebabkan suara yang hampir serupa adalah karena kipas kompresor rusak. Ciri khasnya adalah suara akan tedengar nyaring ketika AC menyala. Berbeda dengan kerusakan pada pegas pompa refrigerant yang justru akan timbul dengan keras ketika AC sudah tidak lagi menyala.

Bagian kipas kemungkinan patah, terlepas, longgar, dan sebagainya. Sehingga, ketika menyala bagian tersebut berbenturan dengan dinding AC bagian luar (outdoor). Hal itulah yang menimbulkan suara benturan logam tersebut.

Baca Juga : AC Rumah Berisik? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Itulah tadi beberapa suara aneh yang ditimbulkan oleh AC, dan tentunya setiap bunyi aneh memiliki penyebabnya masing-masing. Terpenting, jangan menunda untuk memperbaikinya, agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lainnya, yang mengakibatkan biaya service AC akan jauh membengkak. Atau, malah memaksa Anda untuk mengganti dengan AC baru.

Apabila Anda hendak mengganti AC baru, percayakan pemasangan AC Anda dengan jasa teknisi AC profesional AbangBenerin agar tidak terjadi kesalahan fatal saat pemasangan AC karena hal itu dapat berpengaruh pada performa serta kualitas yang AC Anda hasilkan kelak.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin