AC Bocor Setelah Dicuci? Bagaimana Bisa? – AC yang bocor tentu menjadi kendala tersendiri. Terlebih, jika AC bocor setelah Anda bersihkan. Hal ini tentu menjadi pertanyaan dan kekhawatiran tersendiri mengapa AC malah bocor setelah cuci AC. Lalu, apa penyebab AC bocor? Normalkah?

Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini ya!

Apa Itu AC?

Sebelum melanjutkan ke artikel, ada baiknya Anda mengerti terlebih dahulu tentang AC atau Air Conditioner ini. AC adalah singkatan dari Air Conditioner, atau memiliki pengertian sebagai pendingin atau penyejuk udara.

AC merupakan suatu mesin atau sistem untuk menstabilkan suhu udara. Selain itu dapat mengatur kelembapan area atau ruangan dengan pengaturan suhu atau tingkat kedinginan yang dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan pemilik pendingin udara.

Pada umumnya, AC menggunakan siklus refrigerasi namun terkadang juga menggunakan penguapan atau evaporative cooling yang umumnya pendingin udara gunakan di gedung atau kendaraan bermotor.

Meski terlihat sangat futuristis atau termasuk dalam penemuan terkini, ternyata konsep pendingin udara ini telah ada sejak Romawi Kuno dan Persia pada abad pertengahan. Sedangkan pendingin udara modern seperti yang kita gunakan saat ini merupakan kemajuan dalam ilmu Kimia selama abad ke-19. Di sisi lain, penemuan pendingin udara berskala besar listrik pertama kali oleh Willis Haviland Carrier dan penggunaannya pada tahun 1902.

Baca Juga : Ingin Service AC? Berikut Peralatan Serta Estimasi Biaya yang Dibutuhkan

Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

Di negara tropis seperti Indonesia, pendingin udara atau AC menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi untuk menghilangkan panas dalam ruangan serta membantu kinerja manusia selama musim panas. Kondisi ruangan yang panas terkadang menghambat kinerja, terlebih jika Anda bekerja di dalam ruangan dengan banyak orang.

Penggunaan Pendingin ruangan di Indonesia umumnya di rumah-rumah, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, sekolah, dan masih banyak lagi.

Dengan penggunaan yang sangat intens, perawatan dan pengecekan rutin dari AC dinilai sangat penting guna mencegah gangguan atau kerusakan pada AC yang dimiliki. Selain itu, rajin merawat AC juga dapat memperpanjang usia pemakaian AC.

Lebih lanjut, pendingin udara yang Anda miliki juga harus sering Anda bersihkan sebagai bagian dari perawatan. Kegiatan pembersihan tersebut mencakup penghilangan debu dan kotoran pada AC, serta memastikan setiap komponen bekerja dengan baik.

Namun, dalam beberapa kasus AC menjadi bocor setelah Anda bersihkan atau setelah pencucian. Hal ini tentu sangat membingungkan dan menjengkelkan karena proses pembersihan harusnya bisa memperlancar kinerja AC, bukan memperburuk kinerja pendingin udara yang Anda gunakan.

Baca Juga : Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC

AC yang bocor bisa menyebabkan kerugian kecil hingga besar apabila di bawah pendingin ruangan terdapat benda yang mudah rusak akibat terkena air serta mudah berubah bentuk, seperti buku, ponsel, perangkat listrik lainnya, atau berkas pekerjaan.

Terus, apa dong penyebab AC bocor setelah dibersihkan?

a. Adanya Kesalahan saat Pemasangan AC

Setelah membeli perangkat pendingin ruangan, biasanya kita menggunakan jasa pemasangan AC dari pihak showroom peralatan elektronik maupun dari jasa spesialis AC. Selain itu, jasa pembersihan AC tentu harus melepas dan merangkai ulang komponen AC saat dan setelah AC bersih. Meski telah ter-handle oleh ahlinya, tidak jarang terdapat kesalahan minor yang ternyata berdampak cukup besar pada pendingin ruangan, seperti muncul kebocoran setelah proses pembersihan.

Pada umumnya, posisi lubang yang memiliki fungsi untuk pembuangan air dari evaporator terletak di bagian belakang nampan air. Saat pemasangan bagian indoor pendingin ruangan, posisi yang baik adalah sedikit miring ke belakang. Hal ini bertujuan agar air dari evaporator bisa langsung mengalir ke pipa pembuangan.

Baca Juga : Bongkar Pasang AC Rumah? Berikut Tipsnya

Nah, terkadang terjadi kesalahan yang menyebabkan air terhambat mengalir ke bagian yang seharusnya sehingga membuat AC bocor setelah melakukan pembersihan. Sebagai pemilik, Anda perlu mengecek posisi indoor pendingin ruangan dengan memastikan tiap komponen terpasang dengan baik dan benar untuk mengurangi risiko kebocoran setelah proses cuci AC.

b. Kebocoran pada Pipa Suction

Faktor kedua penyebab AC bocor setelah melakukan pencucian adalah adanya kebocoran di bagian pipa suction. Jenis pipa ini memiliki kegunaan untuk mengendalikan udara dingin dari kompresor pada AC. Pipa dengan bahan tembaga ini memiliki kemungkinan mengalami kondensasi akibat perbedaan suhu dengan ruangan dengan dingin kurang lebih 10 derajat celcius.

Untuk mencegah kebocoran atau adanya perbedaan suhu, maka pipa suction dapat Anda bungkus dengan bahan pembungkus warna putih sepert busa, atau Armaflex. Di sisi lain, Armaflex dapat menjadi sumber kebocoran karena mengalami kerusakan atau tidak terpasang dengan baik. Guna mengatasi hal ini, Anda dapat mengganti Armaflex yang rusak dengan yang baru.

c. Freon Kurang

Penyebab ketiga yakni kurangnya freon pada AC yang menyebabkan kebocoran meski telah Anda lakukan kegiatan cuci AC. Umumnya, kebocoran akibat kekurangan freon bersamaan dengan tidak keluarnya angin pada AC.

Kondisi tersebut dapat terjadi akibat gas refrigerant mengalami kebocoran atau takaran yang ada di bawah 50 psi. Hal inilah yang mengakibatkan proses pendinginan kurang maksimal hingga terjadi frozen. Maksud dengan frozen yakni suatu kondisi munculnya bunga es pada bagian evaporator.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, perawatan dan pengecekan AC secara rutin sangat berpengaruh pada kondisi pendingin ruangan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk merawat AC agar usia pemakaian semakin awet dan menghindari kerusakan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin